Connect with us

Info TNI/Polri

Pangdam XII/Tpr Resmikan Laboratorium PCR dan Ruang Hemodialisa Kartika Husada

Published

on

JanoerKoening, Kubu Raya – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad hari ini
Selasa 10 November 2020 meresmikan Laboratorium PCR dan Ruang Hemodialisa di Rumah Sakit TK. II Kartika Husada, Kesdam XII/Tpr. wilayah Kalimantan Barat,

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita Ruang Laboratorium PCR oleh Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dan pemotongan pita di Ruang Hemodialisa oleh Kadinkes Kalbar dr. Harisson, M.Kes.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dalam sambutannya menyampaikan, saat ini keberadaan Rumah Sakit sangat dibutuhkan oleh masyarakat termasuk Rumah Sakit TK. II Kartika Husada, pasien yang dilayani rumah sakit ini cukup banyak, bukan hanya Prajurit, PNS dan keluarganya saja

“Tetapi juga masyarakat umum sehingga volume tugas yang harus diemban oleh Rumah Sakit TK. II Kartika Husada semakin besar,” tambahnya.

Disampaikan Pangdam juga, terlebih kondisi sekarang ini dengan mewabahnya Covid-19 menjadi suatu ancaman yang dapat melemahkan potensi sumber daya manusia Indonesia, khususnya masyarakat Pontianak dan sekitarnya

“Sehingga diperlukan adanya metode pemeriksaan medis untuk mengetahui adanya Covid-19 dalam tubuh seseorang yaitu pemeriksaan Swab Test PCR,” ujarnya.

Lebih lanjut, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengatakan, Swab Test dan PCR tak terpisahkan dalam metode tes untuk menegaskan dianogsa Covid-19. Swab Test merupakan suatu cara untuk memperoleh sampel yang dilakukan pada nasofaring atau orofaring.

“Sedangkan PCR (Polymerase Chain Reaction) merupakan metode pemeriksaan Virus SARS CoV-2 dengan mendeteksi DNA Virus, yang hasil uji akan mengetahui seseorang positif atau negatif SARS CoV-2.,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan diresmikannya Laboratorium PCR untuk Covid-19 tentunya akan membantu dan mempercepat dalam mendeteksi sejak dini penderita Covid-19, sehingga pengobatan terhadap pasien akan lebih terarah dan terukur, kata Jenderal Bintang Dua ini.

Selain peresmian Laboratorium PCR, kata Pangdam, juga diresmikan Ruang Hemodialisa yang nantinya akan sangat membantu bagi penderita gagal ginjal dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya.

Dia tambahkan, sarana dan prasarana pendukung Hemodialisa sangat dibutuhkan dihadapkan dengan semakin meningkatnya jumlah penderita gagal ginjal di Indonesia.

“Setelah diresmikannya Laboratorium PCR dan Ruang Hemodialisa ini, diharapkan Rumah Sakit TK. II Kartika Husada dapat meningkatkan kualitas pelayanan terbaik kepada para pasien Prajurit TNI dan PNS beserta keluarganya maupun kepada masyarakat,” harap Pangdam.

Hal tersebut, kata Pangdam juga sangat sesuai dengan Visi Rumah Sakit TK. II Kartika Husada yaitu “Menjadi Rumah Sakit Pilihan Pertama dan Kebanggaan Bagi Prajurit TNI, PNS Kemhan dan Keluarganya serta Masyarakat Umum di Wilayah Kalimantan Barat.”

Jenderal Bintang Dua ini berharap kepada seluruh jajaran Rumah Sakit TK. II Kartika Husada, agar fasilitas yang hari ini akan diresmikan dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin

“Pelihara dan rawatlah sarana prasarana yang tersedia dengan baik agar masa pakainya lebih lama, serta tetap dapat memberikan pelayanan terbaik bagi pasien,” tutup Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

Hadir dalam acara peresmian, Kapoksahli Kodam XII/Tpr Brigjen TNI Widhioseno, Kadinkes Kalbar dr. Harisson, M.Kes., Karumkit Tk. II Kartika Husada Kolonel Ckm dr. Noerjanto Rahardjo, Sp.PD, FINASIM, PJU Kodam XII/Tpr, Kabid Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kubu Raya Darmawansyah. (Amhar)

Continue Reading

Info TNI/Polri

Terkait Survai Kinerja Polri, 57% Responden Tidak Puas

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Bertempat di Cafe Pondok Rangi Percetakan Negara, Jakarta Pusat. Hari ini Sabtu 8 Mei 2021, Etos Indonesia Institute mengungkapkan hasil survei nasional terkait kinerja institusi Polri di bawah kepemimpinan Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Survey terkait kinerja Kepolisian Republik Indonesia menunjukkan 57% responden menunjukkan ketidakpuasan atas kinerja Polri, sementara 38 persen merasa puas, dan 5 persen lainnya tidak menjawab.

