Connect with us

Info TNI/Polri

Kasad Tutup Pendidikan Taruna dan Taruni Akmil Tingkat IV

Published

on

JanoerKoening, Magelang – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa memimpin upacara Penutupan Pendidikan & Wisuda Sarjana Taruna / Taruni Tingkat IV Akademi Militer TA 2019/2020 kemarin pagi (Senin 6 Juli 2020) di Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah.

Kadispenad Brigjen TNI Nefra Firdaus yang hadir di tengah acara tersebut menerangkan bahwa Taruna dan Taruni Akmil semuanya berjumlah 254 orang, terdiri dari 234 Taruna dan 20 Taruni.

“Upacara di Lapangan Pancasila Akademi Militer itu juga dihadiri sebagian orang tua Taruna dan Taruni. Setelah Upacara Tupdik, di tempat yang sama dilanjutkan dengan acara wisuda sarjana dan sumpah prajurit,” tambahnya.

Ada yang berbeda dalam upacara penutupan pendidikan tahun ini daripada tahun sebelumnya. Seluruh peserta upacara dan para Taruna dan Taruni menggunakan masker.

Pada penganugerahan penghargaan Adhi Makayasa dan Anindya Wiratama, Taruna dan Taruni penerima penghargaan mengalungkan sendiri penghargaan yang diterimanya dan mengambil piagam penghargaannya di atas meja.

“Hal ini dikarenakan untuk mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19,” ungkap Nefra.

Dikatakan Nefra, pada upacara penutupan pendidikan, Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa memberikan ucapan selamat kepada seluruh Taruna dan Taruni Tingkat IV (Sermatutar) yang telah menyelesaikan pendidikan selama empat tahun dengan baik.

“Selanjutnya mereka berhak menyandang gelar Sarjana Terapan Pertahanan S.Tr (Han),” ujarnya.

Kasad juga menyampaikan ucapan selamat kepada lulusan terbaik Taruna (Putra) yang mendapatkan piagam dan medali penghargaan Adhi Makayasa yang diraih oleh Sermatutar Angga Andhika Yudha.

“Selain itu, Kasad juga sampaikan penghargaan Anindya Wiratama kepada lulusan terbaik Taruni (Putri) yang diraih oleh Sermatutar Heny Puspitasari,” ujar Nefra.

Lanjut Nefra, semua penghargaan tersebut adalah bentuk pengakuan atas kerja keras dan potensi diri yang telah ditunjukkan para Taruna selama pendidikan.

“Pimpinan TNI AD (Kasad) juga berharap agar prestasi yang telah diraih dapat terus dikembangkan dalam berkarier sebagai perwira TNI AD nantinya,” ucap Alumni Akademi Militer tahun 1992 itu.

Kasad juga meminta kepada seluruh Taruna dan Taruni agar terus belajar dan berlatih, mengembangkan kemampuannya masing-masing menjadi perwira yang profesional dan pemimpin TNI AD.

Yang kelak dapat diandalkan dan siap ditempatkan di satuan-satuan TNI AD yang menjadi prioritas baik satuan tempur, satuan bantuan tempur dan satuan bantuan administrasi yang tersebar di seluruh wilayah NKRI.

Lulusan Akademi Militer tahun ini terbagi dalam 10 ( sepuluh) korps kecabangan di TNI AD, antara lain kecabangan Infanteri 116 Taruna; Kavaleri 24 Taruna; Armed 19 Taruna; Arhanud 20 Taruna; Zeni 25 Taruna 2 Taruni.

Berikutnya yang ke enam yakni; Penerbad 13 Taruna 3 Taruni; Bekang 7 Taruna 6 Taruni; Perhubungan 3 Taruna 2 Taruni; Peralatan 2 Taruna 2 Taruni; Polisi Militer 5 Taruna 5 Taruni.

”Selamat bertugas kepada para perwira muda TNI Angkatan Darat tahun 2020,” pungkas Kadispenad mengutip pernyataan Kasad.

Rangkaian kegiatan upacara itu, dimeriahkan Playpass dan Display GSCL (Genderang Suling Caka Lokananta) disertai peragaan defile taruna dan taruni tingkat IV yang disaksikan oleh Kasad beserta undangan lainnya.

