Connect with us

Nasional

LKPASI Gelar Simposium Nasional Maklumat Raja Sultan Datu Penglingsir kepala suku marga Pemangku Adat Seluruh Indonesia

Published

on

JanoerKoening, Jakarta – Lembaga Komukasi Pemangku Adat Seluruh Indonesia (LKPASI) yang diketuai oleh YM Datuk Juanda Datuk Bentara dari Kesultanan Deli Serdang menggelar Kegiatan Simposium Nasional dan Deklarasi Maklumat Raja Sultan Datu Penglingsir kepala suku marga Pemangku Adat Seluruh Indonesia pada 19 sampai 20 Mei 2022, bertempat di Grand Cempaka Hotel Jakarta Pusat.

Ditemui media usai acara, Sultan Siak dari Kesultanan Riau Sultan Sarif Nazir bergelar Sultan Aisaidis Sarif Nazir abdul jalil Saifudin Kesultanan Siak ke 13 mengatakan dengan diadakan Simposium Nasional Raja Sultan se-Nusantara. Para Raja bersatu untuk menyampaikan hak-haknya.

“Kami sebagai pemilik diperhatikan oleh Pemerintah sebagai pengelola, dan kami sebagai pemilik awal dari terbentuknya negeri ini tidak diperhatikan sama sekali. Jadi bersatunya kami melalui Simposium Nasional melalui LKPASI supaya pemerintah ini menyetujui apa yang menjadi hak – hak kami”.

“Kami harapkan kepada Presiden Jokowi supaya apa yang menjadi hak kami sebagai pewaris supaya di sahkan. Contohnya hak adat dan hak wilayat hak komunal. Supaya pemerintah segera merealisasikannya”.

Berkumpulnya ratusan keturunan para Raja dari belahan bumi Nusantara bersatu melalui Simposium Lembaga Komunikssi Pemangku Adat Seluruh Indonesia (LKPASI) ingin menyampaikan kepada Pemerintah selaku pengelola negeri bahwa apa yang menjadi hak mereka sejak nenek moyang bisa mereka miliki dan kelola kembali.

Usai acara salah satu keturunan para Raja yaitu Sultan Pajajaran Raden Haji Dadan mohendar keturunan Kerajaan Pajajaran Gunung Agung yang juga menjabat sebagai dewan pendiri dan dewan kode etik LKPASI mengatakan bahwa acara secara keseluruhan telah berjalan dengan baik.

“Tujuan dan semuanya sudah tercapai mungkin ada permasalahan interen yang harus diselesaikan dalam rangka penyempurnaan kegiatan kedepan, kemudian penyesuaian penyesuaian yang menjadi target yang harus diselesaikan” ujarnya.

“Harapan saya Pemerintah harus bisa kerjasama dengan raja-raja sehingga fungsi raja kembali dan masyarakat menjadi Gemahripahlojinawi yang artinya Sejahtera.

Karena inilah tujuan dari kerajaan pajajaran untuk masyarakat dunia bukan Indonesia saja. Jadi Sahaning anungaku ayanakula yang berarti siapa saja yang mengakui adanya saya maka saya ada ditengah dia. Itu sumpah eyang prabu” imbuhnya.

Ditempat yang sama Sultan buton ke 40 bergelar Kaimudin Halifahtulhamis dr. Hj. Laode Mohammad Ijab Manarfa berharap melalui acara ini supaya pemerintah aman-aman saja. NKRI harus jaya.

“Kita sebagai lembaga kesultanan dan lembaga adat supaya bisa melaksanakan tugas untuk kesejahteraan dan Kemakmuran masyarakat. Melalui acara ini supaya pemerintah bisa menyelesaikan semua masalah, dan selama ini kita tahu banyak orang nakal disingkirkannya” tutupnya.

