Connect with us

Info TNI/Polri

Persiapan Jelang Kopassus 1st National Indoor Skydiving Championship 2022

Published

on

JanoerKoening, Jakarta – Dalam rangka memeriahkan HUT ke 70 Kopassus, Pusdiklatpassus Kopassus bekerjasama dengan Komite Terjun Payung Seluruh Indonesia (FASI) tengah merencanakan persiapan the 1st National Indoor Skydiving Championship 2022 yang akan dilaksanakan pada tanggal 19-21 Mei 2022 di Kopassus Indoor Skydiving Center, Batujajar.

Dalam keterangan tertulis Pusdiklatpassus, Minggu (17/4/2022), nomor yang dilombakan adalah 4-Way Formation Skydiving dan 2-Way Formation Skydiving (FS).

Kejuaraan FS mempunyai arti tersendiri bagi militer terutama pasukan khusus di dunia. Pada Oktober 2015, Tim USA Paracutist berhasil mencetak rekor dunia dan mengungguli Cina pada CISM Military World Games dengan membentuk 35 formasi dalam 35 detik. Indonesia juga tidak kalah unggul. Pada jenis yang berbeda (indoor), yaitu kejuaraan Asiania Indoor Skydiving 2018 (pertama di Asia), Tim Kopassus dari Persatuan Terjun Payung Angkatan Darat (PTPAD) Mabes TNI yang mewakili Indonesia juga berhasil meraih juara 3 dari 19 negara yang berkompetisi.

Kopassus juga berhasil mendominasi kejuaraan-kejuaraan terjun payung nomor Formation Skydiving di skala nasional dan internasional lainnya.

Keberhasil tersebut tidak terlepas dari adanya keberadaan Wind Tunnel di Pusdiklatpassus. Sejak 16 April 2016, Pusdiklatpassus telah memiliki Kopassus Indoor Skydiving Center berdiameter 4.2 m (14 ft) dengan ketinggian 10 meter.

Indoor skydiving ini menggunakan dual closed loop wall to wall. Hembusan anginnya berasal dari fan drive yang terdiri dari 4 motor dengan delapan baling-baling. Sarana ini telah berhasil secera efektif dan efisien dalam melahirkan para peterjun free fall dasar, lanjutan serta apikasi dalam teknik HALO (High Altitude Low Opening) and HAHO (High Altitude High Opening), ” jelas Mayor Inf Alzaki, M.B.A., M.M.A.S selaku Komandan Sekolah Para Pusdiklatpassus.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, Mayor Inf Alzaki, M.B.A., M.M.A.S melaporkan kepada Komandan Pusdiklatpassus Brigjen TNI Thevi A. Zebua, S.E., M.M. bahwa HUT Kopassus ke-70 merupakan salah satu momen yang tepat untuk melaksanakan perlombaan indoor skydiving yang pertama di Indonesia. Di samping itu, momen ini juga bertujuan untuk menyosialisasikan wind tunnel di Indonesia, serta mencari bibit-bibit peterjun yang selanjutnya siap untuk berlaga di event nasional maupun internasional.

Ide ini tidak terlepas dari peran Dansepara sebelumnya, Letkol Inf Bonny Berdian yang saat ini menjadi Dandim di Kota Baru.

“Kami tunggu kehadiran beliau beserta atlet-atlet dari Kalimantan, serta altet nasional lainnya di Indonesia, ” harap Mayor Alzaki.

Peserta dibagi menjadi 2 kelompok besar yaitu Advance dan Basic-Intermediate. Kelompok Advance yaitu Tim Peserta PON Papua 2021 dan sederajat. Sementara kelompok Basic-Intermediate tidak ada batasan khusus.

Peserta dapat dari berbagai kalangan baik TNI, Polri dan maupun club sipil. Mengacu pada tujuan, yaitu memeriahkan HUT Kopassus, menyosialisasikan dan mencari bibit-bibit atlet terjun payung.

