Connect with us

Uncategorized

Rakornas Aspeksindo, Rokhmin: Dorong Percepatan Pembangunan PPKT

Published

on

JanoerKoening, Jakarta – Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) tahun 2021 di Jakarta, 1 hingga 3 April 2021.

Melansir monitor.co.id, Ketua Umum Aspeksindo, Abdul Gafur Masud dalam sambutannya ungkapkan mendorong sektor kelautan dan perikanan menjadi perhatian pemerintah pusat sebagaimana sektor pertanian.

Dia tambahkan, salah satunya mendorong penyelesaian tumpang tindih beberapa peraturan atau kebijakan antara pemerintah daerah dan pusat seperti batas wilayah pesisir yang kewenangannya saat ini diberikan kepada Pemerintah Provinsi.

“Kebijakan daerah dan pusat terkadang terbentur dengan undang-undang batas wilayah. Padahal obornya harus menyala dari desa-desa,” kata Abdul Gafur yang juga Bupati Penajam Paser Utara itu pada Pembukaan Rakornas, Kamis (1/4/2021).

Bersamaan, Ketua Dewan Pakar Aspeksindo Prof Rokhmin Dahuri mengingatkan soal pentingnya paradigma baru pembangunan wilayah yaitu melalui pendekatan ekonomi dan kesejahteraan dalam membangun wilayah pesisir, pulau-pulau kecil dan terluar (PPKT).

Menurutnya, sebagian besar daerah (Provinsi, Kabupaten atau Kota) di wilayah perbatasan NKRI kurang maju dan kurang sejahtera dibandingkan dengan daerah di wilayah perbatasan negara-negara tetangga.

“Contohnya: Belawan-Asahan versus Johor (Malaysia), Batam versus Singapura, Kalbar versus Serawak, Nunukan versus Tawau, Natuna versus Thailand Selatan, dan Sangihe-Talaud versus Davao (Pilipina),” sebut Rokhmin Dahuri.

Lebih lanjut Ketua Dewan Pakar Aspeksindo Prof Rokhmin Dahuri yang juga Guru Besar IPB tersebut mengungkapkan bahwa Program pembangunan HANKAM (infrastruktur, sarana, SDM, dan anggaran) di wilayah perbatasan NKRI pun jauh lebih rendah ketimbang di negara-negara tetangga (Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand, Vietnam, dan Australia).

“Akibatnya rongrongan terhadap kedaulatan NKRI dan kerugian sosial-ekonomi pun cukup signifikan dan membesar,” ungkap penasehat menteri kelautan dan perikanan itu.

Prof Rokhmin juga menjelaskan, bahwa pendekatan pengembangan PPKT menggunakan paradigma baru yaitu pendekatan ekonomi dan hankam meliputi pembangunan infrastruktur & konektivitas, pembangunan ekonomi wilayah, pembangunan hankam, dan pembangunan sumber daya manusia.

Kata Prof Rokhmin yang juga Duta Besar Kehormata Jeju Island Korea Selatan itu, sesuai dengan RTRW dan DDL (Daya Dukung Lingkungan) nya, PPK Terdepan yang tidak berpenduduk (69 pulau) dan Wilayah Perbatasan lainnya sebaiknya dikembangkan

“Untuk Kawasan Industri Manufaktur Yang Ramah Lingkungan dan Sosial (seperti Taiwan dan Hainan), Integrated Marine Tourism Industry (seperti Maldives dan Hawaii), atau pertambangan dan energi ramah lingkungan, dengan pola KEK dan a big push-integrated development,” imbuhnya.

Sedangkan sesuai dengan RTRW dan DDL nya, PPK Terdepan yang berpenduduk (42 pulau) sebaiknya dikembangkan untuk Industri Perikanan Terpadu berbasis perikanan tangkap dan perikanan budidaya, industri bioteknologi, dan pariwisata.

Menutupnya, Prof Rokhmin menegaskan, bahwa Investor harus yang credible, bonafide, dan baik dari daerah, nasional, maupun internasional. Para investor berkewajiban membangun infrastruktur setempat terkait dengan industrinya.

“Infrastruktur dasar, konektivitas, dan mengusahakan agar produk dari segenap industri diatas masuk ke dalam Jaringan Rantai Pasok dan Nilai Global adalah tanggung jawab pemerintah,” pungkas Prof Rokhmin Dahuri. (Amhar)

Continue Reading

Uncategorized

Gandeng Universitas Teuku Umar, KPU MoU: Sukseskan Kampus Merdeka

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menjalin kerja sama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar berlangsung di di ruang rapat lt. 1 KPU RI, Jakarta pada Senen (17/1/2022).

Kerja sama tersebut yang dituangkan dalam Nota Kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) ini ditandatangani langsung Ketua KPU RI Ilham Saputra dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar, Basri.

Kerja sama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar berkaitan dengan Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Peningkatan Kualitas Sumberdaya Manusia dalam pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Adapun ruang lingkup kerja sama ini meliputi:

Pertama adalah Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat

Kedua, yakni Peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia

Ketiga, yaitu Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik, dan

Keempat, Kegiatan lain yang disepakati oleh para pihak.

