Connect with us

Uncategorized

Di Dalam Air Susu Ibu ada Stem Cell Terbaik

Published

on

Ditulis hari Jum’at, 24 April 2020, Oleh: Dr.Eng. Iwan Tutuka Pambudi, Penulis adalah Karyawan Astra International

Stem cell atau sel punca secara umum adalah sel yang belum berdiferensiasi dan mempunyai potensi yang sangat tinggi untuk berkembang menjadi banyak jenis sel yang berbeda. Dan juga berfungsi sebagai sistem perbaikan untuk mengganti sel-sel tubuh yang rusak.

Saat sel punca membelah, sel yang baru mempunyai potensi untuk tetap menjadi sel punca atau menjadi sel dari jenis lain dengan fungsi yang lebih khusus, misalnya sel otot, sel darah merah atau sel otak.

Sel punca adalah sel yang belum terspesialisasi yang mempunyai dua sifat:

1. Kemampuan untuk berdiferensiasi menjadi sel lain, yaitu mampu berkembang menjadi berbagai jenis sel matang, misalnya: sel saraf, sel otot jantung, sel otot rangka, sel pankreas, dan lainnya.

2. Kemampuan untuk memperbaharui atau meregenerasi dirinya sendiri, yaitu dapat membuat salinan sel yang persis sama dengan dirinya melalui pembelahan sel.

Berdasarkan kemampuan berdiferensiasi, sel punca dibagi menjadi:

1. Totipotent adalah sel yang dapat berdiferensiasi menjadi semua jenis sel.

2. Pluripotent adalah sel yang dapat berdiferensiasi menjadi tiga lapisan germinal: ektoderm, mesoderm, dan endoderm, tapi tidak dapat menjadi jaringan ekstra embryonik seperti plasenta dan tali pusar.

3. Multipotent adalah sel yang dapat berdiferensiasi menjadi banyak jenis sel, misalnya sel punca hematopoietik.

4. Unipotent adalah sel yang hanya dapat menghasilkan satu jenis sel. Dan sel punca ini mempunyai sifat dapat memperbaharui atau meregenerasi diri.

Sel punca ditemukan dalam berbagai jaringan tubuh, sehingga sel punca dibagi menjadi beberapa berdasarkan asal selnya:

1. Zygote, yaitu pada tahap sesaat setelah sperma bertemu dengan sel telur.

2. Sel punca embrionik yaitu sel yang diambil dari inner cell mass dari suatu blastocyst (embrio hari ke-5 pasca pembuahan). Sel punca embrionik biasanya didapatkan dari sisa embrio yang tidak dipakai pada IVF (in vitro fertilization). Tapi saat ini telah dikembangkan teknik pengambilan sel punca embrionik yang tidak membahayakan embrio tersebut, sehingga dapat terus hidup dan bertumbuh. Hal ini mungkin dapat mengurangi kontroversi etis terhadap sel punca embrionik.

3. Fetus adalah perkembangan pada fase seteleh embrio dan sebelum kelahiran. Fetus dapat diperoleh dari klinik aborsi.

4. Sel punca darah tali pusar, yaitu sel yang diambil dari darah plasenta dan tali pusar segera setelah bayi lahir. Sel punca dari darah tali pusar merupakan jenis sel punca hematopoietik, dan ada yang menggolongkan jenis sel punca ini ke dalam sel punca dewasa.

5. Sel punca dewasa, yaitu sel yang diambil dari jaringan dewasa, antara lain dari sumsum tulang.

Kita tahu bahwa air susu ibu (ASI), sudah sejak lama bermanfaat sebagai nutrisi bagi bayi yang baru lahir, ASI sama pentingnya untuk perkembangan bayi. Sebuah penelitian membuktikan, sel punca atau sel punca telah ditemukan dalam ASI.

