Connect with us

Info TNI/Polri

Fachrul Razi Harap, Kapolri Baru Dipilih Melalui Mekanisme yang Sehat

Published

on

JanoerKoening, Jakarta – Ketua Komite I DPD RI, Fachrul Razi, berharap Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) yang baru nanti harus terpilih melalui mekanisme yang sehat dan sesuai dengan profesionalisme yang dibangun institusi kepolisian.

Dikatakan Fachrul, mekanisme yang sehat itu dengan melihat faktor-faktor obyektif, kecakapan dan merit sistem.

“Penentuan calon harus mengabaikan faktor subyektif, yang menyangkut wilayah personal seseorang,” ujar Fachrul dalam keterangan tertulisnya, Selasa (29/12/2020)

Ia menambahkan, jika profesionalisme di institusi kepolisian yang hendak dibangun, maka semua proses di dalamnya juga harus profesional. Ketentuan itu termasuk dalam seleksi calon Kapolri.

“Dan yang sudah terbukti profesional adalah pola dengan merit sistem. Karena mendasarkan kepada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar. Adil dan wajar itu berarti tanpa membedakan latar belakang pribadi dan SARA,” tukasnya.

Fachrul Razi menegaskan, Indonesia sudah final sebagai sebuah negara dengan ideologi Pancasila, dan mengakui kebhinekaan. Tentu harus mengabaikan unsur suku, agama, ras dan golongan.

“Sudah tidak ada lagi subyektifitas Jawa, Luar Jawa atau Islam atau Kristen dan sebagainya,” tambahnya.

Karena itu Senator asal Aceh ini berharap dewan jabatan tinggi di Kepolisian, maupun Presiden Joko Widodo dapat melihat dengan pendekatan obyektifitas dalam memilih calon pengganti Kapolri Jenderal Idham Aziz yang akan memasuki masa pensiun.

Sebelumnya, wakil ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni menyatakan pihaknya sampai saat ini masih menunggu surat dari Presiden Joko Widodo terkait daftar nama calon pengganti Kapolri Jenderal Idham Azis.

Sahroni mengaku, Komisi III hingga saat ini belum menerima informasi terkait kapan Jokowi bakal menyerahkan surat tersebut, meski masa jabatan Idham akan habis tak lebih dari sebulan ke depan.

Sejumlah nama jenderal bintang tiga mulai muncul dalam bursa calon Kapolri, seiring masa jabatan Idham yang akan purna pada akhir Januari 2021.

Mereka di antaranya: Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar, Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo, dan Kabaharkam Komjen Agus Andrianto. (Amhar)

Continue Reading

Info TNI/Polri

Menang Mutlak!  Sertu Ghalatry Sonny Rebut Sabuk Emas KASAD Kejuaraan Tinju Internasional

Published

on

By

Janoerkoening, Jakarta – Ghalatry Sonny MS petinju Indonesia berhasil meraih Sabuk Asian Boxing Federation (ABF) dan Sabuk Emas Kasad, setelah dinyatakan menang angka mutlak atas petinju asal Thailand Chanon Sankam pada Kejuaraan Tinju Internasional ABF Kelas Bulu Junior 55,3 Kg yang digelar di Gedung Balai Sarbini Jakarta Selatan. (Jumat, 16/9/2022).

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman menyematkan secara langsung Sabuk Emas Kasad kepada Sertu Ghalatry Sonny MS yang berasal dari Kodam III/Siliwangi. Dengan kemenangan ini catatan rekor Ghalatry menjadi 6 kali menang dan 7 kali kalah (6-7-0, 3 KO) semenjak terjun ke dunia tinju profesional di tahun 2015.

Dalam sambutannya, Jenderal Dudung mengatakan bahwa gelar kejuaraan tinju internasional yang diikuti oleh petinju-petinju dari tiga negara di kawasan Asia Tenggara ini, merupakan salah satu upaya untuk membangkitkan dunia tinju Indonesia agar bisa bergairah dan bersemangat kembali.

“Juga menjadi arena untuk melahirkan petinju-petinju tangguh, andal dan bermental juara, yang kedepannya dapat tampil di level yang lebih tinggi dan bergengsi yang bisa mengharumkan nama Indonesia,” katanya.

