Connect with us

Info TNI/Polri

Gandeng Tiga Pilar, Satgas Yonif 125 Cegah Penyebaran Covid-19 di Papua

Published

on

 

JanoerKoening, Papua – Cegah penyebaran Covid-19 di Papua, Satgas Yonif 125/Si’mbisa mengandeng tiga pilar yaitu Babinsa, Babinkamtibmas dan Kepala Desa untuk melakukan penyemprotan disinfektan sekaligus pembagian masker kepada warga.

Demikian disampaikan Dansatgas Yonif 125/Si’mbisa, Letkol Inf Anjuanda Pardosi dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Merauke, Papua, Jumat (26/6/2020).

Diungkapkan Dansatgas, penyemprotan disinfektan dan pembagian masker untuk warga Kampung Rawa Biru, Distrik Sota ini dipimpin Danpos Letda Inf Okta Yudha Prasetyo pada Selasa (23/6/2020).

“Dibantu enam orang anggotanya bersama Babinsa, Babinkamtibmas, Kepala Kampung serta Linmas setempat melakukan penyemprotan disinfektan dan pembagian masker kepada warga Kampung Rawa Biru,” ujarnya.

Kegiatan ini lanjut Dansatgas, merupakan upaya Satgas membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Papua, khususnya di Kabupaten Merauke.

“Selain itu juga diberikan sosialisasi kepada warga untuk selalu menjaga jarak, menggunakan masker dan rajin cuci tangan,” jelasnya.

“Langkah seperti ini merupakan cara yang paling efektif dalam mencegah Covid-19,” urai Anjuanda.

Di tempat terpisah, Danpos Rawa Biru Letda Inf Okta Yudha Prasetyo mengatakan, adapun yang menjadi sasaran penyemprotan disinfektan yaitu rumah ibadah (gereja), Puskesmas Pembantu (Pustu), gedung sekolah dan perumahan warga.

“Ini penting kita lakukan sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19, sekaligus menghimbau kepada warga agar senantiasa mengikuti protokol kesehatan sesuai dengan yang dianjurkan pemerintah,” imbuhnya.

“Kita peduli dan sayang sama warga di sini, karena kita adalah satu saudara,” tandas Okta Yudha.

Sementara itu, Kepala Kampung Rawa Biru, Thomas Sanggra mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas dukungan masker maupun penyemprotan cairan disinfektan tersebut di kampungnya.

“Perhatian dan kepedulian Satgas sangat membantu warga kami di tengah pandemi Covid-19,” tuturnya.

Dirinya berharap, kegiatan seperti ini juga dilakukan di kampung lain, karena masih banyak warga yang sangat membutuhkan bantuan.

“Semoga Covid-19 ini cepat berlalu dan warga dapat beraktivitas seperti sedia kala,” pungkasnya. (Amhar)

Continue Reading

Info TNI/Polri

Kasad Tutup Pendidikan Taruna dan Taruni Akmil Tingkat IV

Published

on

By

JanoerKoening, Magelang – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa memimpin upacara Penutupan Pendidikan & Wisuda Sarjana Taruna / Taruni Tingkat IV Akademi Militer TA 2019/2020 kemarin pagi (Senin 6 Juli 2020) di Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah.

Kadispenad Brigjen TNI Nefra Firdaus yang hadir di tengah acara tersebut menerangkan bahwa Taruna dan Taruni Akmil semuanya berjumlah 254 orang, terdiri dari 234 Taruna dan 20 Taruni.

“Upacara di Lapangan Pancasila Akademi Militer itu juga dihadiri sebagian orang tua Taruna dan Taruni. Setelah Upacara Tupdik, di tempat yang sama dilanjutkan dengan acara wisuda sarjana dan sumpah prajurit,” tambahnya.

Ada yang berbeda dalam upacara penutupan pendidikan tahun ini daripada tahun sebelumnya. Seluruh peserta upacara dan para Taruna dan Taruni menggunakan masker.

Pada penganugerahan penghargaan Adhi Makayasa dan Anindya Wiratama, Taruna dan Taruni penerima penghargaan mengalungkan sendiri penghargaan yang diterimanya dan mengambil piagam penghargaannya di atas meja.

