Connect with us

EKONOMI

KADIN: UMKM Naik Kelas Dimasa Pandemi Covid-19

Published

on

Janoerkoening, Jakarta – Webinar Pemanfaatan Data Dalam Penyusunan Strategi Bisnis telah dikaksanakan oleh Astra bersama dengan Sekretariat Satu Data Indonesia tingkat Pusat, Kementerian PPN/Bappenas RI, Rabu 25 Agustus 2021.

Webinar tersebut merupakan bentuk kepedulian untuk mendorong peran pemanfaatan data dalam sektor publik maupun swasta, berkaitan dengan sektor kewirausahaan atau bisnis.

kegiatan ini terlaksana berkat kerja sama yang baik antara ASTRA dengan Kementerian PPN/ Bappenas, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Kementerian Koperasi dan UKM, Badan Pusat Statistik, Badan Informasi Geospasial, dan Satu Data Indonesia.

Dalam webinar tersebut, Wakil Ketua UMKM dan Koperasi, Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, Raden Teddy menggambarkan kontribusi dunia usaha dalam penguatan dan pendampingan UMKM dalam menghadapi masa Pandemi melalui KADIN

Dijelaskan Raden, bahwa KADIN sebagai organisasi yang menaungi UMKM melalui kegiatan pembiayaan, pendampingan, hingga pembuatan program berkelanjutan. Usaha-usaha KADIN yang dilakukan adalah..

Raden menjelaskan, usaha yang dilakukan KADIN adalah sebagian besar UMKM belum tersentuh perbankan, tidak ada yang berubah dari data UMKM di Indonesia selama 20 tahun, hasil survei 83% dampak COVID 19 berdampak bangkrut.

“Sehingga KADIN memberikan pembinaan agar UMKM dapat beralih kepada usaha yang mengalami tantangan pada masa pandemi, berbagai upaya dilakukan pemerintah dengan berbagai bantuan,” ungkap Raden

Dikatakan Raden Teddy, bahwa hasil survey 5,4% UMKM sudah bangkrut dan 34,3% terancam bangkrut sehingga dapat diambil kesimpulan bagaimana pentingnya data untuk melihat dampak dan perencanaan untuk keberlanjutan UMKM.

Menurutnya, dibutuhkan pendataan yang berkualitas melalui Satu Data untuk melihat lebih dalam bagaimana pendataan yang dapat diakses UMKM sehingga bantuan pemerintah dapat diakses oleh UMKM.

“Salah satu UMKM yang dapat bertahan adalah UMKM yang memiliki e-Commerce,” sebut Raden Teddy.

Selain itu kata Raden, dibutuhkan bahasa yang teknis detail dan memahami bahasa UMKM sehingga dapat dimengerti oleh kelompok sasaran.

“Dimana, 44.1% UMKM penjualan dilakukan pada tingkat kecamatan, 18% lebih penjualannya belum melalui online system, dan hanya 0,5% yang melakukan ekspor, sehingga hanya sebagian kecil yang melakukan ekspor, fan sisanya 71,6% dagang dan usahanya dari rumah,” urainya.

Indonesia Emas adalah sebagai tujuan Indonesia pada 2045, masih 0,01% usaha besar yang dibutuhkan berkontribusi sekitar 500 ribu usaha besar

“Sedangkan 2045 dibutuhkan 500 ribu Usaha besar, artinya butuh kerja keras dan sinergitas untuk dapat menghasilkan Usaha Mikro yang naik kelas,” pungkas Wakil Ketua UMKM KADIN, Raden Teddy.

Sebelumnya dalam sambutannya, Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan selaku Koordinator Forum Satu Data Indonesia Tingkat Pusat Kementerian PPN/Bappenas RI, Dr. Ir. Taufik Hanafi, MUP, menyampaikan, bahwa dalam mengambil keputusan Pemerintah harus terus merujuk pada Data, dan data menjadi sumber minyak yang baru dalam transformasi Digital.

Pandemi Covid-19 mempercepat transformasi digital dengan memberikan peluang bagi ekonomi digital untuk melakukan percepatan.

“Hal ini dapat dilihat dari terjadinya pergeseran digitalisasi melalui perubahan cara kerja dan produksi serta model bisnis,” ujar Hanafi.

