Connect with us

Info TNI/Polri

Gelar Vaksinasi massal dan Bansos, Kapolri Apresiasi Akpol 97

Published

on

JanoerKoening, Jakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menghadiri acara Vaksinasi massal dan penyerahan bantuan sosial yang diselenggarakan Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 1997 bataliyon Wira Pratama di Gedung eks Mapolres Bandara Soetta, Tangerang, Banten, Senin (20/9/2021).

Kapolri memberikan apresiasi tinggi terhadap kegiatan para alumni Akpol 1997 yang digelar di 34 Polda jajaran dan tiga negara yakni, Malaysia, Saudi Arabia dan Turki.

“Tentunya saya memberikan apresiasi kepada adik-adik saya angkatan 97 di seluruh wilayah yang telah ikut berpartisipasi dalam melaksanakan kegiatan vaksinasi dan bansos kepada masyarakat Indonesia yang saat ini memang sedang menghadapi situasi yang sulit,” kata Kapolri dalam sambutannya.

Dalam kesempatan ini, Kapolri mengingatkan agar jajaran Kepolisian terus bekerja optimal membantu Pemerintah dalam rangka pengendalian Pandemi Covid-19 diantaranya melalui penerapan kebijakan PPKM level 1 hingga 4 di wilayah seluruh Indonesia.

Kapolri juga mengingatkan, bahwa strategi pengendalian diharapkan betul-betul dikawal sehingga efektif, bukan hanya dari sisi angka penurunan kasus Covid-19, melainkan juga jalannya pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Strategi pengendalian virus corona diantaranya penegakan protokol kesehatan dengan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak), penguatan 3T (tracing, testing dan treatment dan percepatan vaksinasi,” ungkap Kapolri.

Diungkapkan juga oleh Kapolri, bagaimana kita kembali menuju ke kehidupan normal dan mengembalikan ekonomi yang sempat menurun karena situasi Covid-19. Di satu sisi bagaimana aktivitas masyarakat dalam rangka mengembalikan pertumbuhan ekonomi tetap bisa terkendali dan angka Covid-19 tidak naik lagi.

“Ini menjadi tantangan kita dan menjadi kebijakan pemerintah untuk mengatur antara gas dan rem agar seimbang,” tekan Kapolri mengingatkan.

Pada kesempatan tersebut, Mantan Kapolda Banten juga menyempatkan untuk menyapa secara virtual pihak Kedubes Malaysia. Ia memantau langsung penanganan virus corona terhadap Warga Negara Indonesia (WNI) di negara tersebut.

Disatu sisi Kapolri berterima kasih terhadap seluruh personel TNI dan Polri serta petugas Dinkes yang selama ini bertugas tidak kenal lelah dalam upaya menurunkan angka Covid-19 sehingga angka kasus harian bisa ditekan menjadi 2.200 perhari, serta BOR RS yang sempat menembus angka 90 persen, saat ini hanya sekitar 12 hingga 15 persen.

“Positivity rate dibawah WHO 5 persen saat ini kita positivty ratenya 2,19 persen. Ini hasil kerja keras rekan-rekan yang tergabung dalam tim. Saya ucapkan apresiasi kepada seluruh anggota kita dimanapun bertugas karena telah bekerja keras melakukan upaya agar laju covid diturunkan,” ujarnya.

Meski demikian, Kapolri tetap mengingatkan agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dan aparat terus bergerak melakukan sosialisasi disiplin protokol kesehatan hingga akselerasi percepatan vaksinasi demi mencapai target kekebalan komunal atau herd immunity masyarakat.

“Kita harus bisa mengubah dari pandemic menjadi endemic. Kita harus bisa hidup dan terbiasa berdampingan dengan covid. Tentunya prokes yang kuat harus kita laksanakan, program vaksinasi kita tingkatkan sehingga masyarakat siap menghadapi kondisi tersebut,” imbau Kapolri.

Dalam vaksinasi massal ini, alumni Akpol 1997 menggelarnya di 34 Polda Jajaran serta tiga negara. Kegiatan ini akan berlangsung lima hari dimulai dari 18-22 September 2021. Adapun total vaksinasi yang ditarget dalam kegiatan ini sebanyak 63.400 dosis vaksin.

Terdapat pula sebanyak 36.350 item dengan rincian, paket sembako sebanyak 33.353 pax, bantuan voucher kuota internet untuk pelajar, santri dan guru sebanyak 1.997 voucher, serta bantuan voucher belanja 100.000 sebanyak 1.000 voucher kepada masyarakat kurang mampu, yatim piatu dan disabilitas. (Amhar)

Continue Reading

Info TNI/Polri

Jenderal Dudung Sambut Hangat Kunjungan Kehormatan Kasad Australia

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman menerima kunjungan kehormatan Kepala Staf Angkatan Darat Australia Letjen Simon Stuart di Mabesad Jakarta, Kamis (4/8/2022).

Dalam rangkaian kunjungan kehormatan di Mabesad, Kepala Staf Angkatan Darat Australia Letjen Simon Stuart menerima upacara penghormatan militer di lapangan Mabesad yang dihadiri langsung oleh Jenderal TNI Dudung Abdurachman serta didampingi para pejabat utama Mabesad.

Adapun maksud kunjungan kehormatan Letjen Stuart adalah memperkenalkan dirinya sebagai pejabat baru Kepala Staf Angkatan Darat Australia menggantikan Letjen Richard Burr yang telah memasuki usia pensiun bulan Juli 2022. Disamping itu, Letjen Simon Stuart juga menghadiri undangan pembukaan latihan bersama Super Garuda Shield yang digelar di Baturaja pada hari Rabu, 3 Agustus 2022 kemarin.

