Connect with us

Info TNI/Polri

Purnawirawan TNI/Polri Menolak RUU HIP, Mendesak DPR RI Mencabutnya

Published

on

 

JanoerKoening, Jakarta – Legiun Veteran Republik Indonesia dan Forum Komunikasi Purnawirawan TNI/POLRI (FOKO) menggelar jumpa pers Peluncuran Pernyataan Sikap menyikapi “SITUASI NASIONAL TERKINI” pada Jumat, 12 Juni 2020, bertempat di Gedung LVRI, Balai Sarbini, Semanggi, Jakarta.

Dinamika kehidupan ideologi, politik, ekonomi dan sosial pada akhir-akhir ini telah berkembang sangat mengkhawatirkan. Adanya Kelompok berpaham khilafahisme telah berhasil mempengaruhi berbagai unsur lapisan masyarakat dan membangun jaringan yang cukup luas.

Letjen TNI Purn. Soekarno, Pengurus LVRI/Foko mengungkapkan, selain paham khilafahisme, kini muncul sisa-sisa PKI yang terus-menerus berusaha untuk bangkit dengan menyusup kepada partai-partai politik yang ada, manuver politik mereka yang terkini adalah mengangkat RUU “Haluan Ideologi Pancasila” (HIP) dan menolak mencantumkan TAP MPRS XXV/1966 sebagai konsideran.

Dia juga ungkapkan adanya kelompok Liberal Kapitalis lewat empat kali amandemen UUD 1945 telah berhasil meminggirkan “roh” Pancasila dan Pembukaan UUD 1945 dalam kehidupan berbangsa-bernegara, menggantikannya dengan induvidualisme-liberalisme-kapitalisme. Kapital besar yang mereka miliki pada kenyataannya mampu mengendalikan dinamika sosial, politik dan ekonomi.

Kebebasan nyaris tanpa batas yang dibuka oleh liberalisme telah menimbulkan turbulensi ideologis yang luas dalam kehidupan sosial, politik dan ekonomi nasional.

“Kondisi terkini yang antara lain ditandai oleh maraknya kegaduhan di dalam masyarakat terkait isu TKA China ditengah maraknya PHK selama pandemik Covid-19 dan merebaknya isu kebangkitan PKI telah dimanfaatkan oleh kelompok radikal, sisa-sisa PKI, serta kelompok separatis Papua untuk lebih memperkeruh situasi,” tandanya.

Soekarno menyebut, kondisi ini merupakan ancaman nyata terhadap kehidupan bermasyarakat- berbangsa-bernegara dalam wadah NKRI berdasarkan Pancasila serta semangat Bhinneka Tunggal Ika. Untuk itu kami Purnawirawan TNI/Polri menyatakan sikap, sebagai berikut:

Pertama: Mendesak pemerintah untuk membongkar tuntas, menghentikan dan menindak berbagai bentuk kegiatan kelompok masyarakat yang menyebarkan paham Kilafahisme yang telah memiliki basis di kampus-kampus PTN dan PTS diseluruh Indonesia, membersihkan birokrat dari anasir-anasir kelompok radikal.

Kedua: Mendesak DPR RI untuk mencabut RUU HIP dan mendesak Pemerintah untuk menolaknya. Suatu kekeliruan yang sangat mendasar bila penjabaran Pancasila sebagai staatsfundamentalnorm atau landasan bagi pembentukan UUD (Hans Nawiasky) justru diatur dalam UU. Penjabaran Pancasila di bidang politik/pemerintahan, ekonomi, hukum, pendidikan, pertahanan serta bidang lainnya telah diatur dalam UUD 1945. Keberadaan UU HIP justru akan menimbulkan tumpang-tindih serta kekacauan dalam sistem ketatanegaraan maupun pemerintahan. Pengangkatan RUU HIP ini dinilai sangat tendensius karena terkait dengan upaya menciptakan kekacauan serta menghidupkan kembali PKI.

Ketiga: Mengajak segenap komponen bangsa khususnya kelompok elit, untuk fokus pada upaya memerangi Covid 19, menempatkan kepentingan bangsa-negara di atas segalanya, serta tidak memanfaatkan situasi baik untuk kepentingan politik maupun ekonomi. Kepada aparat yang berwenang agar mengambil tindakan hukum secara tegas terhadap mereka yang melanggar.

Keempat: Mendesak MPR RI, DPR RI dan Pemerintah, serta mengajak seluruh masyarakat untuk menegakkan tata kehidupan berdasarkan Pancasila secara murni dan konsekuen dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Hal ini akan berhasil hanya melalui upaya konstitusional “Kaji Ulang” Perubahan UUD 1945. (Amhar)

Continue Reading

Info TNI/Polri

Tinjau Rumah Dinas Prajurit, Wow! Jenderal Perkasa Hadir Mengawasi

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa meninjau perkembangan pembangunan rumah Dinas Prajurit di Yonif 511/DY Blitar Jatim, pada Kamis (21/10/2021).