“Hal ini dikarenakan untuk mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19,” ungkap Nefra.

Dikatakan Nefra, pada upacara penutupan pendidikan, Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa memberikan ucapan selamat kepada seluruh Taruna dan Taruni Tingkat IV (Sermatutar) yang telah menyelesaikan pendidikan selama empat tahun dengan baik.

“Selanjutnya mereka berhak menyandang gelar Sarjana Terapan Pertahanan S.Tr (Han),” ujarnya.

Kasad juga menyampaikan ucapan selamat kepada lulusan terbaik Taruna (Putra) yang mendapatkan piagam dan medali penghargaan Adhi Makayasa yang diraih oleh Sermatutar Angga Andhika Yudha.

“Selain itu, Kasad juga sampaikan penghargaan Anindya Wiratama kepada lulusan terbaik Taruni (Putri) yang diraih oleh Sermatutar Heny Puspitasari,” ujar Nefra.

Lanjut Nefra, semua penghargaan tersebut adalah bentuk pengakuan atas kerja keras dan potensi diri yang telah ditunjukkan para Taruna selama pendidikan.

“Pimpinan TNI AD (Kasad) juga berharap agar prestasi yang telah diraih dapat terus dikembangkan dalam berkarier sebagai perwira TNI AD nantinya,” ucap Alumni Akademi Militer tahun 1992 itu.

Kasad juga meminta kepada seluruh Taruna dan Taruni agar terus belajar dan berlatih, mengembangkan kemampuannya masing-masing menjadi perwira yang profesional dan pemimpin TNI AD.

Yang kelak dapat diandalkan dan siap ditempatkan di satuan-satuan TNI AD yang menjadi prioritas baik satuan tempur, satuan bantuan tempur dan satuan bantuan administrasi yang tersebar di seluruh wilayah NKRI.

Lulusan Akademi Militer tahun ini terbagi dalam 10 ( sepuluh) korps kecabangan di TNI AD, antara lain kecabangan Infanteri 116 Taruna; Kavaleri 24 Taruna; Armed 19 Taruna; Arhanud 20 Taruna; Zeni 25 Taruna 2 Taruni.

Berikutnya yang ke enam yakni; Penerbad 13 Taruna 3 Taruni; Bekang 7 Taruna 6 Taruni; Perhubungan 3 Taruna 2 Taruni; Peralatan 2 Taruna 2 Taruni; Polisi Militer 5 Taruna 5 Taruni.

”Selamat bertugas kepada para perwira muda TNI Angkatan Darat tahun 2020,” pungkas Kadispenad mengutip pernyataan Kasad.

Rangkaian kegiatan upacara itu, dimeriahkan Playpass dan Display GSCL (Genderang Suling Caka Lokananta) disertai peragaan defile taruna dan taruni tingkat IV yang disaksikan oleh Kasad beserta undangan lainnya.

Setelah upacara penutupan, para Taruna dan Taruni yang menyelesaikan pendidikan diberikan kesempatan untuk bertemu dengan para orangtua yang telah menunggu di sekitar lapangan upacara. Rasa bahagia dan haru tumpah ruah di lapangan upacara.

Pada kesempatan itu, Kasad berkesempatan menemui para orangtua Taruna dan Taruni di lapangan, dan juga menemui dan menghibur para Taruna dan Taruni yang orangtua mereka belum dapat hadir.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pangkostrad, Dankodiklat TNI AD, Danjen Akademi TNI, Gubernur Akmil, Para Danpuscab, para pejabat teras di lingkungan TNI AD, Pejabat Distribusi Akademi Militer dan Para Gumil.

Hadir juga Dosen, Pengasuh dan Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Ny. Hetty Andika Perkasa, serta 1142 Taruna dan Taruni Tingkat I,II,III dan IV. (Amhar).

