Connect with us

Pemuda

Di Puncak! FWJ Rayakan HUT Secara Meriah

Published

on

JanoerKoening, Jakarta – Forum Wartawan Jakarta (FWJ) yang dideklarasikan pada tanggal 28 Juli 2019 di gedung Juang 45 Jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat, genap berusia satu tahun.

Meski masih dibilang belia, namun pengurus FWJ berusaha menjadikan organisasi ini menjadi kebanggaan para pendiri dan anggotanya, dengan selalu menjalin kebersamaan sebagai sesama insan Pers di Jakarta.

Diusia satu tahunnya, Pengurus FWJ mengundang seluruh anggota, Penasehat dan Pembina berkumpul di Villa D’Mara, milik salah seorang Pembina, untuk bersama-sama merayakan HUT pertamanya dengan penuh kekeluargaan.

Rombongan wartawan tersebut start dari gedung Dewan Pers secara beriring-iringan menggunakan kendaraan roda 4 menuju kawasan puncak, pada hari Senin sore dan tiba malam hari ( 27/7/2020).

Setibanya di Puncak sekitar pukul 20.00 WIB, rombongan para Jurnalis ini langsung santap makam bersama dan dilanjutkan dengan dialog dan refleksi satu tahun lahirnya FWJ dengan moderator Sekjen FWJ, Ichsan.

Dalam sambutannya Ketua Umum FWJ Mustofa Hadi Karya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh anggota, Pembina, Penasehat, yang telah memberikan dukungan dalam memimpin FWJ dengan suka dan dukanya, sejak FWJ dideklarasikan sampai hari ini.

“Saya secara khusus juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pembina FWJ yang baru H. Candra, yang pada hari ini telah memfasilitasi rekan- rekan wartawan yang tergabung dalam FWJ dengan menyiapkan penginapan dan konsumsi yang sangat lengkap buat teman- teman,” ujar Opan, panggilan akrab Ketum FWJ.

Opan berharap seluruh anggota FWJ agar solid dan profesional dalam menjalankan kerja-kerja Jurnalistik. Sehingga masyarakat akan menghargai apa yang telah kita kerjakan.

“Kedepannya kami selaku pengurus akan membuat program yang bermanfaat untuk kesejahteraan anggota FWJ,” tutur Opan.

Penasehat FWJ Lemens Kodongan, dalam sambutannya menyatakan, Pers adalah pilar ke empat demokrasi, diluar eksekutif, legislatif dan yudikatif.

“Hal ini sesuai amanat UU No 40 Tahun 1999, yang tertulis didalam Bab II Asas, Fungsi, Hak Kewajiban dan Peranan Pers, pasal 3 berbunyi ; Pers Nasional mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan dan kontrol sosial,” sebutnya.

Lemens berharap kedepannya wartawan anggota FWJ bisa menjalankan tugas Jurnalistiknya dengan memperhatikan Kode Etik Jurnalistik dan mematuhi Undang-Undang Pers sebagai pegangan dan dasar hukum seorang Jurnalis dalam bekerja.

Lemens menambahkan, hendaknya Pers itu menjadi lembaga watch dog (pengawas) atas jalannya demokrasi dan pemerintahan di Indonesia. Kewajiban Pers yang pertama adalah pada kebenaran.

“Pers juga harus loyal kepada warga sebagai konstituen pembaca, bukan sebagai corong pemerintah. Harap Ketua Koperasi Wartawan Reformasi ini,” ujarnya.

Pembina FWJ H. Candra dalam sambutannya mengatakan, awalnya saya hanya mau menjadi anggota FWJ, saya melihat wartawan yang bergabung di dalam FWJ berjuang demi masyarakat. Makanya saya mau bergabung dengan FWJ.

“Karena pertimbangan usia saya diminta menjadi Penasehat. Saya berjanji akan berjuang untuk kesejahteraan anggota sebagai bagian dari amal saya,” tambahnya.

Peringatan HUT FWJ diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya, pertukaran kado, menyanyi bersama, diskusi dan tanya jawab tentang berbagai masalah internal organisasi, dan refleksi kegiatan WFJ selama setahun.

Seluruh kegiatan berakhir pada pukul 16.00 wib dan rombongan kembali ke Jakarta secara beriringan.

Continue Reading

Pemuda

Konsolidasi Organisasi, GerCin Bersilaturahmi dengan Pangdam XVII Cenderawasih

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Ketua Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Rakyat Cinta Indonnesia (DPD GerCin) Provinsi Papua Budi Gatot Andre Irreuw bersama Koordantor Provinsi Papua Stefanus Jhon Tukayo beraudiensi dengan Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo di ruang kerjanya, Selasa (23 Maret 2021).

“Ageda silaturami bersama Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo adalah bagian eksternal dari pada konsolidasi organisasi GerCin Provinsi Papua,” ujar Budi Gatot Andre Irreuw dalam rilisnya, yang kami terima, Sabtu (26/3)

Lebih lanjut Irreuw katakan, bahwa tujuan utama dari Silaturahmi ini yaitu membangun mitra strategis dengan TNI dalam menjaga persatuan dan kesatuan serta kedamian di tanah Papua.