Setelah upacara penutupan, para Taruna dan Taruni yang menyelesaikan pendidikan diberikan kesempatan untuk bertemu dengan para orangtua yang telah menunggu di sekitar lapangan upacara. Rasa bahagia dan haru tumpah ruah di lapangan upacara.

Pada kesempatan itu, Kasad berkesempatan menemui para orangtua Taruna dan Taruni di lapangan, dan juga menemui dan menghibur para Taruna dan Taruni yang orangtua mereka belum dapat hadir.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pangkostrad, Dankodiklat TNI AD, Danjen Akademi TNI, Gubernur Akmil, Para Danpuscab, para pejabat teras di lingkungan TNI AD, Pejabat Distribusi Akademi Militer dan Para Gumil.

Hadir juga Dosen, Pengasuh dan Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Ny. Hetty Andika Perkasa, serta 1142 Taruna dan Taruni Tingkat I,II,III dan IV. (Amhar).

Continue Reading

Info TNI/Polri

Kapolda Jateng Launching Program Pola Anak dan Orang Tua Asuh Asli Papua

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Sebagai sarana silaturahim Polri dengan mahasiswa dan pelajar asli Papua, Polda Jateng membuat program Pola Anak dan Orang Tua Asuh Pelajar/Mahasiswa asli Papua di Jateng.

Program tersebut dilaunching pada hari ini, Selasa, 06 April 2021 di Hotel Patra Jasa, Semarang, Jawa Tengah.

Beberapa tamu yang hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Staf Pengajar UKSW Frans YS Rumino, Tokoh Papua di Semarang Simon Sadrakh, Perwakilan Perbakin dan Sejumlah Perwakilan Anak Asuh Papua.

Program ini dibuat menyusul dilaksanakan Otonomi Khusus Jilid II di Papua yang mendapat respon dari Orang Asli Papua di berbagai daerah di Indonesia terutama di Jawa Tengah.

Beberapa Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua menyikapi hal tersebut dengan cara melakukan unjuk rasa.

Menyikapi situasi tersebut Polda Jateng membuat satu terobosan melalui Program Kapolda Jateng yaitu Pola Pengasuhan Antara Anak dan Orang Tua Asuh terhadap Mahasiswa dan Pelajar Orang Asli Papua yang sedang menimba ilmu di Jawa Tengah

Program ini dalam rangka bersama-sama menciptakan situasi yang kondusif di wilayah hukum Polda Jawa Tengah.

Dalam releasenya (6/4), Kapolda Jateng Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.H., S.St.M.K., menjelaskan tujuanya membuat program tersebut yaitu untuk mempererat  silaturahmi antara Polda Jateng dengan Mahasiswa dan Pelajar asli Papua

“Program ini juga sebagai wadah diskusi dan tukar pikiran apabila timbul permasalahan sehingga terjalin Kerjasama yang aktif untuk bersama-sama mewujudkan Kamtibmas di Jawa Tengah,” imbuhnya.

Kapolda Jateng juga jekaskan, bahwa Program ini memberi kepastian bagi keluarga mahasiswa yang berada di Papua.

“Mereka tidak usah lagi khawatir dengan anak-anak dan keluarganya di Jawa Tengah karena kondisi disini tetap aman,” terang Kapolda Jateng.

Tujuan utama program ini, lanjut Kapolda, untuk menyakinkan bahwa adik-adik pelajar dan mahasiswa Papua yang berada di Jawa Tengah aman dan tetap bisa berkegiatan dengan normal dan keberadaan mereka di tengah masyarakat tak pernah menjadi persoalan.

“Kami jamin rasa aman dan tenteram untuk adik-adik kita, saudara-saudara kita Mahasiswa dari Papua ini sehingga kami berharap bisa mempermudah komunikasi dalam segala hal, tentu saja agar kita bersama bisa hidup saling berdampingan dan nyaman di wilayah Jawa Tengah,” kata Kapolda Jateng.

