Connect with us

IPTEK

BPJAMSOSTEK, HISEHAT Dan IDI Dukung Perlindungan Ketenagakerjaan Tenaga Medis

Published

on

JanoerKoening, Jakarta – Dalam rangka mendorong kesejahteraan pekerja, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, IDI, FIAKSI dan HiSehat melakukan kolaborasi yang bertujuan untuk memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan tenaga medis Indonesia.

Kolaborasi ini dilakukan melalui pendandatangan kerjasama yang dilakukan oleh Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Bapak E. Ilyas Lubis, CEO HiSehat Bapak Andrey R. Hidayat dan Ketua Umum PB IDI Bapak Dr. Daeng M. Faqih

Penandatangan ini berlangsung di Hotel Ashley, Gondangdia, Jakarta pada Hari ini Rabu, 19 Agustus 2020, yang sebagai bentuk kepedulian IDI dan HiSehat dalam mendukung BPJS Ketenagakerjaan bagi tenaga medis.

Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, Bapak E. Ilyas Lubis mengatakan, semua Dokter yang terdaftar dalam aplikasi HiSehat akan didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Sebagai garda terdepan di tengah pandemi Covid 19, tenaga kesehatan harus mendapatkan fasilitas yang dapat meningkatkan kinerja mereka dengan dukungan teknologi yang terus diupdate,” ujarnya.

Ilyas juga menjelaskan, bahwa HiSehat sebagai platform teknologi kesehatan yang memaksimalkan ekosistem layanan kesehatan sebagai alat promotif, preventif dan kuratif kesehatan.

“HiSehat mentransformasi layanan kesehatan dan memfasilitasi masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup,” tambahnya.

Keunggulan HiSehat adalah menciptakan platform yang lebih kolaboratif, dengan menghilangkan hambatan antara klinik, rumah sakit dan area layanan kesehatan lain dari kehidupan end user.

Ilyas Lubis menyebut, terdapat tiga feature di HiSehat yaitu HiSehat Mobile App, HiCompany dan HiSehat Telemedicine.

1. HiSehat Mobile adalah aplikasi layanan kesehatan digital yang memfasilitasi pengguna untuk konsultasi kesehatan, pembelian obat online dan produk homecare hingga catatan kesehatan pribadi.

2. HiCompany menyediakan dasbor manajemen informasi berbasis web untuk mengevaluasi dan menganalisis tren kesehatan karyawan.

3. HiSehat Telemeedicine adalah perawatan virtual untuk mengghubungkan pasien dengan fasilitas layanan keesehatan yang tersedia dokter di manapun kapan pun.

Menurut CEO PT. Medika Inovasi Teknologi Bapak Andrey R.Hidayat selaku penyedia aplikasi HiSehat, “Teknologi digital sebenarnya dapat menjadi solusi permasalahan kesehatan, namun industri kesehatan secara umum, khususnya rumah sakit masih belum maksimal dalam melakukan transformasi digital.

“Oleh sebab itu HiSehat diharapkan dapat menghilangkan hambatan antara klinik, rumah sakitdan area layanan kesehatan dari kehidupan end user. Aplikasi ini menjadi layanan virtual, menghubungkan secara langsung dengan fasilitas layanan kesehatan terdekat,” tutup Andrey. (Amhar)

Continue Reading

IPTEK

Jobseeker.app. Inilah Kebutuhan Para Pencari dan Pemberi Kerja Di Era Covid-19

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Virtual Job Fair yang didukung oleh Pemerintah & Facebook bertujuan untuk membantu jutaan masyarakat Indonesia mendapatkan perkerjaan di masa pandemi Covid-19.

Telah hadir satu lagi karya terbaik anak bangsa telah diluncurkan hari ini, Senen (8/11/2021) yaitu jobseeker.app. Inilah aplikasi yang sangat dibutuhkan oleh para pencari dan pemberi kerja saat ini.

Apalagi selama pandemi Covid-19, BPS (Agustus 2020) mencatat angka “Tingkat Pengangguran Terbuka” (TPT) Nasional mencapai hampir 10 juta orang.