Dijelaskan Hanafi, melalui Platform eCommerce sebagai Market Place dalam bertransaksi, ekonomi digital memberikan akses tanpa batasan wilayah kepada masyarakat, terkhusus hal ini membuka kesempatan pada UMKM untuk memasarkan produknya secara lebih luas menggunakan infrastruktur digital.

Berikutnya, Narasumber Bondan Susilo memberikan informasi dengan Praktik Baik Desa Sejahtera Astra dengan Rancang Bangun Smart Village Berbasis Data serta Program Latar belakang Desa Sejahtera Astra, dan Pemanfaatan Data dalam Rancang Bangun Smart Village

“Hingga Manfaat dan Dampak Program Desa Sejahtera Astra sebagai upaya pemberdayaan masyarakat dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional,” imbuhnya.

Melengkapi program ASTRA lainnya melalui aspek bisnis yang berkelanjutan, berdasarkan Astra Group yang memiliki cabang di 34 provinsi, publik contribution ada 4 pilar Astra Cerdas, Astra Sehat.

Melalui modul yang generik dicoba upscaling Desa dengan produk kolaborasi dengan lainnya untuk market terstandar, mereka harus tergabung dalam konsorsium dengan membentuk lembaga yang telah menuju kemandiri ekosistem usaha dengan anggota yang ada.

“Contoh cluster kopi dengan beragamnya kopi yang dapat disatukan dengan pangsa pasar yang ada, hingga ekspor produk,” Bondan menyebut.

Untuk agriculture kita menggandeng beberapa mitra sehingga tercipta beberapa ekosistem marker yang memiliki kredibilitas dalam standar produk. Kemudian menciptakan Astra Export Academy sehingga dapat membantu DSA yang memiliki produk unggulan.

“Semua akan dirangkum dalam dashboard sustainability dan MONEV dengan menetapkan parameter kunci seperti peningkatan pendapatan, ekspor dan jumlah produk dan produk turunan yang dilakukan terus menerus dan diakses oleh potensi ekspor yang ada,” tutup Bondan Susilo. (Amhar)

Continue Reading

EKONOMI

Perkuat Industri Gaming, Acer Kembali Gelar Predator League, Total Hadiah Rp 6 Miliar

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Acer kembali menggelar turnamen eSports, Predator League 2022 mulai hari ini. Mempertandingkan 2 kategori game, yaitu DOTA 2 & Player Unknown’s Battlegrounds (PUBG), bakat-bakat terbaik atlet eSports di Indonesia akan memperebutkan prize pool senilai total Rp 6 Miliar. Berbeda dari penyelenggaraan sebelumnya, Predator League 2022 kini terbuka untuk atlet individu tanpa tim. Merealisasikan hal tersebut, Acer akan hadir di berbagai kampus di Jabodetabek, Bandung, Solo, dan Surabaya, untuk mencari talenta muda yang akan berpartisipasi.

Herbet Ang, President Director Acer Indonesia, mengatakan, “Gelaran Predator League, sebagai salah satu kompetisi eSport terbesar, merupakan wujud komitmen Acer untuk menjadi akselerator ekosistem industri gaming nasional. Sejak penyelenggaraannya di tahun 2017 lalu, Predator League bahkan telah menghasilkan banyak talenta berbakat, yang mampu mengharumkan nama Indonesia dalam kancah internasional.”

“Pada penyelenggaraan Predator League tahun ini, Acer juga menghadirkan Predator Bootcamp, dan memberikan pelatihan kepada peserta terpilih. Nantinya peserta terbaik yang menjadi pemenang akan mewakili Indonesia ke babak Grand Final Asia Pasifik yang diadakan di Tokyo, November mendatang”, tambah Herbert Ang.

Predator Bootcamp sendiri merupakan inovasi terbaru dari tim Predator Gaming Indonesia, guna memberikan pelatihan, penyusunan strategi maupun keahlian, hingga kerja sama tim kepada peserta terpilih.

Sementara itu, Komjen. Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum. – Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), mengatakan, “PBESI berterima kasih atas dukungan yang diberikan Acer melalui Predator League 2022. Dengan banyaknya kegiatan atau turnamen eSports seperti ini, PBESI optimis industri gaming maupun eSports di Indonesia bisa semakin berkembang. Kami berharap di masa mendatang, akan lebih banyak lagi turnamen yang diselenggarakan oleh Acer, sehingga semakin banyak individu atau komunitas game yang bisa dirangkul.”