“Maka, kami berharap pesertanya dapat sebanyak mungkin dalam alokasi waktu 3 hari lomba. Siapa saja boleh bargabung asalkan memenuhi syarat dan kriteria kesehatan. Semua yang mahir dan ahli pasti diawali dari sesuatu yang tidak bisa, jadi jangan ragu untuk bergabung dan berlatih bersama. Kami juga bukan hebat, kami hanya terlatih, ” ungkapnya.

Mayor Inf Alzaki selaku koordinator umum telah melaksanakan paparan kesiapan kepada Wadanpusdiklatpassus Kolonel Inf Agus Bhakti, S.I.P., M.I.P. yang ditunjuk selaku Ketua Panitia penyelenggaraan. Titik krusial dalam penyelenggaraan perlombaan ini adalah masalah waktu, karena cukup padatnya kegiatan di Pusdiklatpassus Kopassus serta momen penyelenggaraan yang dilaksanakan sekitar 17 hari setelah lebaran Idul Fitri.

“Semoga momen ini dapat menjadi ajang silaturahmi bagi para pecinta dunia terjun nasional, mensosialisasikan indoor wind tunnel, mendapatkan bibit-bibit sang juara baru, serta meningkatan prestasi para atlet terjun payung di Indonesia, ” ujar Koordinator Umum Lomba Komandan Sekolah Para Pusdiklatpassus Mayor Inf Alzaki, M.M., M.B.A., M.M.A.S. (Amhar)

Continue Reading

Info TNI/Polri

Jenderal Dudung Sambut Hangat Kunjungan Kehormatan Kasad Australia

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman menerima kunjungan kehormatan Kepala Staf Angkatan Darat Australia Letjen Simon Stuart di Mabesad Jakarta, Kamis (4/8/2022).

Dalam rangkaian kunjungan kehormatan di Mabesad, Kepala Staf Angkatan Darat Australia Letjen Simon Stuart menerima upacara penghormatan militer di lapangan Mabesad yang dihadiri langsung oleh Jenderal TNI Dudung Abdurachman serta didampingi para pejabat utama Mabesad.

Adapun maksud kunjungan kehormatan Letjen Stuart adalah memperkenalkan dirinya sebagai pejabat baru Kepala Staf Angkatan Darat Australia menggantikan Letjen Richard Burr yang telah memasuki usia pensiun bulan Juli 2022. Disamping itu, Letjen Simon Stuart juga menghadiri undangan pembukaan latihan bersama Super Garuda Shield yang digelar di Baturaja pada hari Rabu, 3 Agustus 2022 kemarin.

Kasad Jenderal Dudung Abdurachman menyambut baik kedatangan Letjen Simon Stuart dan membahas sejumlah kerja sama yang telah dan akan dilaksanakan oleh kedua Angkatan Darat terkait peningkatan kerja sama antara militer kedua negara dalam rangka modernisasi alutsista, peningkatan profesionalisme, dan kemampuan tempur prajurit melalui latihan bersama dan juga pertukaran siswa maupun pelatih.

“Selain latihan bersama Garuda Shield, Latma Bilateral antara TNI AD dan AD Australia akan terus kita tingkatkan agar prajurit kedua negara semakin kompak, terampil dan mahir untuk menghadapi kompleksitas ancaman di masa yang akan datang,” pungkas Jenderal Dudung.

Kegiatan kunjungan kehormatan ditutup dengan acara ramah tamah, makan siang dan menyanyi bersama antara Jenderal Dudung bersama Letjen Stuart. Keakraban dan kebersamaan yang sangat hangat dirasakan antara kedua orang nomer satu di Angkatan Darat negara bertetangga di kawasan Asia Pasifik ini. (Amhar)

Sumber : DISPENAD

Continue Reading

Info TNI/Polri

Kasad Berikan Penghargaan atas Kinerja Tim Gabungan TNI-Polri

Published

on

By

Janoerkoening, Semarang – Ketulusan hati seorang pemimpin nampak jelas pada raut muka Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman ketika memberikan penghargaan kepada 74 personel gabungan TNI-Polri yang berhasil dengan cepat hanya dalam waktu berselang 6 hari menangkap pelaku penembakan Ny. Rina Wulandari yang merupakan istri anggota TNI AD tepatnya Yonarhanud 15/DBY Semarang, Senin (25/7/2022).

