Connect with us

Info TNI/Polri

Pangkoarmada I : Hari ini, Kita Fokus Menemukan Korban Pesawat Sriwijaya

Published

on

JanoerKoening, Jakarta – Hari ini Kamis, 14 Januari 2021, Panglima Koarmada I Laksda TNI Abdul Rasyid K, S.E., M.M. memimpin langsung pencarian Pesawat Sriwijaya Air bernomor register PK-CLC dengan nomor penerbangan SJ-182 rute Jakarta-Pontianak.

Diketahui, Pesawat Sriwijaya yang hilang kontak pada Sabtu pukul 14.40 WIB pekan lalu dan jatuh di antara Pulau Lancang dan Pulau Laki, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Sejak Operasi SAR ini dibuka oleh Basarnas, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) mengerahkan sejumlah Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) serta tim Penyelam TNI AL yang terdiri dari Komando Pasukan Katak (Kopaska), Intai Amfibi Marinir (Taifib)

“Tak lupa TNI AL juga kerahkan Penyelam Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Koarmada I untuk membantu pencarian pesawat yang jatuh tersebut,” ungkap Pangkoarmada I.

Dia jelaskan, Unsur-unsur KRI TNI Angkatan Laut membantu Basarnas yang tergabung dalam Tim Gabungan untuk melakukan Search and Resque (SAR) Pesawat Sriwijaya Air nomor penerbangan SJ 182 rute Jakarta-Pontianak yang dilaporkan lost contact.

Pangkoarmada I. Mengatakan, hal ini sesuai arahan Kasal, Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M. yang memberikan semangat dan dukungan penuh kepada seluruh prajurit di lapangan dengan meninjau langsung proses pencarian di lokasi.

“Untuk itu, TNI AL langsung mengerahkan KRI dari Komando Armada I, KRI Teluk Teluk Gilimanuk-531 yang mengangkut Tim Penyelam TNI AL untuk membantu pelaksanaan Operasi SAR yang digelar oleh Basarnas,” ujarnya

Pangkoarmada I menambahkan,
Kemudian, KRI R.E. Martadinata-331, KRI Tjiptadi-381, KRI Teluk Cirebon-543, KRI Parang-647, KRI Kurau-856, KRI Tenggiri-865, KRI Cucut-886, serta Rigid Hull Inflatable Boat (RHIB) Denjaka, Kopaska, Taifib dan Dislambair juga membantu melakukan pencarian di tempat jatuhnya pesawat SJ 182.

Selain Itu, TNI AL mengerahkan KRI Rigel-933 yang merupakan kapal survei hidro-oseanografi yang memiliki beragam perlengkapan canggih dengan kategori multipurpose research vessel (MPRV).

“Secara umum, dalam misi SAR bawah laut, KRI Rigel-933 menggunakan empat alat yang dioperasikan bergantian, yakni multibeam echosounder, magnetometer, side scan sonar, dan ROV,” urai Pangkoarmada I.

Tercatat dari hari pertama, Tim Gabungan SAR berhasil mengevakuasi bagian tubuh korban dan serpihan pesawat.

Pada Selasa (12/1) petang, salah satu bagian dari kotak hitam yakni Flight Data Recorder (FDR) atau rekaman data penerbangan telah ditemukan tim Gabungan Penyelam dari TNI Angkatan Laut dan sudah diserahkan kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) oleh Panglima TNI, Marsekal TNI Dr. (H.C) Hadi Tjahjanto, S.I.P. di Dermaga JICT, Jakarta.

“Kini Tersisa Voice Cockpit Recorder (VCR) atau rekaman pembicaraan pilot yang masih dilakukan pencarian,” kata Pangkoarmada I.

Berdasarkan data manifest, pesawat jenis Boeing 737-500 yang diproduksi tahun 1994 itu membawa 62 orang terdiri atas 50 penumpang dan 12 orang kru.

Dari jumlah tersebut, 40 orang dewasa, tujuh anak-anak, tiga bayi. Sedangkan 12 kru terdiri atas, enam kru aktif dan enam kru ekstra.

Pangkoarmada I menyebut, bahwa misi pencarian ini merupakan misi kemanusiaan, pencarian tetap kita fokuskan terhadap korban, apapun yang kita temui di bawah selalu diupayakan untuk diangkat.