Continue Reading

Info TNI/Polri

Korem 061/SK Bangun 1.573 Huntara Bagi Korban Bencana Longsor

Published

on

By

JanoerKoening, Bogor – Menteri Sosial RI Juliari P Batubara bersama dengan Danrem 061/Suryakancana Brigjen TNI Agus Subiyanto menghadiri acara peresmian Pemanfaatan Hunian sementara (Huntara) bagi warga Bogor korban bencana longsor

Selain itu juga ada penyerahan Jaminan Hidup dari Kementerian Sosial dan Penyerahan Bantuan Beras dari Bupati Kabupaten Bogor, bertempat di Kampung Nyomplong Rt. 05 Rw. 04 Desa Kecamatan Sukajaya Kabupaten, Bogor, Jawa Barat, Senin (6/7/2020).

Penyerahan Huntara oleh Danrem 061/SK kepada Bupati Kabupaten Bogor Hj. Ade Yasin tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti di lokasi pembangunan Huntara di Sukajaya.

Mensos RI mengapresiasi dan menginapkan terima kasih kepada Korem 061/SK atas upaya dan kerja keras dalam mewujudkan pembangunan Huntara di wilayah Bogor tersebut.

Sementara itu dalam sambutannya Danrem 061/Sk menyampaikan bahwa pada dasarnya TNI selalu bersinergi bersama pemerintah daerah untuk mengatasi kesulitan rakyat.

“Alhamdulillah pada kesempatan ini kami dapat menyelesaikan pembangunan Huntara di wilayah Kecamatan Sukajaya dan Kecamatan Cigudeg dengan jumlah 1.573 Unit dalam kurun waktu dua bulan,” ujar Danrem.

“Semoga dapat memberikan manfaat dan menjadi solusi bagi warga yang tertimpa di wilayah Bogor beberapa waktu lalu dan kehilangan rumah tinggalnya,” imbuhnya.

Hadir dalam acara tersebut, Menteri Sosial Juliari P Batubara, Bupati Bogor Hj. Ade Yasin, Dirjen Perlindungan dan Jaminan hidup, Danlanud ATS Marsekal TNI Ending.

Dan nampak juga hadir Kapolres Kab. Bogor, Pgs. Dandim 0621/Kab. Bogor, Danyonif 315/Grd, Camat Sukajaya, Kades se Kecamatan Sukajaya, Muspida dan Muspika Kab. Bogor. (Amhar)

Continue Reading

Info TNI/Polri

Satgas Yonif 713 Amankan Miras Ilegal Di Jalan Trans Papua

Published

on

By

JanoerKoening, Papua – Satgas Pamtas Yonif 713/ST Pos Skamto kembali melaksanakan pemeriksaan terhadap kendaraan sepeda motor dan mobil yang melintas jalan Trans Papua Kabupaten Keerom dan berhasil mengamankan miras ilegal yang dibawa warga.

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Yonif 713/ST Letkol Inf Dony Gredinand,S.H.,M.Tr.Han.,M.I.Pol dalam rilis tertulisnya di Pos Kotis Skouw Papua, Minggu (05/07/2020)

Dansatgas mengungkapkan bahwa kegiatan pemeriksaan ini dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat dan terhindar dari peredaran barang-barang terlarang, baik itu miras, narkotika, dan tindakan ilegal yang bertentangan dengan hukum.

“Dalam pemeriksaan ini, Pos Skamto yang dipimpin Serda Kurniawan dan regunya berhasil mengamankan dua botol anggur merah ukuran 650 ML dan satu botol miras berlabel Ice Land yang dibawa oleh warga yang melintas,” ujarnya.

Dony mengatakan, miras tersebut disita dari saudara AI (22), pekerjaan buruh bangunan alamat Arso-9 Kabupaten Keerom. Dan saat ini barang bukti miras tersebut diamankan di Pos Skamto untuk selanjutnya akan dimusnahkan.

“Saya menghimbau masyarakat untuk menjauhi barang-barang terlarang baik itu miras, narkotika dan lain sebagainya, karena dengan mengkonsumsi barang-barang tersebut akan merugikan diri pribadi, orang lain serta lingkungan,” tegasnya.

Dirinya menegaskan tidak akan memberikan ruang bagi siapapun yang melakukan pelanggaran maupun tindakan ilegal yang dapat merugikan masyarakat dan akan terus melakukan patroli di wilayah perbatasan. (Amhar)

Continue Reading

Trending