Connect with us

Info TNI/Polri

47 Satgas TMMD ke 109 Berikan Pengabdian Untuk Negeri di Ujung Tahun 2020

Published

on

Melansir, tniad.mil.id, Jakarta – Sebanyak 47 Kodim (Satgas TMMD) di 15 Kodam jajaran TNI AD siap memberikan pengabdian terbaiknya untuk negeri di ujung tahun 2020 ini melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) berupa Operasi Bakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral bersama Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemerintah Daerah serta Komponen Masyarakat sebagai upaya untuk mendukung percepatan pembangunan di daerah.

Hal ini disampaikan Asisten Teritorial (Aster) Kasad selaku Pati Bidang Perencanaan Penanggung Jawab Operasional (PJO) TMMD, Mayjen TNI Nurchahyanto saat membuka dan memimpin Rakornis TMMD ke 109 melalui video conference di Gedung E, Puskodalad Mabesad, Jakarta Pusat, Kamis (3/9/2020).

Pada Rakornis dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dan diikuti secara tersebar di Puskodal masing-masing Kotama dan Kodim itu, Mayjen TNI Nurchahyanto menyampaikan bahwa TMMD ke 109 akan dilaksanakan selama 30 hari (22 September – 21 Oktober 2020) dan dilaksanakan secara serentak di 47 Kabupaten/Kota, dengan mengerahkan 7050 prajurit yang tergabung pada 47 Satgas TMMD.

“Seharusnya ada 50 Satgas yang akan melaksanakan TMMD ke 109, namun ada tiga Satgas TMMD yaitu Kodim 0803/Madiun, Kodim 0820/Probolinggo, dan Kodim 1307/Poso yang tidak dapat melaksanakan karena adanya pengalihan anggaran oleh Pemda setempat untuk penanganan Covid-19,” katanya.

Dengan mengusung tema “TMMD Pengabdian Untuk Negeri”, disampaikan lebih lanjut oleh Aster Kasad bahwa TMMD ke 109 merupakan TMMD terakhir di tahun 2020, dengan sasaran prioritas terutama kepada daerah miskin tertinggal, terisolir dan terpencil, daerah kumuh perkotaan, daerah perbatasan dan pulau terluar, serta daerah yang terkena dampak bencana alam.

“Untuk itu saya tekankan agar dalam pelaksanaannya dilakukan koordinasi yang baik dengan semua pihak, sehingga terjalin sinergitas untuk mengoptimalkan hasil TMMD yang tepat sasaran dalam mewujudkan Desa TMMD sebagai percontohan desa yang berwawasan kebangsaan,” ucapnya.

Selain disampaikan materi pembekalan oleh narasumber dari dua kementerian yaitu Kemendagri RI dan Kemenkes RI yang akan dipedomani dalam pelaksanaan TMMD, pada Rakornis ini juga disampaikan penyerahan piala dan hadiah Lomba Karya Jurnalistik TMMD ke 108 tahun 2020 untuk katagori Kapendam, Dansatgas TMMD 108, wartawan media cetak dan online, serta wartawan media elektronik.

“Lomba ini sebagai apresiasi dan motivasi kepada rekan media dalam mempublikasikan kegiatan TMMD sehingga dapat diketahui oleh masyarakat di seluruh Indonesia,” ujarnya.

“Ucapan terima kasih, juga kami sampaikan kepada Pemerintah Daerah dan semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan TMMD sampai yang ke 109 ini. Semoga kerja sama dapat dilaksanakan secara berkesinambungan dan hasil TMMD semakin meningkat dan optimal serta dapat bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya.

Rakornis TMMD ke 109 tersebut, dihadiri oleh Waaster Panglima TNI, para Pejabat TNI dan Polri, Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Desa Kemendagri, Kasub Bid Fasilitas Pemulihan Awal Puskrisis Kemenkes RI, para perwakilan Dirjen Kementerian RI, serta diikuti oleh para Kasdam, Aster Kasdam, Kapendam, Bupati, Walikota, Ketua DPRD, Kepala Bappeda, serta para Dansatgas TMMD ke 109. (Amhar)

Continue Reading

Info TNI/Polri

Walikota Bandung Terima 1 Unit Sepeda Lipat Oscar

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Penyerahan Unit Sepeda Lipat Oscar kepada Wali Kota Bandung berlangsung di Ruang tengah Balai Kota, Kantor Walikota Bandung Jl. Wastu Kencana No. 2, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (6//5/2021).