Bahkan dampak pandemi Covid-19 terhadap Penduduk Usia Kerja telah dirasakan oleh hampir 30 juta orang se-Indonesia yang diantaranya dikurangi jam kerjanya hingga harus dirumahkan.

Dalam keterangannya pertengahan tahun ini, Bappenas menyebut, dampak pandemi Covid-19 sejak 2020 lalu telah memberikan tekanan besar kepada sektor Ketenagakerjaan Indonesia.

Dalam catatan Bappenas, sebanyak 26% tulang punggung keluarga berhenti bekerja, Kemudian sekitar 50% mengalami penurunan pendapatan.

Bahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menyebut ada 34 juta tenaga kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif terdampak pandemi Covid-19.

“Namun, harus tetap optimis untuk tetap bangkit. Jangan hanya bertahan, tapi juga mampu mengambil peluang dan menjadi pemenang,” kata Sandiaga seperti dikutip Tribunnews.com awal tahun ini.

Sandiaga mengajak pelaku usaha pada sektor tersebut untuk menciptakan peluang baru dan meningkatkan kapasitas diri.

Merespon kondisi tersebut, pemerintah berkomitmen untuk menekankan pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang dilakukan secara holistik dan terintegrasi.

“Di antaranya melalui penyediaan sistem informasi pasar kerja yang kredibel dan berkelas,” ujar Sandi Uno.

Chandra Ming, Founder & CEO jobseeker.app mengungkapkan, kebutuhan masyarakat yang saat ini tengah berusaha mencari pekerjaan ataupun perusahaan-perusahaan yang mulai bangkit untuk kembali beroperasi, sebentar lagi akan terpenuhi dengan hadirnya jobseeker.app

Yakni “Sebuah platform yang menghubungkan pencari kerja dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dengan metode yang sangat sederhana pula,” ujar Chandra Ming, Founder & CEO jobseeker.app

Peluncuran jobseeker.app ini dilakukan bersamaan dengan diselenggarakannya “Virtual Job Fair” yang akan diikuti oleh lebih dari 50.000 Kandidat, 5.000 UKM, 500 Praktisi HR serta 500 Media & Partner.

Bahkan, acara ini juga didukung oleh Kemenparekraf/Baparekraf Republik Indonesia dan juga Facebook.

Kehadiran jobseeker.app di tengah masyarakat yang tengah membutuhkan kesempatan-kesempatan baru, demi meraih kehidupan yang lebih baik dengan cara yang lebih cepat, disambut positif oleh Facebook.

Namrata Kohli, Jobs Partnerships, APAC & EMEA Facebook, menyatakan, “Facebook memiliki semangat yang sama,” tutupnya. (Amhar)

Continue Reading

IPTEK

Smoot Motor Listrik Tampa Charge Perdana di Tokopedia Garage OtoFair 2021

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – SMOOT, pionir motor listrik dengan sistem tukar baterai hadir untuk menjadi solusi bagi pengendara motor listrik Indonesia. Hanya dalam 9 detik tukar baterai, pengendara bisa menghemat waktu perjalanan dan tidak perlu cemas kehabisan baterai di jalan.

Aktivitas pengendara jauh lebih fleksibel dengan ratusan titik penukaran yang sudah tersebar di berbagai lokasi di kota Jakarta.

Mengapa disebut motor pintar? Karena Smoot terkoneksi dengan smartphone dan memiliki berbagai fitur yang mempermudah aktivitas pengendara. Mulai dari mencari lokasi swap/tukar baterai, melihat lokasi motor, mengaktifkan sistem anti maling, sampai membeli kuota perjalanan dapat dilakukan dalam sentuhan jari saja.

Aplikasi SWAP dapat diunduh melalui Play Store atau Apple Store.

“Dengan memulai hal-hal kecil seperti mengendarai Smoot Motor, setiap orang dapat membawa perubahan dan berkontribusi untuk lingkungan dengan mengurangi emisi karbondioksida,” ujar Irwan Tjahaja, CEO Smoot Motor Indonesia dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (6/11/2021).