Atas nama TNI Angkatan Darat, Kasad berterima kasih dan merasa bangga karena tidak butuh waktu lama para pelaku dapat diringkus. Hal tersebut menunjukkan sinergitas tim gabungan TNI-Polri terjalin dengan sangat baik dan profesional.

” Saya atas nama pribadi dan TNI AD sangat bangga, mengapresiasi dan berterima kasih kepada Tim Gabungan atas keberhasilan menangkap pelaku dalam waktu singkat,” ungkap Kasad.

” Ini membuktikan bahwa sinergitas TNI – Polri adalah nyata sebagai garda terdepan penjaga NKRI,” tegas Kasad,

Kasad juga sangat prihatin dan mengutuk keras kejadian penembakan yang menimpa istri anggota Yonarhanud 15/DBY tersebut dan meminta aparat berwenang untuk melaksanakan proses hukum secara transparan dan adil. Termasuk memerintahkan tim untuk terus mencari keberadaan Kopda M guna dimintai keterangan.

Penyerahan penghargaan diserahkan oleh Kasad di Lobi Mapolda Jateng. Pada pelaksanaannya, pemberian penghargaan tersebut dihadiri oleh Aspers Kasad, Aslog Kasad dan seluruh Pejabat Utama Kodam IV/Diponegoro serta Pejabat Utama Polda Jateng. (Amhar)

Sumber : Dispenad

Continue Reading

Info TNI/Polri

Kunjungi Amerika, Jenderal Dudung ingin Peningkatan Kemampuan Prajurit dalam “Garuda Shield.”

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Hubungan bilateral antara TNI AD dan US Army berjalan semakin baik dari tahun ke tahun ditandai dengan sambutan hangat Chief of Staff of the US Army, Jenderal James C. McConville dalam kunjungan kehormatan Kasad, Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Pentagon, Arlington Virginia, Amerika Serikat, Senin (11/7/2022).

Kunjungan kerja Kasad yang didampingi oleh Asisten Intelijen, Asisten Latihan dan Asisten Teritorial Kasad, diterima langsung oleh McConville di ruang kerjanya bersama dengan Mr. Ronald Stafford (Staf Kermamil US Army).

Jenderal Dudung menyampaikan harapan dalam latihan bersama “Garuda Shield” bulan Agustus nanti tidak hanya meningkatkan kemampuan prajurit tetapi juga dapat membangun komunikasi antar prajurit setiap negara peserta, khususnya Amerika dan Indonesia.

“Kerja sama dalam latihan Garuda Shield di level taktis dan teknis nanti, harus semakin mewujudkan komunikasi dan koordinasi yang sangat baik antara kedua Angkatan Darat kita,” tegas Dudung.

Di samping itu, Jenderal McConville juga mengapresiasi kerja sama di bidang pendidikan yang dilaksanakan kedua AD. Kehadiran Taruna Akmil di West Point menjadi salah satu perhatian bagi McConville.

“Saya berharap setiap tahun Akmil dapat mengirimkan Tarunanya untuk ikut dalam pendidikan di West Point,” ucap McConville.

Kedua pimpinan Angkatan Darat sepakat untuk meningkatkan kerja sama dalam menghadapi perkembangan situasi yang dinamis di kawasan Indo Pasifik.

Selanjutnya perbincangan kedua Jenderal Angkatan Darat ini, diakhiri dengan pertukaran cinderamata sebagai wujud ikatan persahabatan yang erat antara kedua negara. (Amhar)

Continue Reading

Trending