Tak hanya launching program Orang Tua dan Anak Asuh Pelajar/Mahasiswa Asli Orang Papua di Jateng, Kapolda Jateng juga me-launching Program Senpi Online Ditintelkam dan pembukaan Rakor Fungsi Intelkam TA. 2021. (Amhar)

Continue Reading

Info TNI/Polri

Andika Perkasa Pimpin Sertijab Pejabat Utama TNI AD

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa memimpin Acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) beberapa pejabat utama di jajaran TNI AD

Sertijab berlangsung di tempat di Lantai Dasar Gedung E Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, pada Kamis, 1 April 2021.

Acara Sertijab tersebut dihadiri oleh pejabat teras di lingkungan Mabesad dan Ketua Umum beserta para pengurus pusat Persit KCK.

Adapun jabatan yang diserahterimakan meliputi Asops Kasad dari Mayjen TNI Surawahadi, S.IP, M.Si kepada Mayjen TNI Eka Wiharsa, Pangdam XIV/Hsn Mayjen TNI Andi Sumangerukka, S.E. kepada Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno, S.H.,

Lalu, Gubernur Akmil dari Mayjen TNI Totok Imam Santoso, S.IP., S.Sos., M.Tr. (Han) kepada Brigjen TNI Candra Wijaya, Kapushubad Mayjen TNI Wahyu Agung Prayitno, S.Pd., M.Pd. kepada Brigjen TNI Masri, S.Sos,

Berikutnya, Danpusintelad dari Brigjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M. kepada Brigjen TNI Sudarji, Dirkuad dari Brigjen TNI Temas, S.Sos., M.M. kepada Kolonel Cku Tony Suherman, S.Sos., serta jabatan Kadispenad dari Brigjen TNI Nefra Firdaus, S.E., M.M. kepada Kolonel Inf Tatang Subarna.

Acara Sertijab sekaligus dirangkai dengan penandatanganan berita acara serah terima jabatan Ketua Persit KCK oleh masing-masing Ketua Persit yang melaksanakan serah terima. (Amhar)

Continue Reading

Info TNI/Polri

Sambut PON XXI Aceh-Sumut, Danyonif 126/KC Gembleng Atlet Binaraga Asahan

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Untuk mempersiapkan para atlet binaraga Kabupaten Asahan, Sumatera Utara dalam menyongsong event PON XXI yang akan digelar di Aceh-Sumut pada tahun 2024, Danyonif 126/KC Mayor inf Dwi Widodo, S.H., M.Han mengajak para atlet fitness Kabupaten Asahan untuk berlatih bersama di Ruang Kala Cakti Fitness Club Yonif 126/KC.

Dalam keterangan tertulis dari Yonif 126/KC, Rabu (31/3/2021), dalam latihan bersama tersebut, Danyonif 126/KC selaku Pembina Persatuan Binaraga Fitness Indonesia (PBFI) Kabu Asahan berpesan kepada para atlet agar terus berlatih meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Walau dalam masa pandemi Covid-19, agar selalu fokus dan semangat dalam latihan guna mendapatkan hasil yang memuaskan dan optimal dengan tetap memperhatikan protokol Kesehatan, ” ujarnya.

Danyonif 126/KC juga berharap para atlet binaraga dan fitness Kabupaten Asahan nantinya bisa ikut terjun dalam kejuaraan di level Internasional.

Bersama Ketua PBFI Kabupaten Asahan, Opan Syaputra, Dwi Widodo berkesempatan melakukan aktivitas kebugaran bersama dan selain menyediakan sarana aktivitas kebugaran, Danyonif 126/KC juga menyediakan menu makanan dengan pola gizi seimbang yang dapat membantu menjaga asupan makan agar tetap sehat dan terjaga.

“Saya sengaja mengundang rekan-rakan atlet untuk berlatih bersama kami, kami memiliki sarana yang cukup mamadai, harapannya rekan-rekan atlet Binaraga dan fitness Kabupaten Asahan ini mendapatkan sarana latihan di tempat kami, “ tuturnya.

Dwi Widodo berharap, pola latihan yang dilakukan para atlet juga dapat ditularkan kepada para prajurit di satuannya, sehingga prajurit Yonif 126/KC juga memiliki kebugaran serta postur yang proporsional. (Amhar)

Continue Reading

Trending