Connect with us

Info TNI/Polri

47 Satgas TMMD ke 109 Berikan Pengabdian Untuk Negeri di Ujung Tahun 2020

Published

on

Melansir, tniad.mil.id, Jakarta – Sebanyak 47 Kodim (Satgas TMMD) di 15 Kodam jajaran TNI AD siap memberikan pengabdian terbaiknya untuk negeri di ujung tahun 2020 ini melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) berupa Operasi Bakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral bersama Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemerintah Daerah serta Komponen Masyarakat sebagai upaya untuk mendukung percepatan pembangunan di daerah.

Hal ini disampaikan Asisten Teritorial (Aster) Kasad selaku Pati Bidang Perencanaan Penanggung Jawab Operasional (PJO) TMMD, Mayjen TNI Nurchahyanto saat membuka dan memimpin Rakornis TMMD ke 109 melalui video conference di Gedung E, Puskodalad Mabesad, Jakarta Pusat, Kamis (3/9/2020).

Pada Rakornis dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dan diikuti secara tersebar di Puskodal masing-masing Kotama dan Kodim itu, Mayjen TNI Nurchahyanto menyampaikan bahwa TMMD ke 109 akan dilaksanakan selama 30 hari (22 September – 21 Oktober 2020) dan dilaksanakan secara serentak di 47 Kabupaten/Kota, dengan mengerahkan 7050 prajurit yang tergabung pada 47 Satgas TMMD.

“Seharusnya ada 50 Satgas yang akan melaksanakan TMMD ke 109, namun ada tiga Satgas TMMD yaitu Kodim 0803/Madiun, Kodim 0820/Probolinggo, dan Kodim 1307/Poso yang tidak dapat melaksanakan karena adanya pengalihan anggaran oleh Pemda setempat untuk penanganan Covid-19,” katanya.

Dengan mengusung tema “TMMD Pengabdian Untuk Negeri”, disampaikan lebih lanjut oleh Aster Kasad bahwa TMMD ke 109 merupakan TMMD terakhir di tahun 2020, dengan sasaran prioritas terutama kepada daerah miskin tertinggal, terisolir dan terpencil, daerah kumuh perkotaan, daerah perbatasan dan pulau terluar, serta daerah yang terkena dampak bencana alam.

“Untuk itu saya tekankan agar dalam pelaksanaannya dilakukan koordinasi yang baik dengan semua pihak, sehingga terjalin sinergitas untuk mengoptimalkan hasil TMMD yang tepat sasaran dalam mewujudkan Desa TMMD sebagai percontohan desa yang berwawasan kebangsaan,” ucapnya.

Selain disampaikan materi pembekalan oleh narasumber dari dua kementerian yaitu Kemendagri RI dan Kemenkes RI yang akan dipedomani dalam pelaksanaan TMMD, pada Rakornis ini juga disampaikan penyerahan piala dan hadiah Lomba Karya Jurnalistik TMMD ke 108 tahun 2020 untuk katagori Kapendam, Dansatgas TMMD 108, wartawan media cetak dan online, serta wartawan media elektronik.

“Lomba ini sebagai apresiasi dan motivasi kepada rekan media dalam mempublikasikan kegiatan TMMD sehingga dapat diketahui oleh masyarakat di seluruh Indonesia,” ujarnya.

“Ucapan terima kasih, juga kami sampaikan kepada Pemerintah Daerah dan semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan TMMD sampai yang ke 109 ini. Semoga kerja sama dapat dilaksanakan secara berkesinambungan dan hasil TMMD semakin meningkat dan optimal serta dapat bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya.

Rakornis TMMD ke 109 tersebut, dihadiri oleh Waaster Panglima TNI, para Pejabat TNI dan Polri, Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Desa Kemendagri, Kasub Bid Fasilitas Pemulihan Awal Puskrisis Kemenkes RI, para perwakilan Dirjen Kementerian RI, serta diikuti oleh para Kasdam, Aster Kasdam, Kapendam, Bupati, Walikota, Ketua DPRD, Kepala Bappeda, serta para Dansatgas TMMD ke 109. (Amhar)

Continue Reading

Info TNI/Polri

Kasad Pimpin Apel Danrem dan Dandim Terpusat Tahun 2020

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa memimpin acara Apel Danrem Dandim Terpusat TNI AD Tahun 2020, bertempat di Lantai Dasar Gedung E Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad).