Lebih lanjut Irwan mengungkapkan, kabar baiknya, Smoot Motor Listrik Indonesia secara eksklusif akan hadir di Tokopedia melalui kampanye Tokopedia Garage OtoFair selama November 2021. Pada kampanye ini, Smoot akan memperkenalkan Official Store Smoot Motor Listrik di Tokopedia.

Dia tambahkan, untuk itu, diadakan berbagai promo menarik untuk customer. Pertama, terdapat promo gratis 1000 km per bulan selama 1 tahun untuk pembelian 1 unit Smoot Motor Listrik di bulan November.

“Selain itu, terdapat paket bundling Smoot Motor Tempur seharga Rp 14,9 juta + Rp 100 ribu saja untuk mendapatkan bonus 1 buah home charging. Terakhir, yang tidak kalah menarik adalah giveaway satu unit Smoot Motor bagi yang beruntung!,” kata Irwan.

Kolaborasi ini disambut dengan sangat baik oleh Head of Category Development Tokopedia, Fransiscus Leo Chandra. Dia mengatakan, Digitalisasi dan teknologi terus berkembang pesat menjadi sebuah kebutuhan bagi seluruh masyarakat terlebih selama pandemi.

“Di sisi lain, Tokopedia sebagai perusahaan teknologi Indonesia selalu mendukung produk motor listrik buatan pegiat usaha Indonesia, salah satunya Smoot, menjadi pilihan utama masyarakat supaya kita bisa bangkit bersama demi mendorong pemulihan ekonomi nasional,” jelas Chandra.

Saat ini kata Chandra, Smoot Motor Listrik Pintar telah tersedia di Tokopedia dengan berbagai pilihan warna menarik. Diantaranya adalah Hitam, Putih, Merah, Silver, dan Biru Navy.

“Selain itu, juga disediakan program cicilan di Tokopedia. Mari bersama mendukung kebijakan pemerintah untuk meningkatkan angka pengguna motor listrik di Indonesia,” ajak Chandra, menutupnya.

Tentang Smoot

SMOOT adalah perusahaan motor listrik pintar pertama di Indonesia dengan sistem 9 detik tukar baterai dan dapat diintegrasikan dengan perangkat aplikasi di smartphone. TEMPUR menjadi seri pertama yang hadir untuk menemani mobilitas Anda.

Layaknya motor konvensional, SMOOT juga dilengkapi lisensi kendaraan bermotor pada umumnya seperti STNK, BPKB, dan Plat Nomor sehingga dapat digunakan sebagai alat transportasi.

Tentang Tokopedia

Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah Super Ecosystem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun.

Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia. (Amhar)

Continue Reading

IPTEK

Pentingnya Data Berkualitas dalam Membangun SDM Berkualitas dan Berdaya Saing

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Kunci kesuksesan pemulihan Nasional dalam menghadapi beragam problematika yang dihadapi belakangan ini adalah responsivitas, akurasi, adaptabilitas, dan kolaborasi yang baik dalam mengolah data secara keseluruhan.

Satu Data Indonesia mendorong adanya integrasi data dan layanan pemerintah melalui standarisasi tata kelola dan Interoperable Data. Layanan pemerintah terintegrasi sendiri bisa diwujudkan jika kondisi data yang seragam dan tidak tumpang tindih.

Sehingga melalui tata kelola dan penjaminan kualitas data, proses pengambilan keputusan, perumusan kebijakan, dan pengembangan layanan dapat lebih terarah dan berbasis fakta. Data dan layanan pemerintah yang terintegrasi dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses dan memanfaatkan layanan pemerintah di segala bidang.

Atas persoalan tersebut, Satu Data Indonesia kali ini menggelar webinar yang mengulas soal ‘Pentingnya Data Berkualitas dalam Membangun SDM Berkualitas dan Berdaya Saing’. Webinar yang digelar pada Kamis (28/10/2021) ini menghadirkan sejumlah pakar dan tokoh yang bergelut dalam bidang data dan pembangunan manusia.