Editor : Chris – Amhar

Continue Reading

Nasional

Membentuk Koalisi, Sayap BKNDI Deklarasikan Anies Capres 2024-2029

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Membentuk Koalisi, beberapa organisasi bergabung dalam Barisan Nasional Koalisi Anies Baswedan Bersatu (BNKAB) mendeklarasikan dukungan kepada Anies Rasyid Baswedan untuk maju sebagai Capres 2024-2029, di Gedung Cut Nyak Dhien, Kawasan Buperta, Harjamukti, Cimamggis, Jakarta Timur, pada Sabtu (18/6/2022).

Barisan Nasional Koalisi Anies Bersatu (BNKAB) adalah sayap Badan Komunikasi Nasional Desa Se-Indonesia (BKNDI). Adapun koalisi BNKAB terdiri dari, yakni: Garda Nasional Anies, Wanita Persatuan Tarbiyah Islamiyyah Indonesia (Perti), Forum Santri Indonesia (FSI), Anies Nusantara Desa (ANDES), Srikandi Desa Millenial dan Anies Presiden Indonesia (APRESI)

Deklarasi dukungan Anies Capres 2024-2029 oleh Barisan Nasional Koalisi Anies Bersatu (BNKAB) di prakarsai langsung Dewan Pengurus Nasional Badan Komunikasi Nasional Desa Se-Indonesia (DPN BKNDI)

Ketua Umum DPN BKNDI, Isra A. Sanak dalam sambutannya mengatakan, bahwa deklarasi ini merupakan bentuk memperjuangkan Anies dalam pemilu 2024. Gubernur DKI itu dinilai layak memimpin Indonesia masa mendatang.

“Pak Anies adalah orang yang tulus. Jangan kita biarkan beliau berjuang hanya sendiri, tapi mari kita sama-sama bergandeng tangan bantu memenangkan beliau agar beliau bisa jadi presiden di 2024-2029,” kata Isra.

Isra mengatakan, bila Anies besok diusung partai politik untuk maju pada Pemilu serentak 2024, maka relawan di 87 ribu desa di Indonesia siap diturunkan menjadi relawan untuk memenangkan Anies.

“Tadi sudah ada video gimana kedekatan kami dengan beliau (Anies) dan saya pastikan ke beliau jika Bapak jadi presiden, 89 ribu desa di Indonesia harus kita berdayakan. Kita tidak sampai di sini saja,” ungkap Isra.

“Saya pastikan, jika besok parpol memberikan dukungan kepada Pak Anies, maka kami akan turun safari dan silaturahmi kepada bapak ibu sekalian. Satu Desa satu Relawan akan kita sumbangkan suaranya ke Anies,” pungkasnya. (Amhar)

Continue Reading

Nasional

50 Orang Calon Anggota KOMNAS HAM RI 2022-2027, Unjuk Wawasan HAM

Published

on

By

Janoerkoening, Jakarta – Proses Seleksi Calon Anggota Komnas HAM RI 2022-2027 telah memasuki pelaksanaan Dialog Publik. Sebanyak 50 orang menunjukkan kemampuannya dalam memahami isu-isu hak asasi manusia dan strategi dalam mengembangkan Komnas HAM RI.

Kegiatan yang berlangsung pada 8-9 Juni 2022 ini diselenggarakan di Perpustakaan Nasional RI Jakarta. Tempat ini dipilih karena mempunyai area publik terbuka yang selaras dengan tujuan kegiatan, yakni untuk membuka kesempatan bagi publik mengetahui profil, visi, misi, dan strategi program para peserta Seleksi Calon Anggota Komnas HAM RI 2022-2027.

Pada tahapan ini, Panitia Seleksi Calon Anggota Komnas HAM RI Periode 2022-2027 (Pansel) dibantu oleh para Fasilitator yang berkompeten di bidang hak asasi manusia. Pansel juga mengundang perwakilan dari berbagai unsur masyarakat, mulai dari Kementerian/Lembaga, Lembaga Swadaya Masyarakat, civitas akademika perguruan tinggi hingga masyarakat umum. Mereka dipersilahkan berdialog langsung secara tatap muka dengan para peserta dan mengikuti dialog secara daring melalui streaming YouTube.