Demikian, hal itu disampaikan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Nefra Firdaus dalam keterangan rilisnya di Jakarta, Kamis (12/11/2020).

Dijelaskan oleh Kadispenad bahwa tujuan Apel Danrem Dandim yang digelar pada akhir tahun ini sebagai sarana penyampaian informasi dan silaturahmi.

“Sekaligus sebagai sarana evaluasi kegiatan yang telah dilakukan, dengan harapan pelaksanaan tugas di satuan teritorial kedepan semakin optimal,” ujar Kadispenad.

Kegiatan Apel Danrem Dandim dilaksanakan selama satu hari 12 November 2020, dengan mengusung tema “TNI AD Siap Mendukung Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Covid-19, Pemulihan Ekonomi dan Menyukseskan Pilkada Serentak 2020”.

Dalam pengarahannya Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa mengingatkan kepada para komandan satuan agar selalu menjaga kesehatan diri, keluarga dan anggota masing-masing dengan cara melaksanakan olahraga secara rutin setiap hari dan menerapkan pola hidup sehat.

“Jaga kesehatan dirimu, keluarga dan anggotamu di satuan, laksanakan olahraga secara rutin dan terapkan pola hidup sehat. Para Komandan bertanggung jawab atas kondisi kesehatan anggota dan segera selesaikan apabila ada permasalahan di satuan,” ungkap Kasad.

Pelaksanaan Apel Danrem dan Dandim dibuka oleh Wakasad Letjen TNI M. Fachrudin mewakili Kasad yang saat itu sedang menerima kedatangan Menkopolhukam sebagai Keynote Speaker pada acara tersebut.

Kegiatan apel diikuti oleh 461 orang, terdiri dari Komandan Korem (Danrem), Komandan Kodim (Dandim) dan Aster Kotama/Balakpus serta Kasiter Korem.

Kegiatan ini diawali dengan olahraga jalan kaki bersama mengelilingi lapangan Mabesad dalam suasana santai, saling tegur sapa diantara peserta apel dengan suasana penuh kekeluargaan dan dilanjutkan dengan senam Body Combat.

Selain kegiatan olahraga apel Danrem dan Dandim diisi dengan ceramah pembekalan oleh Menko Polhukam RI, Prof. Dr. Mahfud MD tentang perkembangan situasi terkini bidang politik hukum dan keamanan.

Ada juga Ceramah oleh Komisioner KPU RI Ilham Saputra yang menyampaikan tentang penyelenggaraan Pilkada 2020, dalam kondisi bencana non alam Covid-19.

Sedangkan penceramah dari lingkungan TNI AD disampaikan oleh Danpuspomad Letjen TNI Dodik Widjanarko menyampaikan materi tentang keberhasilan Satuan Kewilayahan (Satkowil) dalam melaksanakan tugas, tidak diperoleh secara instan

Namun melalui proses pembinaan teritorial juga pembinaan satuan yang kreatif dan inovatif dari para komandan Satkowil disertai sekaligus dengan penyampaian materi evaluasi TMMD yang disampaikan oleh Irjenad, Mayjen TNI Benny Susianto. (Amhar).

Continue Reading

Info TNI/Polri

Yanto Eluay: Semangat Hari Pahlawan Berkibar Dalam Jiwa Anak – Anak Papua

Published

on

By

JanoerKoening, Jayapura – Antusiasme pelajar SD hingga SMP di wilayah Papua sangat tinggi dalam mengikuti lomba menggambar dan membaca puisi pada peringatan Hari Pahlawan tahun 2020.

Lomba yang dilaksanakan pada 7 hingga 10 November 2020 yang mengusung tema “Pahlawan Dalam Diriku”, diikuti oleh ratusan siswa-siswi SD dan SMP.

