Connect with us

DUNIA ISLAM

Lahirkan Penghafal Al-Qur’an, Kemenag Apresiasi Peran Guru Tahfiz

Published

on

JanoerKoening, Jakarta – Kementerian Agama mengapresiasi peran para guru tahfiz Al-Quran di seluruh tanah air dalam membimbing, melatih, dan melahirkan para penghafal Al-Quran.

Keberhasilan putra-putri Indonesia dalam menghafal dan memahami Al-Quran, tidak dapat dicapai secara autodidak. Semua itu tidak lepas dari motivasi dan bimbingan guru.

Hal ini disampaikan Sekretaris Ditjen Bimas Islam M. Fuad Nasar usai meninjau dan menyaksikan babak final Musabaqah Hafalan Al-Quran dan Hadits (MHQH) Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz Alu Suud Rahimahullah Tingkat Nasional Ke-13 di Jakarta, Rabu (24/3/2021) malam.

“Program pendidikan tahfiz Al-Quran yang diasuh oleh guru-guru penuh dedikasi di berbagai pelosok tanah air memiliki peran penting dalam membentuk kader-kader generasi umat dan bangsa yang beriman dan berakhlak mulia sebagai fondasi lahirnya generasi unggul,” tegas Fuad Nasar.

“Al-Quran menjadi satu-tunya kitab suci yang paling sering dibaca dan paling banyak dihafal di seluruh dunia sejak pertama kali diturunkan hingga akhir zaman,” sambungnya.

Dilansir dari Kemenag.go.id, bahwa MHQH tingkat nasional ini dilaksanakan setiap tahun di Jakarta atas kerjasama Kantor Atase Agama Kedutaan Besar Saudi Arabia dan Kementerian Agama.

Menurut Fuad Nasar, MHQH menjadi salah satu barometer kemajuan pendidikan Al-Quran dan Hadits di Indonesia, khususnya di bidang hafalan.

“Sejauh ini, Indonesia merupakan satu-satunya negara yang mendapat kepercayaan Saudi Arabia untuk menyelenggarakan musabaqah hafalan Al-Quran dan Hadits sebagai amal jariyah dari keluarga Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz Alu Suud Rahimahullah,” terang Fuad.

M. Fuad Nasar, yang juga mantan Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, berharap para peserta dan juara musabaqah hafalan Al Quran dan Hadits yang dipersyaratkan berusia di bawah 30 tahun, dapat meraih prestasi terbaik dalam jenjang pendidikan, karir, dan kehidupan sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

Dia tambahkan, Pemerintah dan masyarakat perlu lebih memperhatikan dan memberi dukungan.

“Allah SWT telah memudahkan umat Islam untuk menghafal firman-firman-Nya yang terhimpun dalam kitab suci Al-Quranul Karim. Semoga para penghafal Al-Quran dan pengamal isi Al-Quran diberi kemudahan dalam segala urusan keduniaan,” tutur Fuad Nasar.

Penyelenggaraan kegiatan MHQH Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz Alu Suud 2021 berlangsung empat hari, 22 – 25 Maret 2021 di Jakarta. Event ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Kegiatan tersebut diikuti 250 Hafiz dan Hafizah dari 34 provinsi seluruh Indonesia. Cabang musabaqah yang dilombakan terdiri atas hafalan Al Quran 30 juz, 20 juz, 15 juz, dan 10 juz untuk putra dan putri.

Sementara hafalan Hadits hanya untuk putra dengan 100 Hadits beserta sanad (penyampai Hadits) dan 400 tanpa sanad. (Amhar)

Continue Reading

DUNIA ISLAM

Gandeng Jamiyah Singapore, BKPRMI DKI JakartaTebar 222 Hewan Qurban

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Organisasi Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) DKI Jakarta tahun ini menggandeng Jamiyah Singapore untuk Tebar Hewan Qurban 222 di DKI Jakarta.

Ustadz Nanang Jahidin Ketua Umum DPW BKPRMI DKI Jakarta menyampaikan bahwa untuk Tahun 2022 ini kami bersama-sama Jamiyah Singapore berqurban di DKI Jakarta dan sekitarnya dengan Tebar 222 Hewan Qurban.

“Alhamdulillah, terima kasih kepada Keluarga Besar Jamiyah Singapore Prof. (ADJ) DR. Datuk Mohd. Hasbi Abu Bakar Presiden Jamiyah Singapore yang telah mempercayai Hewan Qurbannya kepada BKPRMI,” ungkapnya.

