Connect with us

Tokoh / Publik Figur

Mengenang Jejak dan Dedikasi Dr. Albert Hasibuan

Published

on

Janoerkoening, Jakarta – Kami para sahabat Dr. Albert Hasibuan yang tergabung dalam beberapa organisasi, yakni: FAHAM, SETARA Institute, Amnesty Internasional Indonesia, Forum De Facto, AJAR, KONTRAS, PBHI, Public VIRTUE hari ini mengenang Jejak dan Dedikasinya sebagai Tokoh Nasional.

“Albert telah mendahului kita semua pada 1 September 2022 pekan lalu,” ungkap Ismail Hasani, direktur eksekutive Setara Institute saat membuka diskusi “Mengenang jekak dan dedikasi Albert Hadibuan” Kamis (8/9/2022).

Kami para sahabat Pak Albert termasuk rekan jurnalis hari ini bersama-sama mengenang jejak dan dedikasi beliau, pada Kamis, 8 September 2022, di mulai pukul 15.30 hingga selesai, di Sadjoe Café and Resto, Jl. Prof. Dr. Soepomo, Tebet Barat, Jakarta.

Direktur Eksekutif Amnesty Internasional Indonesia, Usman Hamid dalam kesempatan tersebut menyebut, bahwa Dr. Albert Hasibuan, S.H., lebih dikenal sebagai salah seorang advokat ternama di Tanah Air.

Lebih dari itu kata Usman, Albert adalah salah satu pemikir Hukum Tata Negara yang meraih gelar doktoral di Universitas Gadjah Mada dan kelompok sarjana hukum generasi kedua atau ketiga, setelah para sarjana hukum Belanda.

Usman Hamid mengungkapkan, pada 1971 bersama Adnan Buyung Nasution mendirikan YLBHI. Jejak aktivisme Albert tercatat juga saat menjadi Pemimpin Umum Harian Umum Suara Pembaruan dan Anggota Komnas HAM pertama pada 1993-2002.

“Pak Albert bukan hanya sebagai advokat, jurnalis dan pemikir ketatanegaraan, tetapi juga salah satu pembela HAM terdepan sekaligus bagian penting dari pendorong dan penggerak perlawanan di masa Orde Baru, hingga Reformasi 1998,” ucap Direktur Eksekutif Amnesty Internasional Indonesia, Usman Hamid. (Amhar)

Continue Reading

Tokoh / Publik Figur

Wawancara Eksklusif Ketua Panitia Nasional TBN Series, Ir. Irwantoko Selo Pranoto, MM.

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Ditemui di sela – sela kesibukannya, di Sekretariat TBN Series, Graha Ambisi, Jl. Mayjen Sutoyo Kav 33, Cawang, Jakarta Timur, Selasa (30/8/2022), Ketua Panitia Nasional Touring Bela Negara Series (TBN Series) yang juga merupakan alumni Lemhannas tahun 2021, Ir. Irwantoko Selo Pranoto. MM, atau yang biasa disapa “Adoy” menuturkan panjang lebar tentang TBN Series, yang akan merayakan ulang tahun pertamanya ditanggal 8 Oktober 2022 mendatang, dan juga harapannya kedepan.

Berikut petikan wawancaranya :

(Reporter) _Jelaskan secara singkat Panitia Nasional Touring Bela Negara Series itu apa ?_

(Adoy) Panitia Nasional TBN Series adalah Panitia Nasional yang terdiri dari sekumpulan orang yang mewakili beberapa klub otomotif yang ingin berperan aktif dalam membumikan Pancasila dan bela negara disela – sela acara kegiatan otomotif. Target kami adalah menggalang semua club / komunitas otomotif roda 4 diseluruh penjuru tanah air, untuk bersama – sama sambil menjalankan hobby otomotif, ikut pula secara aktif menyuarakan cinta tanah air.

(Reporter) _Berapa banyak komunitas sudah bergabung dan apa saja kegiatan selama ini?_

(Adoy) Total sudah bergabung 145 komunitas / club mobil se – Jabodetabek dengan masing – masing anggotanya berjumlah ratusan sampai ribuan. Kita sejak Oktober 2021 lalu sampai saat ini dibulan Agustus 2022, total sudah menyelenggarakan 19 kali acara, terdiri dari 7 kali kopdar gabungan, 6 kali ke musium, dan sisanya gathering, dimana semua acara ini dikemas dengan menarik. Kita selalu berupaya memasukkan nilai – nilai kebangsaan disetiap acara kami, dan juga acara ini selalu digelar minimal 1x setiap bulannya secara rutin. bahkan ada yang dalam 1 bulan kita gelar 4x berturutan setiap minggu dengan dihadiri peserta yang berbeda – beda.