Pendaftaran Predator League 2022 gratis tanpa dipungut biaya apapun, dan dibuka mulai 26 Juli sampai 10 September 2022. Berikut jadwal lengkapnya:
● Registrasi : 26 Juli – 10 September
● Seleksi : 11 – 17 September
● Bootcamp : 23 – 29 September
● Grand Final : 1 Oktober

Predator Helios 300 SpatialLabs Edition
Menunjukkan komitmen menjadi akselerator ekosistem industri gaming nasional, Acer turut memperkenalkan Laptop Gaming Predator Helios 300 Spatial Labs Edition. Dengan harga jual mulai dari Rp54.999.000, laptop ini menghadirkan pengalaman 3D stereoscopic tanpa membutuhkan kacamata khusus. Didukung aplikasi SpatialLabs TrueGame, gamers dapat dengan mudah memainkan game yang didukung dalam mode 3D, di mana detail adegan menjadi hidup dan petualangan bermain game menjadi lebih mendebarkan—semuanya berjalan secara mulus, real-time, tanpa memerlukan kacamata khusus. Tidak hanya gamers, fitur SpatialLabs yang dibuat melalui kombinasi solusi eye-tracking, tampilan 3D stereoskopik, serta teknologi rendering real-time, juga hadir untuk memenuhi kebutuhan creators, mulai dari 3D Animator, Developers, hingga Designer.

Layar laptop gaming Predator Helios 300 SpatialLabs Edition terdiri dari panel UHD 2D 15,6-inci dengan lensa liquid crystal lenticular yang menyatu secara optik di atasnya, bersama-sama membentuk modul inovatif yang dapat beralih bolak-balik antara pandangan 2D dan 3D stereoskopik. Predator Helios 300 SpatialLabs Edition dilengkapi dengan prosesor Intel® Core™ i9 Generasi ke-12, GPU Laptop NVIDIA® GeForce RTX™ 3080. Laptop ini juga memiliki kipas ganda yang mencakup satu kipas 3D AeroBlade Generasi ke-5 membantu menjaga sistem tetap dingin, didukung lebih lanjut oleh pelumas termal logam cair dan teknologi CoolBoost™ Acer.

Penawaran “Healing” ke Jepang lewat Predator League 2022
Pelanggan setia Acer juga bisa mendapatkan berbagai penawaran menarik selama turnamen Predator League, dan menangkan kesempatan “healing” ke Jepang, bagi konsumen yang melakukan pembelian perangkat gaming lini Predator. Selain itu Acer juga telah menyiapkan cashback hingga Rp2.000.000 dan hadiah langsung berupa gaming gears, untuk pembelian perangkat Predator Gaming tertentu.

Melindungi perangkat gaming yang dibeli selama periode Predator League 2022, Acer memberikan layanan purna jual premium Acer Priority Care, yakni program garansi atau layanan perlindungan premium bagi pengguna seri laptop tertentu. Melalui program Acer Priority Care, konsumen bisa mendapatkan kemudahan serta keamanan dan perlindungan produk dari kerusakan akibat kelalaian pengguna, mencakup apabila kondisi laptop error akibat terkena cairan, retak akibat benturan, dan fungsi listrik pada laptop tidak berfungsi.

Pendaftaran Predator League 2022 sudah bisa dilakukan di https://predator-league.id.

Editor : Amhar

Continue Reading

EKONOMI

Kickoff Gerakan 100juta Pembelajar

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Para Peserta dan Media yang hadir pada acara Kickoff Gerakan 100juta Pembelajar maka akan ada rangkaian acara yaitu dibuka dengan Media Gathering dan Webinar Peningkatan Pedidikan Berkualitas Melalui Pendidikan Masyarakat

Webinar di gelar oleh Thunderbird School of Global Management (Thunderbird), Arizona State University (ASU), dalam rangka peluncurkan Inisiatif Global 100 Juta Pembelajar berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kab. Pekalongan dan Kementerian PPN/Bappenas dan Mitra Pembangunan yaitu KADIN Indonesia, serta SOS Children’s Village Indonesia.

Sebagai komitmen dan kontribusi dalam melaksanakan agenda Sustainable Development Goals (SDGs), Thunderbird School of Global Management menggelar Webinar dengan Tema “Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Pendidikan Masyarakat” pada Selasa, 7 Juni 2022.