Dalam keterangan terulisnya (22/10) dijelaskan, bahwa kunjungan dan peninjauan Sang Jendelar Persaka tersebut terpantau didampingi Ketum Persit KCK Ibu Hetty Andika Perkasa, Kasdam V/Brw Brigjen TNI Agus Setiawan, Danrem 081/Dsj Kolonel Inf Waris Aris Nugroho beserta jajarannya.

Selama berada di Batalyon, Kasad berkeliling melihat pembangunan 107 Unit rumah dinas prajurit dan 7 Unit Barak Bintara dan Tamtama. Ini merupakan cara Kasad melakukan pengawasan terhadap kualitas dan kemajuan pekerjaan pembangunan serta renovasi perumahan Prajurit di Yonif 511.

Di tempat yang sama Ibu Hetty Andika Perkasa selaku Ketua Umum Persit KCK berkesempatan mengunjungi Posbidu Batalyon Infanteri 511/Dy dan sentra kerajinan tangan.

Usai mengunjungi Batalyon Infanteri 511/Dy, Ibu Hetty juga menggelar bakti sosial dengan memberikan sejumlah 300 paket sembako kepada warga di Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Sananwetan, serta warga di Pusat Informasi Perdagangan dan Pariwisata, Blitar Jatim. (Amhar)

Continue Reading

Info TNI/Polri

Tinjau Bakti Sosial, Pangdam Jaya Apresiasi Alumni Akabri 99

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji. M.A., menghadiri undangan kegiatan vaksinasi massal dan bhakti sosial yang diselenggarakan oleh alumni Akabri 99 (Base99), bertempat di Gedung Satya Haprabu Korbrimob Polri, Kelapa Dua, Jl. Rumbut No. 14, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Rabu (20/10/2021).

Kapendam Jaya Kolonel Arh Herwin BS dalam keterangan persnya mengatakan kehadiran Pangdam Jaya di acara tersebut, selain meninjau langsung, juga memberi motivasi dan mengapresiasi alumni Akabri 99 yang telah menginisiasi dan mewujudkan kegiatan vaksinasi massal serta bhakti sosial selaras dengan kebutuhan masyarakat di masa pandemi saat ini.

” Vaksinasi massal dan bhakti sosial yang digelar oleh alumni Akabri 99 tersebut merupakan bentuk kepedulian serta pengabdian terhadap bangsa dan negara di masa pandemi, hal ini juga merupakan wujud sinergitas TNI – Polri, dalam berkontribusi yang dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat, ” ungkap Kapendam Jaya.

Kegiatan vaksinasi massal dan bhakti sosial yang digelar alumnus Akabri 99 kali ini, juga dihadiri oleh Panglima TNI dan Kapolri. Panglima TNI maupun Kapolda Metro Jaya juga turut mengapresiasi kegiatan tersebut, lebih-lebih banyak hal yang telah dilakukan oleh alumni Akabri 99 dalam membantu kesulitan rakyat, seperti perehaban Mesjid.

” Hal terpenting bahwa kegiatan serbuan vaksinasi ini merupakan wujud dari sinergitas dan solidaritas dari TNI dan Polri dalam menekan laju penyebaran virus Corona di tanah air, “tutup Kapendam Jaya.

Hingga berita ini diterbitkan, kegiatan berjalan dengan baik, pelaksanaannya senantiasa mengedepankan protokol kesehatan Covid-19. (Amhar)

Continue Reading

Info TNI/Polri

AD Amerika Serikat Serahkan Bantuan APD Kepada TNI AD

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) menerima bantuan peralatan kesehatan berupa perlengkapan Alat Pelindung Diri (APD) dari US Army (AD Amerika Serikat) bertempat di lantai dasar Gedung E Mabesad, Selasa (19/10/2021).

Perlengkapan APD diserahkan oleh pihak US Army melalui Colonel Ian Francis, ODC Chief kepada pihak TNI AD yang diwakili Asisten Latihan (Aslat) Kasad Mayjen TNI Harianto, dengan rincian Baju APD 550 stel, Sarung Sepatu 300 pasang, Face Shield 300 unit, Sarung Tangan 680 pasang, Tensimeter 16 unit, Baju Medis 4.800 stel dan Stetoskop 80 unit.

Dalam sambutannya Aslat Kasad Mayjen TNI Harianto atas nama pimpinan TNI AD menyampaikan apresiasi serta ucapan terima kasih kepada pihak US Army atas bantuan sejumlah perlengkapan APD kepada TNI AD yang akan digunakan para tenaga kesehatan dalam menangani pasien Covid-19.

Sementara itu, Colonel Ian Francis mewakili US Army mengatakan dukungan sejumlah peralatan kesehatan yang diserahkan merupakan salah satu wujud eratnya persahabatan antara US Army dengan TNI AD. “Ke depan kita berharap hubungan bilateral yang sudah terjalin baik antara kedua Angkatan Darat ini, akan dapat lebih ditingkatkan”, tegasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Atase Pertahanan AS Colonel Leo Leibreich, para Waaslat Kasad, para Paban Slatad, Dandenma Mabesad, para Kasi Denmabesad dan Dansatkes Denmabesad (Amhar)

Continue Reading

Trending