Connect with us

Info TNI/Polri

Sikapi Perkembangan Teknologi, Dislitbangad Gelar Uji Coba Prototipe Alat Tes Garjas B3

Published

on

JanoerKoening, Jakarta – Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD (Dislitbangad) menggelar uji coba Prototipe alat tes kesegaran jasmani B3 (Lunges) sistem elektronik hasil Penelitian dan Pengembangan Pertahanan (Litbanghan) Dinas Jasmani TNI AD (Disjasad)

Penelitian dilaksakan oleh Dislitbangad bertempat di Laboratorium Dislitbangad, Batujajar, Bandung, Jawa Barat, Jumat (25/6/2021).

Kolonel Arm Ayi Supriatna, S.I.P, M.M., selaku Pengendali dan Pengawas Kegiatan (Dalwasgiat) mengatakan bahwa pelaksanaan uji coba prototipe tersebut dalam rangka menyikapi perkembangan teknologi Informatika dan elektronika saat ini.

Dijelaskannya, bahwa dengan memanfaatkan sistem digital yang mampu mengintegrasikan sistem kamera yang menghasilkan video gambar untuk diterapkan pada aplikasi sistem tes atau pengujian pada item kesegaran jasmani antara lain Garjas B3 (Lunges).

“Apabila memungkinkan satu peralatan dapat diintegrasikan pada seluruh alat pengujian Garjas, yang telah dibuat sebagai satu kesatuan sistem alat pengukuran atau tes kesegaran jasmani secara menyeluruh,” ujarnya.

Selama pelaksanaan proses pengujian, tetap mempedomani Syarat-Syarat Tipe (SST) guna mendapatkan materiel yang berkualitas.

Sehingga prototipe alat tes kesegaran jasmani B3 (Lunges) Sistem Elektronik hasil Litbanghan ini, harus memenuhi persyaratan umum yang meliputi syarat (Kaidah) Ilpengtek.

Aspek yang harus dipertimbangkan dalam persyaratan umum adalah aspek ekonomi, tingkat teknologi yang digunakan, kemampuan dukungan industri dalam negeri dan kemampuan dukungan logistik Nasional.

Menurutnya, persyaratan ini bersifat kualitatif, namun demikian penilaiannya dalam bentuk angka (kuantitatif) yang telah ditentukan batas-batasnya secara jelas dan harus dijadikan salah satu dasar pertimbangan dalam menganalisa hasil uji coba prototipe alat tes kesegaran jasmani B3 (Lunges) Sistem Elektronik ini.

Supriatna berharap, prototipe tersebut dapat memenuhi beberapa Aspek yang menjadi persyaratan umum, yaitu pertama memiliki usia pakai yang relatif lama. Maksudnya prototipe alat tes kesegaran jasmani B3 (Lunges) Sistem Elektronik ini merupakan alat bantu pelaksanaan Tes Kesegaran Jasmani Lungers agar diperoleh hasil tes yang valid, reliabel dan objektif sehingga kebutuhan operasional di lapangan dapat berjalan dengan baik dan tidak mengalami hambatan.

Oleh karena itu, materiel yang digunakan harus memiliki kualitas yang cukup baik sehingga dari aspek operasinya peralatan ini memiliki life time (usia pakai) yang cukup lama.

Kedua, mampu untuk mengukur kekuatan dan daya tahan otot tungkai atas maupun tungkai bawah sesuai dengan prosedur baku tentang ketentuan penilaian Gerakan Lunges (Garjas “B3”) secara real time.

Dan yang ketiga, harus memiliki nilai ekonomi yang tinggi baik pada saat pengadaan dan penggunaan.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka materi yang diujikan mulai dari aspek konstruksi dan perlangkapan, materi uji aspek kemampuan, materi uji aspek kelancaran kerja serta materi uji aspek insani.

Kegiatan uji coba dihadiri Paban III/Litbangasro Srenaad dan Paban IV/Binsisops Sopsad, Sesdislitangad, Kasubdisjianbang Disjasad, Kabag Jianinsanmat Subdisjianbang, Kasi Materiel Baginsanmat Subdisjianbang, perwira Dislaikad dan para pejabat terkait lainnya. (Amhar)

Continue Reading

Info TNI/Polri

Tinjau Rumah Dinas Prajurit, Wow! Jenderal Perkasa Hadir Mengawasi

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa meninjau perkembangan pembangunan rumah Dinas Prajurit di Yonif 511/DY Blitar Jatim, pada Kamis (21/10/2021).

Dalam keterangan terulisnya (22/10) dijelaskan, bahwa kunjungan dan peninjauan Sang Jendelar Persaka tersebut terpantau didampingi Ketum Persit KCK Ibu Hetty Andika Perkasa, Kasdam V/Brw Brigjen TNI Agus Setiawan, Danrem 081/Dsj Kolonel Inf Waris Aris Nugroho beserta jajarannya.