Kegiatan yang bertajuk lomba menggambar untuk anak kelas IV sampai kelas VI tingkat SD dan lomba baca puisi untuk anak usia SMP, diinisiasi oleh Organisasi Masyarakat (Ormas) Presidium Putra Putri Pejuang Pepera (P5) Provinsi Papua bekerjasama dengan Rumah Belajar Papua (Papua Hey)

Adapun acara lomba tersebut bertempat di Pendopo Igwa-Igwa Ondikeleuw Haleufoiteuw Hele Wabhouw, Jalan Bisteur Pos, Kampung Sereh, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

Ketua Presidium Putra Putri Pejuang Pepera (P5) Yanto Eluay, Selasa (10/11/2020) mengatakan, semangat yang ditunjukkan anak-anak pada lomba menggambar dan membaca puisi sangat luar biasa.

“Hal ini menunjukan bahwa semangat pahlawaan masih berkobar dalam jiwa anak Indonesia, khususnya anak-anak Papua,” ujarnya.

Dikatakan Yanto, kegiatan seperti ini harus sering dilaksanakan untuk menumbuhkan semangat kepahlawanan bagi anak-anak kita dan sangat bagus

“Karena bisa membangkitkan kesadaran siswa-siswi SD dan SMP akan kebesaran bangsa Indonesia dan Pahlawan Indonesia khususnya Pahlawan dari asal Papua,” imbuh Yanto Eluay.

Pria yang juga Ondofolo Kampung Sereh ini juga menyampaikan bahwa Papua memiliki pahlawan yang ikut memperjuangkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKR).

“Generasi muda dan anak-anak kita, baik itu dari tingkat SD sampai SMP harus memahami serta mengetahui siapa saja pahlawan Indonesia, khususnya pahlawan yang berasal dari Papua,” katanya.

Ditempat yang sama, Kasrem 172/PWY Kolonel Inf Achmad Fauzi menyampaikan bahwa lomba dalam memperingati Hari Pahlawan Nasional sangat penting dibuat guna menanamkan rasa kebangsaan kepada anak-anak Papua.

“Kepada generasi muda Papua khususnya anak-anak pelajar baik SD dan SMP untuk mencontoh semangat para pahlawan dalam merebut kemerdekaan dan membangun Indonesia khususnya Papua,” ajaknya.

Fauzi juga mengimbau, mari kita mencontoh dan menjiwai semangat para pahlawan yang telah gugur mendahului kita dengan terus belajar secara tekun untuk mencapai prestasi yang luar biasa

“Sehingga bangsa Indonesia dapat mencapai cita-cita nasional menjadi Indonesia Emas pada tahun 2045,” tambahnya.

Issabella Gloria salah satu peserta yang menjadi juara 1 lomba baca puisi merasa sangat bahagia dan gembira karena tidak menyangka dapat terpilih menjadi juara satu dalam lomba baca puisi yang diikuti oleh ratusan pelajar SMP di wilayah Jayapura dan Sentani.

Issabella berharap agar kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan sehingga dapat diikuti oleh seluruh pelajar baik tingkat SD maupun SMP yang ada di Papua.

“Kegiatan semacam ini dapat mengasah kemampuan sekaligus untuk menunjukan bahwa anak-anak Papua juga mampu berprestasi dalam bidang seni,” ucapnya.

Pemenang lomba menggambar pada peringatan hari pahlawan, Juara 1 Rifqy Alif Zulfadly dari SDN Inpres Bucen 2 Entrop, Juara 2 Muhammad Nabil Nur dari MI Al Ikhlas Doyo Baru, Juara 3 Sanice Massie.

Sedangkan lomba baca puisi, Juara 1 adalah Issabella dari SMP Papua Kasih, Juara 2 Richo dari SMP Papua Kasih dan Juara 3 Gadis Amelia Putri dari SMPN 1 Jayapura.

