Connect with us

Daerah

Serap Aspirasi, Fachrul Razi Gelar Silaturahmi dengan Mahasiswa Asal Papua Di Aceh

Published

on

 

JanoerKoening, Lhokseumawe – Tim dari Senator DPD-RI Asal Aceh Fachrul Razi menggelar silaturahmi sembari bertukar pikiran dan menampung aspirasi dari mahasiswa asal Papua yang saat ini sedang menempuh pendidikan di berbagai kampus di Aceh yang tergabung dalam HIMAPAL (Himpunan Mahasiswa Papua Lhokseumawe). Selasa (09/06/20).

Himpunan Mahasiswa Papua Lhokseumawe atau dikenal dengan HIMAPAL turut menceritakan tentang kondisi mereka bertahan selama situasi pandemi Covid-19 melanda Indonesia khususnya di provinsi paling barat Aceh bertempat di salah satu Caffe di seputaran Kota Lhokseumawe.

Mahasiswa asal Papua ini bercerita tentang cara mereka bertahan ditengah situasi pandemi Covid-19 hingga keramahan masyarakat Aceh terhadap mereka yang telah meraka rasakan semenjak pertama kali menempuh pendidikan di Aceh.

Tim Senator DPD-RI Asal Aceh Fachrul Razi, Khairul Umam dan Muhammad Ichsan mendengar aspirasi serta berbagai masukan dari mahasiswa Papua yang menimba ilmu di Universitas Malikussaleh dan Politeknik Lhokseumawe. Mereka berharap besar kepada perwakilan DPR/DPD RI yang ada di Jakarta sebagai perpanjangan tangan dan harapan mahasiswa Papua agar mereka dapat diperhatikan di tanah rantau khususnya di wilayah paling barat Indonesia tersebut.

“Himpunan Mahasiswa Papua Lhokseumawe (HIMAPAL) merupakan paguyuban mahasiswa asal Papua yang sedang menempuh pendidikan di Aceh yang terdiri dari berbagai wilayah seperti Provinsi Papua (Kabupaten Asmat, Wamena, Memberamo Tengah, Dogiyai, Timika, Intan Jaya, Biak, dan Boven Digoel) serta dari Provinsi Papua Barat seperti (Kabupaten Bintuni)” Ujar Ketua HIMAPAL Ronal Orayauta.

Khairul Umam Tim Senator DPD-RI Fachrul Razi mengatakan adapun kegiatan malam ini berlangsung dengan adanya diskusi terbuka dan menyerap aspirasi yang disampaikan langsung oleh adik-adik mahasiswa asal Papua di Aceh yang kami tampung lalu akan kita sampaikan kepada Pimpinan Komite 1 DPD-RI Fachrul Razi yang juga merupakan Pansus Papua di DPD-RI.

Dalam silaturahmi tersebut mahasiswa asal Papua juga ikut bersuara terkait isu-isu yang sedang mencuat di Papua seperti kasus Tahanan Politik (Tapol) dari unsur mahasiswa yang saat ini sedang dituntut belasan tahun penjara imbas dari aksi unjuk rasa di Kota Jayapura Papua Agustus 2019 lalu buntut dari tindakan rasisme terhadap mahasiswa Papua di Surabaya tempo hari.

Mahasiswa asal Papua di Aceh juga meminta dan mendesak agar semua Tahanan Politik (Tapol) tersebut dibebaskan dari jeratan hukum serta berharap keadilan dapat ditegakkan di dalam proses persidangan yang saat ini sedang berlangsung, karena mereka menganggap para Tahanan Politik tersebut adalah Rakyat Papua yang melakukan perlawanan akibat tindakan Rasisme terhadap teman-teman mereka sesama Papua di Surabaya.

Mahasiswa Papua yang telah menempuh pendidikan beberapa tahun di Aceh ini juga mengatakan kepada Tim Senator DPD-RI Fachrul Razi bahwa merka belum memiliki hubungan dan relasi terhadap jaringan Papua di tingkat Nasional, menanggapi perihal tersebut Tim Senator DPD-RI Fachrul Razi meminta kepada mahasiswa asal Papua di Aceh untuk lebih aktif dan gencar terutama dalam menulis tulisan baik opini, gagasan maupun pemberitaan kepada media agar setiap kegiatan mereka di Aceh dapat terekpose dan terjangkau hingga ke kancah Nasional.

Tim Senator DPD-RI Fachrul Razi juga berjanji akan membangun hubungan adik-adik mahasiswa Papua dengan berbagai elemen di tingkat Nasional baik yang berada di DPD-RI maupun di DPR-RI dengan harapan para jaringan Papua yang berada di parlemen nasional dapat memerhatikan kondisi mahasiswa asal Papua yang berada di Aceh. (Amhar)

Continue Reading

Daerah

Doni Monardo Ingatkan Konsistensi Protokol Kesehatan Saat Belajar Tatap Muka

Published

on

By

JanoerKoening, Tangerang – Kepala BNPB sekaligus Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Doni Monardo bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi meninjau persiapan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara tatap muka yang rencananya akan dilakukan oleh Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) di Curug, Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu (6/3/2021).