“Kami, bersyukur dan mengapresiasi kerjasama ini, semoga ditahun mendatang kita terus tingkatkan. Alhamdulillah, daging hewan qurbannya akan kami serahkan kepada guru-guru ngaji di sekitar lokasi pemotongan dan beberapa jaringan BKPRMI di DKI Jakarta,” ujar Ustadz Nanang Jahidin dilokasi pemotongan hewan Qurban.

Musa Marasabessy, SH Wakil Direktur LBHA BKPRMI DKI Jakarta hadir menyaksikan Pemotongan Hewan Qurban sebanyak 222 Hewan Qurban Kerjasama BKPRMI bersama Jamiyah Singapore di Cawang Kramat Jati Jakarta Timur.

Musa jelaskan bahwa, Keluarga Besar BKPRMI DKI Jakarta beserta seluruh Pengurus dan Anggota langsung hadir ketitik lokasi Pemotongan bersama Ketua Umum DPW BKPRMI DKI Jakarta Ustadz Nanang Jahidin langsung kelokasi.

Selain itu hadir juga Ibu Fahira Idris di BKPRMI DKI Jakarta sebagai Ketua Dewan Penasehat menitipkan salam kepada seluruh Pengurus dan Anggota BKPRMI yang bertugas hari ini.

“Bersyukur dan beruntung kami warga Cawang Jakarta Timur kedapatan hewan Qurban dari BKPRMI DKI Jakarta. Pelaksanaan dilakukan hari ini, bersama-sama para Pemuda Remaja Masjid di sekitar lokasi,” ujar Musa Marasabessy dalam keterangannya.

Hewan Qurban Jenis Sapi, Kambing dan Domba di potong bersama-sama Keluarga Besar BKPRMI DKI Jakarta. (Amhar)

 

Continue Reading

DUNIA ISLAM

Musabaqah Meningkatkan Semangat Umat Islam Menghafal Alqur’an dan Al-Hadist

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Kementerian Agama dan Pemerintah Arab Saudi kembali menggelar Musabaqah Hafalan Al Quran dan Hadist (MHQH) Pangeran Sultan bin Abdul Aziz Alu Su’ud tingkat nasional ke-14 di Jakarta pada 22-25 Maret 2022.

Hari ini, Musabaqah Hafalan Al-Qur’an dan Al-Hadits (MHQH) Pangeran Sultan bin Abdul Aziz Alu Su’ud Tingkat Nasional ke-14 tahun 2022 telah usai digelar, di Hotel Millenium Tanah Abang, Jakarta pada Jum’at 25 Maret 2022

Penutupan kegiatan tahunan ini dihadiri Menteri Urusan Islam, Dakwah dan Penyuluhan Arab Saudi, Syaikh Dr. Abdullatif bin Abdulaziz Al-Syaikh dan Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi.

Dalam sambutannya mewakili Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Wamenag berharap musabaqah memiliki dampak sosial bagi masyarakat.

“Gema musabaqah ini lebih jauh diharapkan memberi dampak sosial dan sentuhan syiar dakwah yang berkesan kepada masyarakat dan bangsa kita yang penuh dinamika dan tantangan dewasa ini,” ungkap Wamenag Zainut Tauhid, Jumat (25/3/) siang.

Wamenag menyampaikan, musabaqah bukan hanya festivalisasi. Katanya, musabaqah memiliki kontribusi efektif terhadap naiknya minat masyarakat dalam mempelajari Al-Qur’an.

“MHQH Tahun 2022 ini bukan hanya sekadar festivalisasi keagamaan semata, akan tetapi kegiatan ini juga telah memberikan dampak terhadap meningkatnya semangat umat Islam Indonesia untuk menghafal Al-Qur’an dan Al-Hadits,” tambahnya.

Hadir pula dalam kegiatan ini, Dubes Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Essam Abid Al-Thaqafy, Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin, dan Muhdhir Kantor Atase Agama Kedubes Arab Saudi, Ahmed bin Essa Al-Hazmy.

Dikutip dari kemenag,  para juara dari musabaqah yang diikuti 250 hafiz/hafizah terbaik dari seluruh Indonesia adalah sebagai berikut:

KATEGORI PUTRA
Cabang Hafalan Al-Qur’an

30 Juz adalah:
Juara 1: Zahran Auzan, Sumatera Utara.

Juara 2: Zulfa Ubaidillah Mufidh, Jawa Timur.

Juara 3: M. Azro’i Sitorus, Kepulauan Riau.

20 Juz adalah:
Juara 1: Bayu Wibisono Damanik, Riau.

Juara 2: Abdul Rosid, Banten.