Selain partai Tinju Internasional ABF Kelas Bulu Junior 55,3 Kg, kejuaraan tinju internasional yang dipromotori oleh H. Welly Koto, S.H., ini, juga menampilkan partai tinju memperebutkan Sabuk World Boxing Council (WBC) Asia Continental dan lima partai tinju perebutan tingkat nasional serta partai-partai tinju non title versi Asosiasi Tinju Indonesia (ATI) Pusat.

“Saya senang petinju Indonesia yang menang, sehingga petinju Angkatan Darat ada yang menyandang gelar juara internasional,” ungkap Welly Koto sang promotor (Amhar).

Continue Reading

Info TNI/Polri

Peringati HUT Ke-77 TNI AL, Panglima Perkasa Resmikan NAVAL Expo 2022

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Naval Expo 2022 merupakan pameran industri kemaritiman yang digelar TNI Angkatan Laut (AL) sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT Ke-77 TNI AL yang jatuh pada tanggal 10 September 2022.

NAVAL EXPO 2022 akan digelar selama delapan hari, 11 – 18 September 2022, pada pukul 09.00—20.00 WIB, di Gedung Balai Samudera, Jakarta Utara, yang dapat dihadiri secara GRATIS oleh pengunjung. Pameran ini akan diikuti oleh Komando Utama (Kotama) TN\ AL dengan memamerkan teknologi alut sista, dari industri maritim nasional (48 indoor) dan (7 outdoor), BUMN, serta swasta.

Pameran industri kemaritiman Naval Expo 2022 dibuka secara simbolis oleh Panglima TNI Jenderal Andika, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, dan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono dengan menekan tombol bersama dan dimeriahkan dengan atraksi kembang api.

“Dengan mengucapkan bismillahirahmanirrahim, hari ini, Minggu 11 September 2022, pameran industri kemaritiman Naval Expo Tahun 2022 secara resmi, saya nyatakan dibuka,” ungkap Panglima saat membuka secara simbolis Naval Expo 2022 di Balai Samudera, Jakarta, Minggu malam.

Dalam kesempatan itu, tampak pula hadir Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat sebagai ketua panitia penyelenggara.

Naval Expo 2022 merupakan pameran industri kemaritiman yang digelar TNI Angkatan Laut (AL) sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT Ke-77 TNI AL yang jatuh pada tanggal 10 September 2022. Jenderal Andika pun menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada TNI AL.

Kegiatan ini digelar TNI AL sebagai salah satu wujud penghargaan kepada masyarakat dan industri maritim nasional karena kemajuan yang dicapai TNI AL dari berdirinya pada tanggal 10 September 1945, yang saat itu bernama Badan Keamanan Rakyat (BKR) Laut, hingga saat ini tidak lepas dari peran dan kontribusi industri maritim nasional.

Selama pameran berlangsung, akan diselenggarakan gelar wicara atau talk show dari industri kemaritiman, Klinik Medifit dari dokter spesialis olahraga, pertunjukan kesenian dari Kotama TNI AL Jakarta, organisasi istri prajurit TNI AL Jalasenastri, dan tari tradisional dari Suku Dinas Kebudayaan DKI Jakarta.

Selain menjadi ajang untuk pameran alutsista agar diketahui oleh masyarakat, Naval Expo 2022 juga digelar sebagai tempat untuk pameran produk-produk kelautan dan kemaritiman sehingga dapat menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luas serta penggunanya.

Naval Expo 2022 merupakan wahana bagi UMKM untuk mempromosikan produk-produknya, termasuk karya-karya ibu-ibu Jalasenastri jajaran TNI AL seluruh penjuru Nusantara.

Ini merupakan bagian dari peran aktif dan langkah nyata TNI AL dalam menyukseskan program pemerintah untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat. (Amhar)

Continue Reading

Info TNI/Polri

Pengamanan Presidensi G-20, Polresta BSH Gelar Apel Gabungan

Published

on

By

Janoerkoening, Bandara Soekarno-Hatta – Kepolisian Resort Kota Bandar Udara Soekarno-Hatta (Polresta BSH) bersama unsur pengamanan dan intelijen melaksanakan Apel Gabungan Gelar Pasukan Pengamanan G-20 di Lapangan Apel Garuda City Centre (GCC) Bandara Soekarno-Hatta, Selasa, 6 September 2022.

Apel ini dipimpin langsung Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta (BSH), Kombes Pol Sigit Dany Setiyono.