Hadir pada kegiatan MoU, yakni: Anggota KPU RI, Sekretaris Jenderal KPU RI, Deputi Bidang Dukungan Teknis, Deputi Bidang Administrasi, Inspektur Utama, Kepala Biro serta Inspektur.

Sementara dari Universitas Teuku Umar mengundang Rektor Universitas Teuku Umar, Wakil Rektor I Universitas Teuku Umar, Wakil Dekan I FISIP Universitas Teuku Umar, dan Wakil Dekan II FISIP Universitas Teuku Umar. (Amhar)

Continue Reading

Uncategorized

Integrasi H3I Melebur dalam Serikat Pekerja Indosat

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Para Pekerja PT. Hutchison Tri Indonesia (M3I) yang tergabung dalam Serikat pekerja H3I menyatakan untuk mengintegrasikan diri melebur ke dalam Serikat Pekerja Indosat.

Proses pembahasan untuk melebur ke dalam Serikat Pekerja Indosat sebenarnya telah dilakukan sejak Q2 tahun 2021 menyusul berita Merger Indosat ooredoo dengan Hutchison Tri Indonesia.

Setelah diskusi yang dimotori oleh Pandu Setiadin, Rudi Hudoyo, Ricko Hendratno dkk., maka pada tanggal 3 Januari 2022 diputuskan untuk mengintegasikan diri ke dalam Serikat Pekerja Indosat.

Dalam paparannya kepada awak media, R.Roro Dwi Handayani Presiden SP Indosat sangat mengapresiasi dan sangat menyambut baik keinginan untuk pengintegrasian ke dalam Serikat Pekerja Indosat.

“Dengan Keputusan ini Serikat Pekerja Indosat menjadi satu satunya wadah pekerja di Indosat Ooredoo Hutchison yang mewakili para pekerja IOH untuk menyampaian aspirasi di dalam Hubungan Industrial, melindungi Hak-Hak Pekerja dan sebagai Mitra Strategis Perusahaan,” ujarnya, Senen (17/1/2022).

Dijelaskan Roro, Together Stronger adalah Ungkapan yang paling sesuai atas penyatuan dan pengintegrasian ini sekaligus melengkapi semboyan Satu Komando Satu Perjuangan. SP Indosat semakin kokoh dengan bertambahnya Anggota Baru.

“Serikat Pekerja akan Kuat dengan Anggota Anggota yang SOLID yang paham akan Hak dan Kewajibannya. SP Indosat mengharapkan dan terus berupaya untuk mengedukasi Anggotanya tentang Hak dan Kewajiban sebagaimana yang telah disepakati di dalam PKB Indosat,” ungkapnya.

PKB Indosat 2021-2023 baru saja ditanda tangani pada tanggal 30 November 2021 dan disahkan oleh Pemerintah (Kementrian Ketenagakerjaan RI) pada 13 Desember 2021. PKB merupakan kesepakatan bersama antara Serikat Pekerja dengan Perusahaan yang berisi aturan aturan mengenai Hak dan Kewajiban Pekerja dan Perusahaan.

“Di Awal tahun 2022 ini kami akan melakukan sosialisasi PKB 2021-2023 ke seluruh Pekerja Indosat Ooredoo Hutchison,” pungkas Roro.

SP Indosat juga terus melakukan rekruitmen anggota dengan mengajak para pekerja IOH (Indosat Ooredoo Hutchison) yang baru untuk melakukan pengisian form kesediaan menjadi Anggota Serikat Pekerja Indosat.

Dengan bertambahnya Anggota SP Indosat, tentunya menjadikan semakin besar Amanah yang dijalankan oleh Serikat Pekerja sebagaimana tertuang di dalam Undang Undang Serikat Pekerja RI (UU 21 tahun 2000). (Amhar).

Continue Reading

Uncategorized

Melalui Musda, Lexyndo Hakim Pimpin PERBASI DKI Jakarta Periode 2022-2026

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – PERBASI (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia) DKI Jakarta di tahun 2022 ini mempunyai ketua baru yaitu Lexyndo Hakim untuk periode 2022-2026 pada Musyawarah Daerah yang diadakan di JS Luwansa Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu, 15/01/2022.

Untuk itu, awak media berkesempatan mewawancarai Melinda Karin tim sukses dari Lexyndo Hakim yang berasal dari Kepulauan Seribu yang mengatakan bahwa Lexyndo Hakim didukung 3 suara.

“Ketua yang baru terpilih yaitu Lexyndo Hakim yang didukung oleh 3 suara yaitu dari Jakarta Utara, Jakarta Barat dan Kepulauan Seribu,” katanya dengan ramah.

Untuk pengurus, sambung Melinda Karin, akan disusun dalam satu bulan.
“Ketua yang baru dalam satu bulan harus menyusun pengurus yang baru dan Beliau mempunyai target 5 medali emas,” tuturnya dengan semangat.

Perlu kita ketahui bahwa Lexyndo Hakim menjadi Ketua Perbasi DKI Jakarta termuda dalam sejarah dan patut kita apresiasi. (Amhar)

Continue Reading

Trending