Pada tahun 2007, Prof Peter Hartmann bersama Dr Mark Cregan pada University of Western Australia pertama kali menemukan keberadaan sel punca di dalam ASI. Lalu Dr Foteini Kakutas mulai tahun 2012 melanjutkan penelitian ini dengan membuat terobosan baru, bahwa sel punca seperti embrionik ini ditemukan dalam ASI dapat diarahkan untuk menjadi jenis sel tubuh lainnya seperti sel tulang, sel lemak, sel hati, sel pankreas dan sel otak. Penelitian ini memunculkan kemungkinan baru untuk sumber sel punca yang dapat digunakan dalam pengobatan regeneratif tanpa perlu merusak embrio.

Dr Kakulas mempresentasikan temuannya untuk pertama kali kepada dunia Eropa di Simposium Medela. Dia menjelaskan bahwa penemuannya ini membuka beberapa jalan untuk dilanjutkan di berbagai bidang penelitian termasuk kanker payudara, terapi sel punca dan pengobatan regeneratif.

Beberapa tahun yang lalu Dr Kakulas mempresentasikan penemuan terakhirnya bersama tim biologi sel-nya pada Medela Simposium ke-10 di Warsawa. Dia bertekad untuk mengungkapkan peran sel-sel tersebut dalam perkembangan bayi yang sedang disusui. Bayi menelan jutaan hingga miliaran sel hidup dari ASI setiap hari, apakah ini hanya kebetulan? Bisakah mereka selamat dari perut bayi?

Presentasi yang menarik digambarkan pada eksperimen terbarunya dimana Dr Kakulas menggunakan model tikus untuk mengikuti kondisi sel-sel ini. Dengan menggunakan tikus yang mengekspresikan gen penanda Dr Kakulas bisa mengikuti sel-sel dari ASI ke neonates, yaitu bayi yang baru lahir 28 hari pertama kehidupan.

Eksperimen ini menunjukkan bahwa sel punca ASI bisa ditemukan dalam perut hidup-hidup, dan juga dalam darah, thymus (kelenjar dada), hati, pankreas dan juga otak. Sel-sel ini juga secara fungsional terintegrasi ke dalam organ-organ tersebut dan memproduksi protein spesisfik organ.

Temuan ini membuktikan tentang kelangsungan hidup sel punca ASI pada neonatus, dan menunjukkan bahwa sel-sel ini bermigrasi dan secara fungsional berintegrasi ke organ-organ neonatus di mana sel-sel ini dapat memberikan manfaat perkembangan pada neonatus.

Dr Kakulas mengatakan, “Penemuan di danai oleh Medela dan membuka banyak cakrawala penelitian baru. Karena keberadaan sel punca dalam jumlah yang relatif besar di dalam ASI, penemuan ini juga membuktikan bahwa ASI mempunyai manfaat lain tidak hanya sebagai nutrisi untuk bayi. Dan menjadi jelas bahwa ASI dapat berfungsi sebagai sumber yang etis, non invasif dan berlimpah bagi sel punca manusia. Selain itu saya sangat tertarik untuk meneliti lebih lanjut peran sel punca dalam regenerasi jaringan dan perkembangan bayi, serta dampak apa yang mungkin bisa menimbulkan penyakit”.

Seorang direktur pada National Childbirth Trust di Inggris mengatakan, “Penelitian ini mengungkapkan banyak faktor bahwa pada ASI yang kita ketahui hanya sedikit dan ternyata mempunyai berbagai keuntungan, seperti membantu sistem kekebalan bayi untuk tumbuh berkembang”.

Chris Mason, Professor regenerative medicine di University College London mengatakan, “Penemuan ini memberikan kita wawasan kepada penyakit payudara yang spesifik dan sangat berharga ketika kita akan mengkaji dan mengembangkan obat-obatan”.

Continue Reading

Uncategorized

Gelar Vaksin Gratis, Rio Castelo Targetkan 7000 Orang

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Kementerian Kesehatan, GERAK BS, Ikatan Motor Indonesia (IMI), Motor Besar Indonesia (MBI), KB FKPPI menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 massal yang digelar pada tanggal 22 Juli 2021 di Hotel Sultan, Jakarta.

Ketua Umum Motor Besar Indonesia, Rio Castelo mengatakan target selama pelaksanaan vaksinasi Covid-19 sebayak 7.000 orang.