Bengpuspal Puspalad menyerahkan 1 Unit sepeda lipat Oscar yang merupakan hasil inovasi Personel Bengpuspal Puspalad yang diserahkan kepada Wali Kota Bandung H. Oded Muhammad Danial, S.A.P.

Wakabengpuspal Puspalad, Letkol Cpl Drs. Dedi Murdianto, M.M sebagai perwakilan Bengpuspal Puspalad dalam penyerahan sepeda lipat Oscar tersebut.

Kegitan ini sebagai wujud silaturahmi menjaga hubungan yang baik antara satuan Bengpuspal Puspalad dengan jajaran Pemkot Bandung dan masyarakat sekitarnya. (Amhar)

Continue Reading

Info TNI/Polri

Babinsa Koramil 1710-02 Timika, Belikan Baju Lebaran Anak Yatim

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Dalam rangka membahagiakan anak yatim serta wujud kepedulian aparat kewilayahan di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, Koramil 1710-02/Timika mengisi giat di bulan berkah ini dengan membelikan baju lebaran untuk anak yatim – piatu.

Koramil 1710-02/Timika yang diwakil Babinsa (Peltu Mustajib dan Koptu Williem Kawang) merasa senang bisa berbagi kepada sesama dengan membelikan baju lebaran kepada anak-anak yatim piatu Baiturrasul bertempat di Toko Rahmat Jaya, Jl. Bhayangkara Kel. Koperapoka, Distrik Mimika Baru Kabupaten Mimika, Papua, Rabu (5/05/2021).

Dalam keterangan tertulisnya, Kamis (6/5), Peltu Mustajib mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan inisiatif Danramil untuk berbagi kepada mereka yang membutuhkan serta wujud kepedulian sebagai seorang Apkowil terlebih di bulan ramadhan yang penuh berkah ini.

“Dengan keterbatasan yang dimiliki anak-anak yatim piatu tersebut, memang perlu uluran tangan dari kita bersama untuk menyisihkan sedikit rezekinya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan sentuhan, “ungkap Peltu Mustajib.

Dia tambahkan, “Khusus kali ini, kita membeli baju lebaran untuk anak-anak yatim piatu. Kami berharap, apa yang diberikan dapat membuat anak yatim tersenyum dan bermanfaat untuk mereka,” tutupnya. (Amhar)

Continue Reading

Info TNI/Polri

Babinsa Ngablak Bantu Bangun Jamban Warga Desa Binaan

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Babinsa Ngablak Koramil 17/Wonosegoro, Pelda Kusnin terjun langsung membantu mengerjakan pembangunan jamban milik Muhroni salah satu warga desa binaannya yang kurang mampu di Dukuh Lemah Mendak, Desa Ngablak, Kecamatan Wonosamodro, Boyolali.

“Dengan dibangunnya jamban, masyarakat tidak lagi buang air besar di kali atau tempat tidak semestinya, yang nantinya berisiko menimbulkan penyakit, ” kata Pelda Kusnin pada Senin, (3/5/2021) di Desa Nagblak.

Pelda Kusnin mengungkapkan, peran aktif dari Babinsa Ngablak ini mendapatkan apresiasi dari pihak Puskesmas Wonosegoro, dimana para Babinsa juga terjun langsung memberikan edukasi kepada warga melalui sosialisasi tentang manfaat yang bisa dirasakan dengan adanya program jambanisasi

“Baik program jambanisasi dari TNI maupun dari Dinas Kesehatan atau Pemerintah daerah setempat,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Muhroni mengucapkan terima kasih kepada TNI yang disampaikannya melalui Babinsa bersama warga setempat. (Amhar)

Continue Reading

Trending