Dalam arahannya, Doni Monardo berpesan agar pada implementasinya nanti protokol kesehatan dapat dilakukan secara konsisten dan tidak kendor.

Dia yakin apabila hal itu dapat dijaga dengan baik, maka akan dapat meminimalisir adanya penularan virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 di lingkungan kampus.

“Yang paling penting adalah konsistensi. Kalau konsep tadi bisa dilaksanakan secara optimal dan konsisten, saya yakin tidak akan ada yang terpapar,” tegas Doni.

Kemudian, Doni Monardo juga berpesan agar status kesehatan, baik dari peserta didik maupun tenaga didik dapat diketahui dan dipastikan bahwa mereka dalam kondisi sehat serta tidak memiliki risiko tinggi.

Dalam hal ini, bagi para tenaga didik yang memiliki penyakit penyerta atau komorbiditas, maka Doni memberikan saran agar yang bersangkutan tidak melakukan tatap muka dengan para siswanya.

Sebab, mereka yang memiliki risiko tinggi tersebut dapat mudah tertular dan berakibat fatal apabila tertular COVID-19 dari para peserta didik berusia muda yang sudah terinfeksi sebelumnya namun masuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Penting sekali bagi para peserta didik termasuk juga para pengasuh khususnya untuk juga diketahui status kesehatannya,” kata Doni.

“Saya sarankan apabila ada pengasuh yang memiliki risiko tinggi, punya komorbid sebaiknya tidak boleh melakukan pertemuan fisik dengan para siswa,” imbuhnya.

Kegiatan belajar tatap muka STPI, menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi rencananya akan dimulai pada pekan depan dengan porsi 30 persen masuk kelas dan 70 persen lagi menggunakan media daring (online).

Adapun kegiatan belajar tatap muka tersebut juga hanya dikhususkan bagi kelas praktik saja, yang mana hal itu mengharuskan kehadiran peserta didik.

Dalam implementasinya nanti, kegiatan belajar mengajar _on campus_ tersebut akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dimulai dari wajib masker, mencuci tangan dan periksa suhu badan sebelum masuk ruangan, wajib swab antigen

Hal itu dilakukan sampai dengan konsep makan para peserta menggunakan sistem blok (block system), di mana para siswa taruna dan taruni tidak mengkonsumsi makanan dalam satu meja dan saling membelakangi.

Melihat praktik simulasi penerapan protokol kesehatan ketat dalam rencana KBM tatap muka tersebut, Doni Monardo merasa optimis. Akan tetapi dia tetap berpesan agar apa yang telah dilaksakanan dengan baik terkait pencegahan penularan COVID-19 tidak menjadi sia-sia.

“Kalau kita konsisten, disiplin dan juga bisa kompak bersama-sama maka inshaAlloh bangsa kita akan bisa mengendalikan COVID-19 ini dengan baik. Selamat mengikuti kegiatan belajar tatap muka, semoga Allah SWT melindungi kita semua,” pungkas Doni. (Amhar)

Continue Reading

Daerah

Pertahankan Moral Bangsa, Fahira: Kami Apresiasi Ustadz dan Ustadzah

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta Melalui Bidang Perempuan Remaja dan Keluarga (PRK) menyambut Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal DKI Jakarta, Hj. Fahira Idris, S.E., M.H di kantor MUI, Senin (25/1/2021).

Adapun maksud Kehadiran Fahira Idris merupakan atas undangan bidang PRK MUI DKI Jakarta untuk menerima masukan mengenai program tahun 2021.

Dalam sambutannya, Hj. Fahira Idris, S.E., M.H menyampaikan senang bisa bertemu dengan pimpinan serta pengurus dan anggota bidang PRK MUI DKI Jakarta

Dengan adanya pertemuan ini diharapkan menghasilkan masukan dan kerjasama program dengan DPD RI sehingga timbul adanya sinergi yang kuat antara MUI DKI Jakarta dengan Fahira Idris ke depannya.

Fahira mengungkapkan, selama Covid-19 alhamdulilah sudah banyak kegiatan yang telah kami jalankan, mulai dari memberikan advokasi hukum, Advokasi kesehatan, Pemberian Modal UMKM

“Seperti salah satunya yang pernah kami laksanakan bersama Bidang PRK adalah membuat Fried Chicken melalui pemberdayaan UMKM dengan dana bergulir,” ujar Fahira Idris.

Dalam kesempatan yang sama, Fahira Idris juga memberikan apresiasi kepada ustadz maupun ustadzah yang telah mempertahankan moral bangsa dengan memberikan pendidikannya untuk masyarakatnya.