”Jadi prosesnya, sebelumnya kami mengajukan data ke dinkes dan selanjutnya dinkes akan mengeluarkan vaksin sejumlah data yang masuk. Maka dari itu bagi peserta yang belum mendaftar secara online hatus menunggu dulu,” ujar Rio Castelo.

Lebih lanjut ia mengatakan, peserta vaksinasi kali ini untuk wilayah Jabodetabek, dan kegiatan ini sudah ketiga kalinya di selenggarakan.

”Saya berharap pemerintah segera menuntaskan program vaksinasi karena masih banyak sekali masyarakat yang belum kebagian vaksin,” tutur Rio Castelo.

“Sebagai organisasi kita membantu untuk percepatan penanganan Covid-19 ini,” ungkap Rio castelo.

Sebelumnya di tempat yang sama Ketua MPR RI sekaligus Kepala Badan Bela Negara Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI/POLRI Indonesia (FKPPI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, Kementerian Kesehatan menyiapkan vaksinnya

Ditambahkan Bamsoet, FKPPI bersama kelompok masyarakat lainnya menyiapkan tempat dan juga tenaga kesehatan beserta sarana dan prasarana pendukung seperti jarum suntik dan juga pelayanan kesehatan lainnya .

“Lain dari itu, sekaligus mengkonsolidasikan kekuatan sosial pengurus cabang KB FKPPI dengan Kodam dan Polda di daerahnya masing-masing. Dalam rangka menjaga kedaulatan dan persatuan bangsa. Khususnya dalam menghadapi pandemi Covid-19, yang saat ini masih menjadi momok persoalan bangsa,” pungkasnya.

Continue Reading

Uncategorized

Dies Natalis ke-59, IBM Asmi Gelar Webinar “asmiDIGItalk”.

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Bulan Juli merupakan bulan yang berbahagia bagi civitas akademika Institut Bisnis Multimedia asmi. Bulan ini merupakan bulan Dies Natalis yang ke-59 bagi kampus IBM asmi.

Adanya rangkaian kegiatan yang dilakukan yakni IBM asmi bersyukur dan berdoa, dimana kegiatan ini telah dilakukan tepat pada tanggal 1 Juli 2021 yang juga ditetapkan sebagai Dies Natalis IBM asmi.

Institut Bisnis dan Multimedia asmi dalam rangka Dies Natalis 59 tahun juga menyelenggarakan kegiatan webinar yang disebut webinar asmiDIGItalk dengan mengangkat tema “Optimalisasi Peluang Bisnis bagi Generasi Tangguh di Era Baru: Kamu Bisa”.

Pelaksanaan webinar ini menjadi terobosan baru dalam kegiatan webinar karena dalam pelaksanaanya berbeda dengan webinar yang dilakukan pada umumnya. Webinar ini bertajuk webinar series dimana dalam pelaksanaannya, kegiatan webinar dilakukan sebanyak empat series dalam satu tema kegiatan webinar.

Tema yang diangkat sesuai dengan tantangan dan kondisi yang ada saat ini, dimana dalam meningkatkan pengetahuan, perekonomian, harus didukung dengan kemampuan dalam menggunakan teknologi.

Webinar ini hadir untuk mengungkapkan digitalisasi menjadi kunci dalam kegiatan ekonomi saat ini. Digitalisasi menghilangkan batasan ruang dan waktu serta memberikan kecepatan.

Dengan kecepatan digitalisasi, optimalisasi peluang-peluang pada dunia bisnis/wirausaha sebagai sarana untuk mengembangkan jiwa entrepreneur.

Hal ini juga dapat memfasilitasi mahasiswa/masyarakat umum melalui webinar untuk berinteraksi dengan para pejabat ataupun pebisnis yang bertujuan untuk memberikan motivasi dan merubah paradigma untuk menjadi seorang entrepreneur dan tertarik berinovasi untuk menciptakan peluang baru secara mandiri, membentuk mental serta keberanian yang tinggi untuk bersaing dengan dunia luar.

Pada tanggal 17 Juli 2021, kegiatan yang bertajuk webinar series tersebut dilaksanakan sebagai kegiatan awal webinar dengan nama webinar asmiDIGItalk 1 dengan judul “Supply Chain Optimization Strategy for Millenials in the Maritime & Digital Business in The New Era”.