(Reporter) _Wah luar biasa, dari mana dana dan apakah melibatkan sponsor?_

(Adoy) Acara selalu kami gelar secara gratis tanpa biaya, ini semua berkat rekanan dan juga sumbangsih dari para penggiat acara. Mungkin saat ini kami satu – satunya payung club/komunitas yang agresif membuat acara tiap bulan tanpa ada iuran atau menarik biaya dari para peserta. Ini sudah menjadi komitmen dari rekan – rekan Panitia Nasional untuk selalu menghadirkan gelaran – gelaran acara kebangsaan setiap bulannnya secara gratis.
Kami sendiri memiliki legalitas berbadan hukum, dan memiliki NPWP aktif, sebagai salah satu bukti bahwa kami ikut berbakti kepada NKRI tercinta.
Seluruh dana dari sponsor, akan kami gunakan maksimal untuk menggelar acara – acara TBN Series.

(Reporter) _Apakah ada sponsor rutin dan dari mana saja?_

(Adoy) TBN Series banyak dilirik oleh BUMN, terbukti beberapa kali kami menggelar acara dengan support dari Bank BRI, Pegadaian, Kimia Farma dan segera akan menyusul 1 BUMN besar dan 1 kementerian lainnya. Dari swasta juga sangat banyak yang support kami.

(Reporter) _Apa harapan Panitia Nasional TBN kedepannya ?_

(Adoy) Kami berharap akan menjadi duta otomotif dalam hal pembumian Pancasila dan bela negara, yang bisa menyelenggarakan secara rutin menggelaran acara otomotif disetiap bulannya, juga kami mengundang rekan – rekan club atau komunitas untuk bergabung serta aktif ikut gerakan kami ini. (Amhar)

 

Continue Reading

Tokoh / Publik Figur

Menko PMK RI Galakkan Germas, Relawan Erick Thohir Berikan Dukungan

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Kementerian Koodinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI menggelar acara ‘Penggerakan Pembudayaan Germas’. Dimana diisi dengan acara Jalan Sehat, Pengecekan Kesehatan dan Bazar UMKM di halaman depan Kemenko PMK, Jakarta (29/07/2022).

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi dukungan dan apresiasi dari kalangan masyarakat luas. Salah satunya dari Relawan Erick Thohir (ET) dengan mengirimkan karangan bunga ucapan selamat dan sukses atas Jalan Sehat Germas dan Bazar UMKM.

“Kami dari Relawan Erick Thohir memberikan dukungan dan apresiasi kepada pemerintah dalam menggalakkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Kami berikan ucapan khusus kepada Kemenko PMK RI beserta 5 kementerian terkait di bawahnya untuk terus menggerakan program Germas,” kata Edy Torana, SH, MH, M.Kn, CLA Ketua umum DPP Relawan Erick Thohir (ETOR) di Jakarta, Jumat (29/07/2022).

Menurut Edy Torana, kegiatan yang dihadiri oleh Menteri/Pimpinan Kementerian dan Lembaga dibawah koordinasi Kemenko PMK RI berjalan sukses dan meriah. Tampak Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E, M.Si (Bintang Puspayoga) Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia dan undangan khusus K/L yang diisi dengan kegiatan jalan sehat, senam bersama, tes kebugaran, cek kesehatan gratis dan bazar UMKM.

“Relawan ETOR dalam setiap Deklarasi Relawan Erick Thohir di Propinsi di Indonesia, selalu dimulai dengan kegiatan jalan sehat. Kita selalu menggalakkan pola hidup sehat dengan jalan sehat, pola makan sehat, berfikir positif dan penuh kegembiraan,” pungkas pengusaha bidang Show Biz dan Promotor Music ini.

Sebelumnya dalam acara di Jalan Sehat Germas di Kemenko PKM RI, Jumat pagi (29/07/2022) di Jakarta, Menko Muhadjir Effendi menyebutkan
pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dalam dua tahun ini belum optimal karena pandemi COVID-19.

Untuk itu lewat kegiatan ini, pihaknya ingin mengajak masyarakat untuk kembali membudayakan Germas. Selain karena biayanya lebih murah hasilnya juga lebih bagus. Dengan demikian, derajat kesehatan masyarakat Indonesia yang setinggi-tingginya bisa tercapai.

“Melalui kegiatan ini kita ingin masyarakat teredukasi pentingnya sehat. Lebih baik mengeluarkan biaya untuk sehat daripada biaya untuk sakit. Biaya sakit itu jauh lebih mahal, dibandingkan biaya untuk sehat. Sehat itu mahal, karena itu hindarilah sakit. Salah satunya dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas),” kata Menko Muhadjir.