Survei dilakukan pada tanggal 1-22 Maret 2021 dengan jumlah responden sebanyak 2.000 orang berusia dari 17 tahun hingga 51 tahun ke atas, berasal dari 6 kota besar di Indonesia yakni Jakarta, Surabaya, Semarang, Medan, Makassar dan Bandung.

Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka, menggunakan metode pengumpulan data primer memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada responden. Dengan margin error 1,27 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Menyikapi survai tersebut, Kepala Bagian Penerangan Umum, Komisaris Besar Polisi Ahmad Ramadhan mengaku menerima survei tersebut sebagai masukan bagi Polri. Kritik masyarakat kepada Polri menandakan masyarakat peduli dengan Polri.

Menurutnya, survei yang disampaikan sebagai masukan untuk pembenahan Polri ke depan. Karna survei itu untuk mengetahui keinginan masyarakat terhadap Polri yang lebih baik. Hal ini menunjukkan masyarakat terus berharap kepada Polri untuk menjadi lebih baik.

“Polri itu pelayan publik tugas kita melayani publik wajar kalau publik yang dilayani menginginkan pelayanan yang baik, pelayanan terhadap keamanan pelayanan terhadap penegakan hukum sehingga ketika masyarakat yang dilayani merasa tidak puas sebuah hal yang wajar untuk memberikan saran dan kritikan,” pungkas Ramadhan. (Amhar)

Continue Reading

Info TNI/Polri

Wakasad Sambut Kedatangan Satgas Bencana Banjir Bandang Adonara

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjend TNI Bakti Agus Fadjari, S.Ip., M.Si., menyambut kedatangan Satuan Tugas (Satgas) Tanggap Darurat Bencana Banjir Bandang Adonara Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sambutan tersebut melalui upacara militer yang berlangsung di lapangan upacara Satuan Angkutan Air (Satangair) Pusat Perbekalan dan Angkutan TNI AD (Pusbekangad), Tanjung Priok Jakarta, Sabtu (8/5/2021).

Selanjutnya setelah turun dari kapal, para personel melaksanakan Tes Swab Antigen untuk memastikan tidak terjangkiti Covid-19, baru kemudian melaksanakan kegiatan berikutnya.

Dalam sambutannya Wakasad menyampaikan bahwa tugas Satgas sangat mulia, Saya merasa bangga atas kerja keras, semangat serta dedikasi yang tinggi dari seluruh personel

“Sehingga kerja keras Satgas mendapat apresiasi dari Pemerintah Daerah dan masyarakat setempat, hal ini akan sangat membekas dihati masyarakat,” ungkap Wakasad.

“Saya mewakili Bapak Kasad mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh personel Satgas yang telah melaksanakan tugas di daerah bencana Adonara dan selamat kembali ke satuan masing-masing,” tutup Wakasad.

Turut hadir dalam penerimaan tersebut Irjenad, Asops Kasad, Kapushubad, Kapusziad, Wakapusbekang, Kadispenad, Dansatangair, Dandim Jakarta Utara dan para pejabat Pusbekangad. (Amhar)

Continue Reading

Info TNI/Polri

Walikota Bandung Terima 1 Unit Sepeda Lipat Oscar

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Penyerahan Unit Sepeda Lipat Oscar kepada Wali Kota Bandung berlangsung di Ruang tengah Balai Kota, Kantor Walikota Bandung Jl. Wastu Kencana No. 2, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (6//5/2021).

Bengpuspal Puspalad menyerahkan 1 Unit sepeda lipat Oscar yang merupakan hasil inovasi Personel Bengpuspal Puspalad yang diserahkan kepada Wali Kota Bandung H. Oded Muhammad Danial, S.A.P.

Wakabengpuspal Puspalad, Letkol Cpl Drs. Dedi Murdianto, M.M sebagai perwakilan Bengpuspal Puspalad dalam penyerahan sepeda lipat Oscar tersebut.

Kegitan ini sebagai wujud silaturahmi menjaga hubungan yang baik antara satuan Bengpuspal Puspalad dengan jajaran Pemkot Bandung dan masyarakat sekitarnya. (Amhar)

Continue Reading

Trending