Selama berada di Batalyon, Kasad berkeliling melihat pembangunan 107 Unit rumah dinas prajurit dan 7 Unit Barak Bintara dan Tamtama. Ini merupakan cara Kasad melakukan pengawasan terhadap kualitas dan kemajuan pekerjaan pembangunan serta renovasi perumahan Prajurit di Yonif 511.

Di tempat yang sama Ibu Hetty Andika Perkasa selaku Ketua Umum Persit KCK berkesempatan mengunjungi Posbidu Batalyon Infanteri 511/Dy dan sentra kerajinan tangan.

Usai mengunjungi Batalyon Infanteri 511/Dy, Ibu Hetty juga menggelar bakti sosial dengan memberikan sejumlah 300 paket sembako kepada warga di Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Sananwetan, serta warga di Pusat Informasi Perdagangan dan Pariwisata, Blitar Jatim. (Amhar)

Continue Reading

Info TNI/Polri

Tinjau Bakti Sosial, Pangdam Jaya Apresiasi Alumni Akabri 99

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji. M.A., menghadiri undangan kegiatan vaksinasi massal dan bhakti sosial yang diselenggarakan oleh alumni Akabri 99 (Base99), bertempat di Gedung Satya Haprabu Korbrimob Polri, Kelapa Dua, Jl. Rumbut No. 14, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Rabu (20/10/2021).

Kapendam Jaya Kolonel Arh Herwin BS dalam keterangan persnya mengatakan kehadiran Pangdam Jaya di acara tersebut, selain meninjau langsung, juga memberi motivasi dan mengapresiasi alumni Akabri 99 yang telah menginisiasi dan mewujudkan kegiatan vaksinasi massal serta bhakti sosial selaras dengan kebutuhan masyarakat di masa pandemi saat ini.

” Vaksinasi massal dan bhakti sosial yang digelar oleh alumni Akabri 99 tersebut merupakan bentuk kepedulian serta pengabdian terhadap bangsa dan negara di masa pandemi, hal ini juga merupakan wujud sinergitas TNI – Polri, dalam berkontribusi yang dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat, ” ungkap Kapendam Jaya.

Kegiatan vaksinasi massal dan bhakti sosial yang digelar alumnus Akabri 99 kali ini, juga dihadiri oleh Panglima TNI dan Kapolri. Panglima TNI maupun Kapolda Metro Jaya juga turut mengapresiasi kegiatan tersebut, lebih-lebih banyak hal yang telah dilakukan oleh alumni Akabri 99 dalam membantu kesulitan rakyat, seperti perehaban Mesjid.

” Hal terpenting bahwa kegiatan serbuan vaksinasi ini merupakan wujud dari sinergitas dan solidaritas dari TNI dan Polri dalam menekan laju penyebaran virus Corona di tanah air, “tutup Kapendam Jaya.

Hingga berita ini diterbitkan, kegiatan berjalan dengan baik, pelaksanaannya senantiasa mengedepankan protokol kesehatan Covid-19. (Amhar)

Continue Reading

Info TNI/Polri

AD Amerika Serikat Serahkan Bantuan APD Kepada TNI AD

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) menerima bantuan peralatan kesehatan berupa perlengkapan Alat Pelindung Diri (APD) dari US Army (AD Amerika Serikat) bertempat di lantai dasar Gedung E Mabesad, Selasa (19/10/2021).

Perlengkapan APD diserahkan oleh pihak US Army melalui Colonel Ian Francis, ODC Chief kepada pihak TNI AD yang diwakili Asisten Latihan (Aslat) Kasad Mayjen TNI Harianto, dengan rincian Baju APD 550 stel, Sarung Sepatu 300 pasang, Face Shield 300 unit, Sarung Tangan 680 pasang, Tensimeter 16 unit, Baju Medis 4.800 stel dan Stetoskop 80 unit.

Dalam sambutannya Aslat Kasad Mayjen TNI Harianto atas nama pimpinan TNI AD menyampaikan apresiasi serta ucapan terima kasih kepada pihak US Army atas bantuan sejumlah perlengkapan APD kepada TNI AD yang akan digunakan para tenaga kesehatan dalam menangani pasien Covid-19.

Sementara itu, Colonel Ian Francis mewakili US Army mengatakan dukungan sejumlah peralatan kesehatan yang diserahkan merupakan salah satu wujud eratnya persahabatan antara US Army dengan TNI AD. “Ke depan kita berharap hubungan bilateral yang sudah terjalin baik antara kedua Angkatan Darat ini, akan dapat lebih ditingkatkan”, tegasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Atase Pertahanan AS Colonel Leo Leibreich, para Waaslat Kasad, para Paban Slatad, Dandenma Mabesad, para Kasi Denmabesad dan Dansatkes Denmabesad (Amhar)

Continue Reading

Trending