Ketua Panitia Seleksi Prof. Dr. Makarim Wibisono, M.A-IS, M.A., berharap, melalui tahapan ini para peserta dapat menyampaikan visi, misi, motivasi dan komitmen kepada publik. Lantaran Dialog Publik menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk mengenal Calon Anggota dan mengajukan pertanyaan ataupun komentar kepada Calon Anggota selama durasi tiga jam

Makarim jelaskan, Kegiatan yang dihadiri berbagai elemen masyarakat, perwakilan pemerintah, dan komisi-komisi ini pun berlangsung interaktif dan dinamis. Semua unsur mengeksplorasi wawasan para peserta seleksi di bidang HAM beserta kemampuan-kemampuan individu dan sosial.

“Selain kapasitas dan jejak rekam individu, tak kalah penting kemampuan para peserta seleksi Calon Anggota Komnas HAM untuk menyampaikan gagasan dan ide-ide segar bagi perkembangan institusi Komnas HAM di di tingkat nasional dan global,” pungkasnya.

Ketua Pansel berharap dapat memberikan nama-nama Calon Anggota yang kredibel dalam memperjuangkan masa depan hak asasi manusia di Indonesia. Sekaligus proses seleksi ini mampu meningkatkan peran Komnas HAM RI sebagai garda terdepan pemajuan dan penegakan HAM di Indonesia. (Amhar)

Continue Reading

Nasional

18 Juni, BKNDI Deklarasi Nasional Anies Presiden 2024

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Relawan Barisan Nasional Koalisi ANIES Bersatu (BNKAB) Bersama Badan komunikasi Nasional Desa se Indoneaia (BKNDI), telah mempersiapkan 87 ribu Relawan Anies untuk deklarasi pada tgl 18 Juni 2022, di Cut Nyak Dhien Ballroom, Cibubur Kawasan Buperta, Jakarta Timur.

Isra A. Sanaky SHI., MH., ketua umum DPN BKNDI sekaligus mantan Panglima Brigade Nasional Pamuda Masjid Indonesia ini dalam jumpa presnya menyebut, bahwa Anies Baswedan adalah figur yang baik sejak menjadi Menteri pendidikan sampai menjadi Gubernur DKI Jakarta.

“Anies Rasyid Baswedan sudah jelas adalah Sosok pejabat yang bersih, ramah dan santun, banyak prestasi yang beliau dapat mulai dari tingkat Nasional sampai Internasional,” ujar Isra kepada media, Sabtu 4 Juni 2022.

Lebih lanjut kata Isra, Beliau (Anies) juga sangat di kenal dan di kagumi jiwa kepimpinannya menjadi Gubernur DKI Jakarta sampai ke Dunia Eroba dan timur tengah. Tentunya dalam Konsep membangun Negara ini maka di butuhkan pemimpin yang hebat dari semua Aspek yaitu Anes Baswedan.

“Karna itu, 87 ribu relawan ini saya menghitung jumlah desa maksimal ada satu orang relawan, nah tentunya ini modal utama bagi kami memberikan dukungan kepada Bapak Anies baswedan sebagai calon presiden 2024 melalui Partai politik yang akan mengusungnya,” ucap Ketum BKNDI.

Menurutnya, kekuatan BKNDI yang menahkodai 87 ribu Desa itu sangat besar untuk beliau Menjadi presiden di 2024. itu belum juga kita menghitung keluarga sahabat dll, maka sudah saya pastikan pak Anies mendapatkan dukungan dari BKNDI dan Barisan Nasional Anies bersatu (BKNDI)

Isra menambahkan, rencana deklarasi yang akan Kami laksanakan tgl 18 juni ini sebagian besar perwakilan dari beberapa provinsi setelah itu kami akan deklrasi lagi di setiap provinsi kabupaten kota kecamatan dan desa sampe ke tingkat kelurahan dan desa/ kampung di seluruh Indonesia

“Relawan Barisan Nasional Koalisi Anies bersatu dan BKNDI tentunya meminta dukungan dan doa kepada masyarakat indonesia untuk memberikan dukungan kepada Bapak Anies Baswedan capres 2024,” harap Ketum BKNDI, Isra menutupnya. (Amhar)

Continue Reading

Trending