Para pemenang lomba menggambar dan baca puisi mendapatkan hadiah berupa Sepeda, Uang tunai dan Sertifikat. (Amhar)

Continue Reading

Info TNI/Polri

Pangdam XII/Tpr Resmikan Laboratorium PCR dan Ruang Hemodialisa Kartika Husada

Published

on

By

JanoerKoening, Kubu Raya – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad hari ini
Selasa 10 November 2020 meresmikan Laboratorium PCR dan Ruang Hemodialisa di Rumah Sakit TK. II Kartika Husada, Kesdam XII/Tpr. wilayah Kalimantan Barat,

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita Ruang Laboratorium PCR oleh Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dan pemotongan pita di Ruang Hemodialisa oleh Kadinkes Kalbar dr. Harisson, M.Kes.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dalam sambutannya menyampaikan, saat ini keberadaan Rumah Sakit sangat dibutuhkan oleh masyarakat termasuk Rumah Sakit TK. II Kartika Husada, pasien yang dilayani rumah sakit ini cukup banyak, bukan hanya Prajurit, PNS dan keluarganya saja

“Tetapi juga masyarakat umum sehingga volume tugas yang harus diemban oleh Rumah Sakit TK. II Kartika Husada semakin besar,” tambahnya.

Disampaikan Pangdam juga, terlebih kondisi sekarang ini dengan mewabahnya Covid-19 menjadi suatu ancaman yang dapat melemahkan potensi sumber daya manusia Indonesia, khususnya masyarakat Pontianak dan sekitarnya

“Sehingga diperlukan adanya metode pemeriksaan medis untuk mengetahui adanya Covid-19 dalam tubuh seseorang yaitu pemeriksaan Swab Test PCR,” ujarnya.

Lebih lanjut, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengatakan, Swab Test dan PCR tak terpisahkan dalam metode tes untuk menegaskan dianogsa Covid-19. Swab Test merupakan suatu cara untuk memperoleh sampel yang dilakukan pada nasofaring atau orofaring.

“Sedangkan PCR (Polymerase Chain Reaction) merupakan metode pemeriksaan Virus SARS CoV-2 dengan mendeteksi DNA Virus, yang hasil uji akan mengetahui seseorang positif atau negatif SARS CoV-2.,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan diresmikannya Laboratorium PCR untuk Covid-19 tentunya akan membantu dan mempercepat dalam mendeteksi sejak dini penderita Covid-19, sehingga pengobatan terhadap pasien akan lebih terarah dan terukur, kata Jenderal Bintang Dua ini.

Selain peresmian Laboratorium PCR, kata Pangdam, juga diresmikan Ruang Hemodialisa yang nantinya akan sangat membantu bagi penderita gagal ginjal dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya.

Dia tambahkan, sarana dan prasarana pendukung Hemodialisa sangat dibutuhkan dihadapkan dengan semakin meningkatnya jumlah penderita gagal ginjal di Indonesia.

“Setelah diresmikannya Laboratorium PCR dan Ruang Hemodialisa ini, diharapkan Rumah Sakit TK. II Kartika Husada dapat meningkatkan kualitas pelayanan terbaik kepada para pasien Prajurit TNI dan PNS beserta keluarganya maupun kepada masyarakat,” harap Pangdam.

Hal tersebut, kata Pangdam juga sangat sesuai dengan Visi Rumah Sakit TK. II Kartika Husada yaitu “Menjadi Rumah Sakit Pilihan Pertama dan Kebanggaan Bagi Prajurit TNI, PNS Kemhan dan Keluarganya serta Masyarakat Umum di Wilayah Kalimantan Barat.”

Jenderal Bintang Dua ini berharap kepada seluruh jajaran Rumah Sakit TK. II Kartika Husada, agar fasilitas yang hari ini akan diresmikan dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin

“Pelihara dan rawatlah sarana prasarana yang tersedia dengan baik agar masa pakainya lebih lama, serta tetap dapat memberikan pelayanan terbaik bagi pasien,” tutup Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

Hadir dalam acara peresmian, Kapoksahli Kodam XII/Tpr Brigjen TNI Widhioseno, Kadinkes Kalbar dr. Harisson, M.Kes., Karumkit Tk. II Kartika Husada Kolonel Ckm dr. Noerjanto Rahardjo, Sp.PD, FINASIM, PJU Kodam XII/Tpr, Kabid Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kubu Raya Darmawansyah. (Amhar)

Continue Reading

Trending