“Dengan penuh hormat dan rasa bangga, saya berikan Piagam Penghargaan khusus kepada Para Ustadzah atas dedikasi menjaga Akidah dan Akhlakul Karimah Umat,” ungkapnya.

Fahira juga menyampaikan ucapan Terima kasih pada para Ustadzah yang telah mendedikasikan Waktu, Tenaga, Pikiran, Raga, dan Jiwa, Demi Kemashlahatan Masyarakat, serta Pembangunan Karakter Generasi Muda dan moral bangsa

Fahira menyebut, apa yang telah dilakukan oleh Ustadz dan Ustadzah adalah sebuah torehan yang memotivasi dan menjadi inspirasi bagi masyarakat.

“Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan berkah dan jalan kemudahan dalam menjalankan tugas-tugas Dakwah,” pungkas Fahira Idris.

Sebelumnya, sambutan di awali oleh Ketua Umum MUI DKI Jakarta dengan mengucapkan selamat datang dan bersyukur Fahira Idris bisa hadir atas undangan MUI DKI Jakarta.

“Alhamdullilah, saya bersyukur atas kehadiran Fahira Idris di kantor MUI DKI Jakarta,” ucap KH. Munahar Muchtar, HS Ketua Umum MUI DKI Jakarta.

Selanjutnya KH. Munahar mengatakan, kami sampaikan pula pengurus PRK ini merupakan kumpulan dari ustadzah, pimpinan majelis taklim, bahkan ormas Islam baik nasional maupun tingkat DKI Jakarta

“Kami sangat berharap kehadiran Ibu Fahira Idris disini dapat terjalin kerjasama yang baik dengan kami di MUI DKI Jakarta,” pinta KH. Munahar Muchtar, HS Ketua Umum MUI DKI Jakarta.

MUI DKI Jakarta membuka pintu selebar-lebarnya untuk masukan serta program yang nantinya bisa di kerjasamakan dengan DPD RI, apalagi terkait permasalahan perempuan, remaja dan keluarga.

Oleh karna itu, saya berharap kepada bidang PRK, baik tingkat wilayah sampai Kota, Kabupaten perlu adanya kerjasama yang baik terutama membangun komunikasi

“Hal ini dapat memberikan manfaat untuk ke depannya salah satunya adalah membuat dan menciptakan program yang tepat untuk masyarakat, khususnya di DKI Jakarta,” tutup KH. Munahar Muchtar, HS.

Terkait Pra Raker

Acara Pra Raker ini merupakan rangkaian acara menuju Rapat Kerja yang akan dilaksanakan di Cibodas Puncak Jawa Barat pada tanggal 26-27 Januari 2021 mendatang.

Pada acara tersebut direncanakan mengundang empat narasumber dari masing-masing ormas maupun lembaga islam, dengan melakukan protokol kesehatan yang ketat

Dengan syarat peserta sebelum memasuki ruang rapat, wajib di Swab agar acara berjalan dengan lancar, “Ujar” Hj. Nuraini Ketua Panitia Rapat Kerja Bidang PRK MUI DKI Jakarta. (Amhar)

Continue Reading

Daerah

Berharap Aceh Bebas Corona, GerCin DPD Bagikan Masker Di Jalan Raya

Published

on

By

JanoerKoening – Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Rakyat Cinta Indonesia (DPD -GerCin) Aceh membagikan masker gratis kepada masyarakat pengguna jalan. Kegiatan ini dilakukan di ruas Jalan Simpang Lima Banda Aceh, Rabu (20/1/2021).

Ketua DPD GerCin Aceh Drs. Isa Alima Menyampaikan, Kami sangat mendukung program Pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 serta program Vaksinasi Corona (Covid-19).

“Dukungan kami ini, agar semua masyakatat Aceh dapat terbebas Covid-19, sehingga segenap warga Aceh dapat menikmati kehidupan normal dan melaksanakan Ibadah dengan aman, nyaman dan damai,” harapnya.

Lebih lanjut Alima katakan, Gerakan Rakyat Cinta Indonesia (GerCin) Aceh siap menjadi Garda terdepan dalam menyauti segenap persoalan yang timbul di masyarakat khususnya bidang sosial, ekonomi dan budaya.

“Memang Keberadaan Gercin ini masih baru di aceh, kita akan selalu eksis dan peduli menyauti persoalan yang timbul di masyarakat saat ini yaitu mengenai wabah Covid 19,” sambungnya.

Untuk itu kata Alima yang juga Mantan Anggota DPRK Pidie, GerCin Aceh merasa terpanggil dengan kegiatan bagi-bagi masker gratis bagi masyarakat.

Atas kegiatan ini, “Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada PLN Wilayah Aceh dan Kyriad Muraya Hotel serta semua pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam mensukseskan acara ini,” tutup Isa Alima. (Amhar)

Continue Reading

Trending