Staf Ahli Menteri PPN Bidang Pemerataan dan Kewilayahan, Kementerian PPN/Bappenas, Oktorialdi menyampaikan pembuka dan paparan pengantar, Okto menyebutkan salah satu tantangan teknis yang masih dihadapi Indonesia saat ini adalah data yang belum dikelola secara terintegrasi.

“Terdapat banyak aplikasi data yang belum dikelola secara terintegrasi. Beragamnya referensi dan standar data yang belum terstandarkan menjadi tantangan teknis,” kata Staf Ahli Menteri PPN Bidang Pemerataan dan Kewilayahan, Kementerian PPN/Bappenas, Oktorialdi dalam pembukaan webinar kali ini.

Kemudian, Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan,
Kementerian PPN/Bappenas, Subandi, menuturkan bahwa kualitas data yang baik berbanding lurus dengan peningkatan kualitas SDM di Indonesia, sementara itu peningkatan kualitas SDM sendiri juga menjadi bagian dari prioritas nasional.

“Pembangunan manusia merupakan satu dari tujuh prioritas nasional yang betul betul harus kita siapkan sampai 2024 sehingga ke depan kita memiliki SDM yang berkualitas dan berdaya saing,” jelasnya.

Rektor Universitas Pendidikan Indonesia, M. Solehuddin, yang turut menjadi penanggap dalam webinar kali ini, menyampaikan bahwa data dan informasi untuk peningkatan mutu pendidikan berkelanjutan dapat diperoleh, diorganisasikan, dan diolah secara digital dan spasial, bukan hanya jumlah peserta dan satuan Pendidikan

Dia tambahkan, tetapi juga proses pendidikan dan hasil-hasilnya agar mudah diketahui mulai dari level mikro hingga level makro, sehingga Peningkatan Mutu Pendidikan akan berdampak pada Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia.

“Pemerintah perlu memfasilitasi dan memastikan pemerintah daerah, kepala satuan pendidikan, dan guru-guru agar mampu mengakses dan mendayagunakan data dan informasi sebagai dasar untuk membuat keputusan dan memecahkan permasalahan yang dihadapinya pada tingkatan masing-masing,” paparnya.

Pada akhir webinar, diambil kesimpulan bahwa kunci dari membangun SDM berkualitas dan bersaya saing adalah dengan melibatkan stakeholder untuk mengupgrade kurikulum, dengan menggabungkan kurikulum dengan keahlian digital fungsional seperti coding & BDAA, pelatihan karir, dan peningkatan kompetensi transversal sampai dengan memperkuat skill via edtech use cases di lintas level Pendidikan.

Dalam hal ini, peningkatan kualitas data menjadi tantangan yang harus segera diwujudkan oleh pemerintah dan juga stakeholders jika dikaitkan dengan upaya meningkatkan kualitas SDM di Indonesia.

Belum lagi situasi dan kondisi tanah air yang dipaksa menghadapi adaptasi signifikan terhadap bidang digital di segala lini akibat pandemi Covid-19 yang sudah mendera
Indonesia sejak Maret Tahun 2020.

Transformasi bidang pendidikan menjadi jawaban terkait dengan upaya peningkatan kualitas SDM, terutama dalam menjawab perubahan cepat di berbagai bidang, dan dapat terwujud dengan optimalisasi kualitas data yang baik dan mumpuni.

SDM Unggul dan Berdaya Saing dapat dihasilkan melalui kebijakan yang didasari oleh data berkualitas yang nantinya menghasilkan SDM berkualitas di semua bidang.

Untuk itu, baik pemerintah maupun stakeholders lainnya harus bekerja sama untuk meningkatkan kualitas data dengan menerapkan prinsip satu data yang jelas dan terukur sehingga peningkatan kualitas SDM melalui Indeks Pembangunan Manusia menjadi pencapaian Pembangunan Nasional. (Amhar)

Continue Reading

Trending