“Dalam pertemuan tersebut, saya melaporkan kesiapan konsolidasi Organisasi GerCin Provinsi Papua yang sedianya akan melaksanakan pelantikan Dewan Pimpinan Cabang GerCin Kabupaten yang ada di seluruh Provinsi Papua,” urainya.

Dalam Silaturahmi tersebut Irreuw berharap agar supaya Bapak Pangdam kiranya dapat membantu dan bermitra dengan Gerakan Rakyat Cinta Indonesia yang ada di Provinsi papua dalam melakukan konsolidasi organisasi.

Sementara itu, Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo dalam pertemuan tersebut juga mengatakan, Kodam XVII akan bersinergy bersama DPD GerCin Provinsi Papua dalam menjaga dan merawat 4 Konsessus Kebangsaan.

Pangdam juga meminta agar supaya DPD Gercin Provinsi Papua dapat mendistribusikan kader-kadernya untuk mengikuti kegiatan Bela Negara yang akan di laksanakan pada bulan Oktober Tahun 2021 (Amhar)

Continue Reading

Pemuda

Ditunjuk PLT KNPI, Assafri: Akan Saya Gelar KLB Di Kota Solo

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Setelah melakukan pleno pemberhentian Abdul Azis sebagai Ketua Umum DPP KNPI dan menunjuk Dian Assafri sebagai PLT Ketua Umum, dalam waktu dekat akan dilaksanakan Kongres Luar Biasa (KLB) untuk memilih Ketua Umum DPP KNPI defenitif

Rencananya nanti KLB KNPI akan di gelar di kota Solo, demikian hal tersebut disampaikan oleh Dian Assafri melalui siaran Persnya kepada media pada hari Minggu 14 Maret 2021.

Dalam pernyataannya Dian Assafri yang juga sekjend Gema Kosgoro ini menyampaikan bahwa pihaknya akan segera berkonsultasi dengan pemilik suara di KNPI yaitu Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP).

Selanjutnya, Dian juga merekomendasikan KLB akan dilaksanakan di kota solo, Jawa Tengah “Kami segera melayang surat ke Walikota Solo dan Gubernur Jateng,” ungkap Dian.

Sesuai AD/ART KNPI agenda KLB hanya memilih ketua umum periode berjalan, yaitu periode 2018 – 2021, dengan demikian pelaksanaan KLB tdk akan terlalu memakan waktu dan biaya yang terlalu besar, “tutup” Dian. (Amhar)

Continue Reading

Pemuda

Gagal Kudeta Berujung Boemarang Bagi Jackson Kumaat DkK

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Sekelompok orang yang mengatasnamakan Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) berupaya melakukan kudeta ilegal terhadap Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama pada pekan lalu.

Namun rencana kudeta ilegal tersebut berhasil dihalau melalui konsolidasi internal yang solid dan cepat tanggap dalam menindak tegas para pelaku kudeta tersebut.

Alih-alih ingin melakukan gerakan makar, namun berujung nahas dan menjadi boemarang bagi Jackson Kumaat Dkk. Upaya pemecah belahan organisasi kepemudaan serta pemberhentian paksa ketua umum DPP KNPI yang jelas melanggar AD ART organisasi

Dan itu justru menuai respon negatif dari segenap fungsionaris DPP KNPI hasil mandataris kongres ke-XV yang kemudian memberikan sanksi tegas terhadap para pelaku melalui rapat pleno yang berlangsung di Hotel Grand Syahid Jaya Jakarta pada Rabu, (10/03)2021).

Adapun rapat pleno yang dihadiri oleh lebih dari 200 fungsionaris DPP KNPI periode 2018-2021 (via tatap muka dan daring) dipimpin langsung oleh ketua umum, Haris Pertama yang didampingi oleh Ketua Harian, Gandung R.N. Huda, Wakil Ketua Umum bidang OKK, Amin Ngabalin, Ketua Kaderisan dan Keanggotaan, Ilham A Rasul dan Mohammad Nurul Haq, Wasekjend Organisasi DPP KNPI.

Adapun Rapat Pleno tersebut memutuskan tiga poin penting, yakni: Pertama, memberhentikan secara tidak terhormat terhadap para pengurus DPP KNPI atas nama Jackson William Andre Kumaat (Sekjend DPP KNPI), Mustahuddin (Waketum DPP KNPI), Ahmad Andi Bahri (Waketum DPP KNPI), Syarif Ahmad (Ketua Organisasi DPP KNPI), Alan Hehanusa (Waketum DPP KNPI).

Pemberhentian nama-nama tersebut karna Peserta pleno menilai, kelima orang itu telah melakukan pelanggaran berat terhadap organisasi dan melakukan pleno illegal di Hotel Ritz Carlton Jakarta pada Sabtu, 6 Maret 2021.

Kedua, Forum pleno mendesak Ketua Umum DPP KNPI, Haris Pertama agar segera melakukan pergantian terhadap Sekjend DPP KNPI beserta posisi strategis lainnya.

Ketiga, menyepakati bahwa DPP KNPI dibawah kepemimpinan Haris Pertama akan melakukan kongres XVI pada tahun 2021 ini. (Amhar)

Continue Reading

Trending