Pendidikan Masyarakat adalah kolaborasi para pihak untuk meningkatkan akses dan kualitas bagi kelompok rentan sebagai bagian dari Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

KADIN

Raden Teddy, KADIN Indonesia yang menyoroti pembinaan UMKM dalam paparannya menyampaikan, data menyatakan bahwa dalam kurun waktu lebih dari 20 tahun ini tidak ada perkembangan UMKM secara siginifikan, meskipun berbagai upaya baik dari Pemerintah, para pihak lainnya bahkan Kadin Indonesia telah banyak yang dilakukan.

Dikatakan Teddy, undang-undang Kadin Indonesia nomor 1 tahun 1987 pada pasal 7 butir D dalam penjelasan menyatakan bahwa “Pembinaan dan Pengembangan kemampuan pengusaha Indonesia ditujukan terutama kepada pemngusaha Menengah, Kecil dan pengusaha sector Informan,” dengan kata lain UMKM.

Teddy menyebut, Kadin Indonesia dibawah ketua umum Bapak Eddy Ganefo sejak 2015 berkomitmen untuk fokus pada pembinaan dan pengembangan UMKM, dengan berbagai program pengembangan UMKM.

“Saat ini Kadin Indonesia sedang menjalankan Program UMKM Naik Kelas, dengan melakukan pembinaan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan dengan materi 33% soft skill dan 67% Hard Skill, serta membuka jaringan pasar UMKM lebih luas baik dalam maupun luar negeri dan Mediasi Permodalan untuk pelaku UMKM,” ujarnya.

Teddy mengungkapkan, Pelatihan diselenggarakan selama 1 tahun yang dimulai 5 Januari 2022, didukung 25 orang Mentor, dari berbagai Kementrian, Asisten Staff Ahli Wakil Presiden, Akademisi, Praktisi usaha, pengurus Kadin Indonesia dan para pihak lainnya.

Dia tambahkan, hal ini dilakukan mengingat dominan pelaku UMKM sangat lemah dalam berbagai kompetensi. Data juga menyatakan bahwa dominan UMKM berpendidikan masih rendah, sehingga pelatihan kompetensi dan memperluas wawasan sangat dibutuhkan UMKM.

“Rencana Kerjasama Sertifikasi Kewirausahaan dan Manajemen UMKM Global antara Kadin Indonesia dengan Thunderbird dan Arizona State University sangat ditunggu oleh pelaku UMKM di Indonesia, sebagai percepatan perluasan kompetensi secara Global dan perluasan jaringan dunia,” pungkas Raden Teddy. (Amhar)

Continue Reading

EKONOMI

Bermitra Dengan Petrokimia Gresik, Jalal Sampaikan Bang Syamsul Siap

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Syamsul di mata praktisi media Jalaluddin Tapaul Jahidin adalah pengusaha ekspedisi yang sukses, hal ini tidak terlepas dari jiwa amanah yang melekat dalam mengelola roda bisnisnya tersebut.

Kantor ekspedisinya berada di samping Aeon Mall Tanjung Barat Jakarta Selatan yang sangat dekat dari staiun KRL

Jalal sempat bertandang ke kantor pria berdarah Aceh tersebut, kesan bersahaja terlihat tatkala berdialog dengannya

“Bang Syamsul ini kalau bicara apa adanya namun lugas, ia siap bermitra dengan PT Petrokimia Gresik terkait jasa pengiriman/ekspedisi maupun bentuk lainnya. “Ujar Jalal kepada awak media pokja BUMN melalui daring di Jakarta, Kamis (28/4/2022)

Untuk diketahui bahwa Direktur Utama PT Petrokimia Gresik adalah Dwi Satriyo Annurogo. Penjualan pupuk Petrokimia Gresik untuk pasar ritel domestik terbagi menjadi dua, yaitu pupuk untuk tanaman padi, jagung, dan kedelai yang terpusat di Jawa dan pupuk untuk tanaman perkebunan, seperti karet dan kelapa sawit, yang banyak disalurkan ke Sumatra dan Kalimantan.

“Untuk keperluan penyaluran melalui sistim ekspedisi Bang Syamsul sudah berpengalaman dan terpercaya, sehingga sesuai konsep AKHLAK BUMN. “Tandas Jalal

“Keterbukaan, keamanan serta amanah adalah konsep kerja dari Bang Syamsul, makanya ia dipercaya kostumer. Apalagi ini berkaitan dengan pengiriman barang yang harus dijamin sampai, inilah bentuk dari integritasnya

Lipsus: Timsus

Continue Reading

Trending