Hadir dalam apel ini pimpinan dan perwakilan instansi terkait pelayanan Bandara Soekarno-Hatta, seperti Angkasa Pura II, Kantor Pelayanan Bea Cukai, Kantor Imigrasi, Kodim 0504 Tangerang, Basarnas, Kantor Kesehatan, Balai Karantina, Pasukan Gegana, Korbrimob Polri, dan Batalyon 302 Mekanis.

Dalam pernyataaannya, Kombes Pol Sigit Dany Setiyono mengungkapkan, Apel ini merupakan langkah konkret dalam menjamin dan memastikan kesiapan Bandara Soekarno-Hatta dalam memberikan standar tertinggi pada aspek keamanan, keselamatan, serta kenyamanan bagi setiap peserta G-20 yang tiba maupun berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

“Melalui apel gabungan ini pula, diharapkan dapat terjalin komunikasi, koordinasi, serta kolaborasi yang intens dan solid antar personel masing-masing instansi di semua level. Pada apel gabungan ini juga digelar peralatan perlengkapan dan kendaraan yang dapat menunjukkan kesiapsiagaan sumber daya yang kita miliki dalam mengantisipasi setiap dinamika yang terjadi,” jelas Kombes Pol Sigit Dany dalam amanatnya.

Kombes Pol Sigit Dany juga menjelaskan, tahun 2022 menjadi salah satu tahun yang sangat penting bagi Indonesia, karena setelah dua tahun berjuang mengahadapi pandemi COVID-19, Indonesia telah menunjukkan keberhasilan bahkan dinilai sebagai salah satu negara terbaik dalam penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi nasional. “Pada saat yang bersamaan, Indonesia juga mendapatkan penghormatan dari dunia internasional dengan dipercayanya Indonesia untuk mengemban Presidensi G-20,” katanya.

Dalam pertemuan pimpinan-pimpinan negara anggota G-20 itu ada 50 events dan 155 meetings yang telah dan akan terus berlangsung sepanjang tahun 2022, yang telah dimulai sejak awal bulan Januari sampai nantinya mencapai puncaknya pada acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 pada tanggal 15 November 2022 di Bali.

“Para pimpinan dan peserta apel yang saya banggakan, Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebagai salah satu entry point, merupakan pintu gerbang utama Indonesia yang menjadi spotlight dari seluruh negara peserta G-20 yang hadir, sekaligus menentukan first impression (kesan pertama) terhadap kesiapan Indonesia dalam menggelar agenda bertaraf internasional ini sejak para peserta mendarat dan menginjakkan kaki di Bumi Nusantara. Dalam konteks ini, faktor keamanan dan keselamatan tidak dapat terpisahkan dari keberhasilan penyelenggaraan agenda demi agenda,” ungkap Kombes Pol Sigit Dany dalam amanatnya.

“Bahkan faktor keamanan dan keselamatan merupakan faktor utama yang menjadi fondasi bagi kenyamanan maupun keberhasilan seluruh perencanaan dan pelaksanaan rangkaian kegiatan. Berangkat dari kesadaran tersebut, maka pada hari ini kita menyelenggarakan Apel Gabungan Kesiapan Pengamanan G-20 yang melibatkan seluruh aktor pengemban fungsi keamanan beserta komunitas intelijen dan seluruh elemen pendukung,” tegasnya.

Untuk mencapai kesamaan persepsi dan penguasaan teknis-taktis operasional baik di level pimpinan sampai level pelaksana di lapangan, Kombes Pol Sigit Dany berharap apel gabungan ini dapat ditindaklanjuti dengan adanya Gladi Rangka dan Gladi Lapang sebagai simulasi penanganan kontijensi baik pada skala parsial maupun integral, yang dilaksanakan dalam waktu dekat.

Di penghujung amanatnya, atas nama seluruh pimpinan otoritas Bandara Soekarno Hatta, Kombes Pol Sigit Dany mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh instansi dan pihak-pihak yang mendukung keberhasilan apel gabungan tersebut.

“Bersama-sama mari kita tingkatkan kesiapan dan kemampuan pengemban fungsi keamanan dan intelijen dalam menjamin terselenggaranya agenda G-20 secara aman dan nyaman,” katanya, menutup. (Amhar)

Continue Reading

Trending