Kasad Jenderal Dudung Abdurachman menyambut baik kedatangan Letjen Simon Stuart dan membahas sejumlah kerja sama yang telah dan akan dilaksanakan oleh kedua Angkatan Darat terkait peningkatan kerja sama antara militer kedua negara dalam rangka modernisasi alutsista, peningkatan profesionalisme, dan kemampuan tempur prajurit melalui latihan bersama dan juga pertukaran siswa maupun pelatih.

“Selain latihan bersama Garuda Shield, Latma Bilateral antara TNI AD dan AD Australia akan terus kita tingkatkan agar prajurit kedua negara semakin kompak, terampil dan mahir untuk menghadapi kompleksitas ancaman di masa yang akan datang,” pungkas Jenderal Dudung.

Kegiatan kunjungan kehormatan ditutup dengan acara ramah tamah, makan siang dan menyanyi bersama antara Jenderal Dudung bersama Letjen Stuart. Keakraban dan kebersamaan yang sangat hangat dirasakan antara kedua orang nomer satu di Angkatan Darat negara bertetangga di kawasan Asia Pasifik ini. (Amhar)

Sumber : DISPENAD

Continue Reading

Info TNI/Polri

Kasad Berikan Penghargaan atas Kinerja Tim Gabungan TNI-Polri

Published

on

By

Janoerkoening, Semarang – Ketulusan hati seorang pemimpin nampak jelas pada raut muka Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman ketika memberikan penghargaan kepada 74 personel gabungan TNI-Polri yang berhasil dengan cepat hanya dalam waktu berselang 6 hari menangkap pelaku penembakan Ny. Rina Wulandari yang merupakan istri anggota TNI AD tepatnya Yonarhanud 15/DBY Semarang, Senin (25/7/2022).

Atas nama TNI Angkatan Darat, Kasad berterima kasih dan merasa bangga karena tidak butuh waktu lama para pelaku dapat diringkus. Hal tersebut menunjukkan sinergitas tim gabungan TNI-Polri terjalin dengan sangat baik dan profesional.

” Saya atas nama pribadi dan TNI AD sangat bangga, mengapresiasi dan berterima kasih kepada Tim Gabungan atas keberhasilan menangkap pelaku dalam waktu singkat,” ungkap Kasad.

” Ini membuktikan bahwa sinergitas TNI – Polri adalah nyata sebagai garda terdepan penjaga NKRI,” tegas Kasad,

Kasad juga sangat prihatin dan mengutuk keras kejadian penembakan yang menimpa istri anggota Yonarhanud 15/DBY tersebut dan meminta aparat berwenang untuk melaksanakan proses hukum secara transparan dan adil. Termasuk memerintahkan tim untuk terus mencari keberadaan Kopda M guna dimintai keterangan.

Penyerahan penghargaan diserahkan oleh Kasad di Lobi Mapolda Jateng. Pada pelaksanaannya, pemberian penghargaan tersebut dihadiri oleh Aspers Kasad, Aslog Kasad dan seluruh Pejabat Utama Kodam IV/Diponegoro serta Pejabat Utama Polda Jateng. (Amhar)

Sumber : Dispenad

Continue Reading

Info TNI/Polri

Kunjungi Amerika, Jenderal Dudung ingin Peningkatan Kemampuan Prajurit dalam “Garuda Shield.”

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Hubungan bilateral antara TNI AD dan US Army berjalan semakin baik dari tahun ke tahun ditandai dengan sambutan hangat Chief of Staff of the US Army, Jenderal James C. McConville dalam kunjungan kehormatan Kasad, Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Pentagon, Arlington Virginia, Amerika Serikat, Senin (11/7/2022).

Kunjungan kerja Kasad yang didampingi oleh Asisten Intelijen, Asisten Latihan dan Asisten Teritorial Kasad, diterima langsung oleh McConville di ruang kerjanya bersama dengan Mr. Ronald Stafford (Staf Kermamil US Army).

Jenderal Dudung menyampaikan harapan dalam latihan bersama “Garuda Shield” bulan Agustus nanti tidak hanya meningkatkan kemampuan prajurit tetapi juga dapat membangun komunikasi antar prajurit setiap negara peserta, khususnya Amerika dan Indonesia.

“Kerja sama dalam latihan Garuda Shield di level taktis dan teknis nanti, harus semakin mewujudkan komunikasi dan koordinasi yang sangat baik antara kedua Angkatan Darat kita,” tegas Dudung.

Di samping itu, Jenderal McConville juga mengapresiasi kerja sama di bidang pendidikan yang dilaksanakan kedua AD. Kehadiran Taruna Akmil di West Point menjadi salah satu perhatian bagi McConville.

“Saya berharap setiap tahun Akmil dapat mengirimkan Tarunanya untuk ikut dalam pendidikan di West Point,” ucap McConville.

Kedua pimpinan Angkatan Darat sepakat untuk meningkatkan kerja sama dalam menghadapi perkembangan situasi yang dinamis di kawasan Indo Pasifik.

Selanjutnya perbincangan kedua Jenderal Angkatan Darat ini, diakhiri dengan pertukaran cinderamata sebagai wujud ikatan persahabatan yang erat antara kedua negara. (Amhar)

Continue Reading

Trending