Dikatakan Menko Muhadjir, pembudayaan Germas sangat penting dilakukan di setiap aspek kehidupan. Terlebih dalam menghadapi tantangan sektor kesehatan yang begitu kompleks, dari mulai angka kematian ibu serta bayi yang masih tinggi, stunting, hingga Penyakit Tidak Menular (PTM).

Dirinya berharap kegiatan ini bisa dihidupkan kembali kepada seluruh lapisan masyarakat demi mencapai masyarakat yang sehat, bugar dan produktif.

“Kita harapkan ini menjadi gerakan dari bawah, masyarakat yang harus menginisiasi. Kesadaran masyarakat untuk hidup sehat seperti aktivitas fisik, makan yang terukur, dan memperhatikan faktor-faktor lain harus ditingkatkan,” harap Menko.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang turut hadir dalam acara tersebut, mendukung penuh pembudayaan kembali Germas sebagai bagian dari implementasi transformasi sistem kesehatan pilar pertama yakni transformasi layanan primer. Yang mana, pilar tersebut fokus pada kegiatan promotif preventif untuk lebih banyak menciptakan orang sehat. Kegiatan ini kata Menkes, jauh lebih murah dibandingkan pengobatan saat sakit atau kuratif.

“Program ini menjaga agar orang hidup sehat, karena selain lebih murah, kualitas hidup juga lebih baik,” ungkap Menkes.

Menutup sambutannya, Menkes mengajak masyarakat untuk aktif bergerak guna menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh terutama di masa pandemi COVID-19.

“Jangan lupa hidup sehat, salah satunya dengan bergerak sehari minimal 30 menit, jadi kalau seminggu 5 kali berarti sekitar 150 menit. Aktivitasnya bisa dengan jalan, lari, atau berenang. Sehat selalu,” tutup Menkes.

Dalam acara Jalan Sehat Germas ini juga diikuti 10 pelaku Bazar UMKM, yang mana menjadi tanggung jawab Syafrudin Budiman SIP selaku pembina dan Abdurrahman BK sebagai kordinator lapangan. Acara Bazar UMKM tampak ramai pengunjung apabila semakin indah dengan lantunan home band dari internal Kemenko PMK RI. (red)

Penulis: Gus Din

Continue Reading

Tokoh / Publik Figur

Amey Warminih No 1 Best Inspiring Women 2022

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Amey Warminih atau yang akrab dengan nama Amey Amanda kembali mendapat Anugrah sebagai Best Inspiring and Creativity Women dalam Women Award Inspiring Creative Innovative, pada Hari Jum’at, 22 Juli 2022, di Jakarta.

Kali ini yang memberikan anugrah adalah Majalah PenghargaanIndonesia.com, Portal Penghargaan No. 1 di Indonesia. Anugrah diberikan di suatu tempat di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

Penghargaan ini diberikan kepada Amey Warminih atas partisipasi aktif yang dilakukan dalam bidang pemberdayaan manusia. Dalam aktivitasnya, bersama Indo Global Centre yang berkedudukan di Singapura Amey Warminih melakukan kegiatan pemberdayaan terhadapa pekerja migran yang ada di Singapura.

Sehingga para pekerja migran tersebut, utamanya kaum perempuan dapat mengisi waktu di hari Sabtu dan Minggu, dengan tambahan keterampilan.

Kegiatan yang dilakukan adalah Amey Warminih, antara lain: kelas komputer, make up, religi, Caregiver dan seremoni untuk mempererat hubungan antar pekerja dan negara asalnya.

Penghargaan Best Inspiring and Creativity Women Award ini merupakan apresiasi dan pengakuan yang mengukuhkan sebagai salah satu terbaik di tanah air. Penghargaan bagi yang berprestasi untuk menunjukan peluang perbaikan berupa “Opportunity For Improvement”.

Hal ini dapat digunakan sebagai Strategi Praktis dalam berekspansi dan meningkatkan keberhasilan diri dan lembaga. Pemberian penghargaan terbukti mampu meningkatkan kinerja dan daya saing nasional maupun internasional.

Adapun kriteria penilaian dalam penghargaan ini, yaitu: Keseluruhan Manajemen; Tata kelola lembaga; Hubungan Investor; Tanggung jawab sosial lembaga; Kredibilitas, dedikasi dan loyalitas; Berfikir strategis dan visioner; Memenuhi standar prestasi otoritatif.

Dan tim Juri berasal dari Indonesia Award Magazine; Success Research dan Indonesia awards center.com. (Ahr)

Continue Reading

Trending