Juara 3: M. Fatihul Karomy As-Sirah, Nusa Tenggara Barat.

15 Juz adalah
Juara 1: Ali Hamzah Al-Fansuri H, Kepulauan Riau.

Juara 2: Muhammad Insan Robbani, Jawa Barat.

Juara 3: Maulana Ali Akasyah, Bangka Belitung.

10 Juz adalah
Juara 1: Hasby Ramli, Nusa Tenggara Barat.

Juara 2: Sahrul M. Detuage, DKI Jakarta.

Juara 3: M. Farel Asyrofi, Banten.

Cabang Hafalan Hadits Kitab Umdatul Ahkam

Juara 1: Sulaiman, Jawa Tengah.

Juara 2: Muhammad Arfan, DKI Jakarta.

Juara 3: Muhammad Abdul Aziz, Jawa Tengah.

KATEGORI PUTRI
Cabang Hafalan Al-Qur’an

30 Juz adalah:
Juara 1: Sri Rahayu Lestari, Kepulauan Riau

Juara 2: Shofuroh, DKI Jakarta.

Juara 3: Durrotul Muqoffa, Jawa Tengah.

20 Juz adalah :
Juara 1: Nafisatul Millah, DKI Jakarta.

Juara 2: Annisa Salsabila, Banten.

Juara 3: Farah Abidah, Jawa Barat.

15 Juz adalah :
Juara 1: Maryam Ulyadi, Sumatera Barat.

Juara 2: Suaibah, Kalimantan Barat.

Juara 3: Nurul Iffah Khumaira, Sulawesi Tenggara.

10 Juz adalah :
Juara 1: Himmatul Ulya Raihana, Banten.

Juara 2: Siti Khoirotun Nufus, Banten.

Juara 3: Azizah Khoiriyyah, Jawa Barat.

Laporan : Amhar

Continue Reading

DUNIA ISLAM

Gelar Munas, SI Suarakan Filantropi dan Islam Kaafah

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Syarikat Islam (SI) menggelar Musyawarah Nasional Ulama yang dilaksanakan secara Luring dan Daring bertempat di Hotel Sofyan Cikini Jakarta pada Senin-Rabu (21-23/3/2022) akan mendiskusikan berbagai permasalahan Umat.

Menyoal permasalahan keummatan ini mulai dari filantropi Islam, pengembangan produk halal, pengembangan ekonomi syariah, Perafaban Islam Kaafah hingga membangun pasar Ekonomi berbasis syariah.

Ketua Panitia Pelaksana Munas Ulama SI K.H. Muhammad Sodikun menjelaskan, Munas yang mengambil tema sentral “Peran Ulama dalam Mengembangkan Peradaban Kaafah” ini dilaksanakan sebagai rangkaian menindaklanjuti Majelis Taklim/Kongres Nasional ke-41 Syarikat Islam.

Terkait Tema kali ini, Sodikun mengatakan, bahwa diusungnya tema ini untuk meneguhkan peran strategis para ulama untuk menghadirkan pemikiran-pemikiran strategis untuk membangun peradaban Islam yang kaafah

Sekjen Syarikat Islam, Dr. Ferry Juliantono dalam sambutan Pembukaan Munas Ulama SI mengungkapkan, Fokus Syarikat Islam (SI) ke depan lebih pada dakwah ekonomi dan membangun kemandirian dan kekuatan ekonomi umat

“Sebagaimana nilai dasar pembentukannya di tahun 1905, akan tetapi persyarikatan tidak akan pernah melupakan problem social yang hidup dalam realitas umat sehari-hari,” sambungnya.

Pada kesemoatan tersebut, Ferry juga ungkapkan “Kita berharap sekali dari sinilah kita akan mendapatkan satu arahan pedoman dalam rangka untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan organisasi ke depan dalam masa perjuangan masa pengabdian sampai dengan lima tahun yang akan datang ini

Lanjut sambutannya, Feri ungkapkan harapannya pada munas ini dihasilkan keputusan, fatwa dan arahan dari Majelis Syar’i SI dalam rangka menghadapi transformasi perkembangan teknologi informasi saat ini yang sudah makin canggih, khususnya yang berdampak pada ekonomui umat.

Munas yang digelar untuk menyusun kepengurusan Majelis Syar’i SI ini dibuka oleh Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi mewakili Menteri Agama RI yang sedang bertugas di Arab Saudi, dan dihadiri oleh 99 ulama secara luring dan lebih dari 200 ulama hadir secara daring. (Amhar)

Continue Reading

Trending