“Terhadap Voice Cockpit Recorder (VCR) ada tim khusus yang tetap mengupayakan pencarian juga”. Pungkas Pangkoarmada I menutupnya. (Amhar)

Continue Reading

Info TNI/Polri

Terkait Survai Kinerja Polri, 57% Responden Tidak Puas

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Bertempat di Cafe Pondok Rangi Percetakan Negara, Jakarta Pusat. Hari ini Sabtu 8 Mei 2021, Etos Indonesia Institute mengungkapkan hasil survei nasional terkait kinerja institusi Polri di bawah kepemimpinan Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Survey terkait kinerja Kepolisian Republik Indonesia menunjukkan 57% responden menunjukkan ketidakpuasan atas kinerja Polri, sementara 38 persen merasa puas, dan 5 persen lainnya tidak menjawab.

Survei dilakukan pada tanggal 1-22 Maret 2021 dengan jumlah responden sebanyak 2.000 orang berusia dari 17 tahun hingga 51 tahun ke atas, berasal dari 6 kota besar di Indonesia yakni Jakarta, Surabaya, Semarang, Medan, Makassar dan Bandung.

Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka, menggunakan metode pengumpulan data primer memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada responden. Dengan margin error 1,27 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Menyikapi survai tersebut, Kepala Bagian Penerangan Umum, Komisaris Besar Polisi Ahmad Ramadhan mengaku menerima survei tersebut sebagai masukan bagi Polri. Kritik masyarakat kepada Polri menandakan masyarakat peduli dengan Polri.

Menurutnya, survei yang disampaikan sebagai masukan untuk pembenahan Polri ke depan. Karna survei itu untuk mengetahui keinginan masyarakat terhadap Polri yang lebih baik. Hal ini menunjukkan masyarakat terus berharap kepada Polri untuk menjadi lebih baik.

“Polri itu pelayan publik tugas kita melayani publik wajar kalau publik yang dilayani menginginkan pelayanan yang baik, pelayanan terhadap keamanan pelayanan terhadap penegakan hukum sehingga ketika masyarakat yang dilayani merasa tidak puas sebuah hal yang wajar untuk memberikan saran dan kritikan,” pungkas Ramadhan. (Amhar)

Continue Reading

Info TNI/Polri

Wakasad Sambut Kedatangan Satgas Bencana Banjir Bandang Adonara

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjend TNI Bakti Agus Fadjari, S.Ip., M.Si., menyambut kedatangan Satuan Tugas (Satgas) Tanggap Darurat Bencana Banjir Bandang Adonara Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sambutan tersebut melalui upacara militer yang berlangsung di lapangan upacara Satuan Angkutan Air (Satangair) Pusat Perbekalan dan Angkutan TNI AD (Pusbekangad), Tanjung Priok Jakarta, Sabtu (8/5/2021).

Selanjutnya setelah turun dari kapal, para personel melaksanakan Tes Swab Antigen untuk memastikan tidak terjangkiti Covid-19, baru kemudian melaksanakan kegiatan berikutnya.

Dalam sambutannya Wakasad menyampaikan bahwa tugas Satgas sangat mulia, Saya merasa bangga atas kerja keras, semangat serta dedikasi yang tinggi dari seluruh personel

“Sehingga kerja keras Satgas mendapat apresiasi dari Pemerintah Daerah dan masyarakat setempat, hal ini akan sangat membekas dihati masyarakat,” ungkap Wakasad.

“Saya mewakili Bapak Kasad mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh personel Satgas yang telah melaksanakan tugas di daerah bencana Adonara dan selamat kembali ke satuan masing-masing,” tutup Wakasad.

Turut hadir dalam penerimaan tersebut Irjenad, Asops Kasad, Kapushubad, Kapusziad, Wakapusbekang, Kadispenad, Dansatangair, Dandim Jakarta Utara dan para pejabat Pusbekangad. (Amhar)

Continue Reading

Info TNI/Polri

Walikota Bandung Terima 1 Unit Sepeda Lipat Oscar

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Penyerahan Unit Sepeda Lipat Oscar kepada Wali Kota Bandung berlangsung di Ruang tengah Balai Kota, Kantor Walikota Bandung Jl. Wastu Kencana No. 2, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (6//5/2021).

Bengpuspal Puspalad menyerahkan 1 Unit sepeda lipat Oscar yang merupakan hasil inovasi Personel Bengpuspal Puspalad yang diserahkan kepada Wali Kota Bandung H. Oded Muhammad Danial, S.A.P.

Wakabengpuspal Puspalad, Letkol Cpl Drs. Dedi Murdianto, M.M sebagai perwakilan Bengpuspal Puspalad dalam penyerahan sepeda lipat Oscar tersebut.

Kegitan ini sebagai wujud silaturahmi menjaga hubungan yang baik antara satuan Bengpuspal Puspalad dengan jajaran Pemkot Bandung dan masyarakat sekitarnya. (Amhar)

Continue Reading

Trending