Antusiasme masyarakat pada kegitan ini cukup tinggi, dimana jumlah peserta yang hadir melalui zoom melebihi 600 dan saat ini di youtube telah ditonton lebih dari 300 kali.

Latar belakang peserta berasal dari berbagai daerah di Indonesia dengan kalangan profesi yang berbeda-beada meliputi kalangan mahasiswa, praktisi, akademisi, entrepreneur, hingga pengambil kebijakan.

Webinar ini menghadirkan keynote speaker KSAL Ke-24 (Tahun 2012 -2015), Penasihat Khusus Menko Maritim & Investasi Bid. Hankam Maritim, Laks. TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio, S.I.P., M.M. dan tiga narasumber kompeten lainnya yakni Dr. Nofrisel, S.E., M.M., CSLP., ESLog; Sonny A. Liauw; dan Dr. Dwi Putra Budiyanto, S.H., S.E., M.M., M.H.

Selain itu, kegiatan ini diawali dengan sambutan Bpk. Dr. Freddy J. Rumambi selaku Rektor IBM asmi, dimana dalam sambutannya mengucap syukur atas Dies Natalis 59 IBM asmi dan bisa melaksanakan kegiatan webinar yang kedepannya akan tetap menjaga komitmen dan terus memperbaiki kualitas serta manfaat yang dapat berguna bagi khalayak umum.

Sementara itu, hal senada juga disampaikan oleh ibu Angelica Tengker selaku Ketua Yayasan Lembaga Pendidikan Gideon yang dalam sambutannya sangat mengapresiasi kerja panitia, lembaga dan seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanakan webinar asmiDIGItalk 1.

Dalam rangkaian webinar yang dipandu oleh Dr. Jerry M. Logahan, Dekan Fakultas Ekonomi IBM asmi, keynote speaker dan ketiga narasumber menyampaikan berdasarkan keahlian dan latar belakang profesi masing-masing.

Keynote Speaker, Bpk. Laks. TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio, S.I.P., M.M dalam paparannya menyebutkan jika pusat gravitasi geo ekonomi dan geo politik dunia sedang bergeser dari barat ke Asia Timur khususnya pada Negara-negara Asia yang sedang bangkit, momentum ini akan sangat baik dalam menunjang cita-cita Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Pemaparan berikutnya, Bpk. Dr. Nofrisel, S.E., M.M., CSLP., ESLog yang menjabat sebagai Ketua Asosiasi Logistik Indonesia; Chairman of Expert Board of Indonesia menyampaikan bahwa Supply chain menempatkan optimisasi dan mengelola ketidak pastian menjadi bagian integral dari strategi bisnis perusahaan serta penerapan teknologi, pengembangan jaringan dan kompetensi SDM adalah prasyarat utama untuk sukses.

Selanjutnya, paparan kedua disampaikan oleh Bpk. Sonny A. Liauw, CEO PT. Digital Mediatama Maxima Tbk, yang menyampaikan gambaran mengenai penggunaan dan pemanfaatan digital oleh platform-platform baik yang bergerak di sosial media maupun ecommerce.

Paparan terakhir oleh Dr. Dwi Putra Budiyanto, S.H., S.E., M.M., M.H selaku alumni IBM asmi yang saat ini menjabat sebagai manager PT. Triyasa Nagamas Farma menyampaikan bahwa untuk mendukung perkembangan ekonomi saat ini harus disertai dengan kemampuan dalam memanfaatkan teknologi

“Sehingga dalam pemanfaatannya memberikan dampak positif yang luas bagi masyarakat,” imbuh alumni Dr. Dwi Putra Budiyanto, S.H., S.E., M.M., M.H, menutupnya. (Amhar)

Continue Reading

Uncategorized

2 Hari Gelar Vaksin, Pangdam Jaya Targetkan 100 Ribu Orang

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Panglima Kodam Jaya, Mayjen TNI Mulyo Aji meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi massal yang digelar di Gelanggang Olahraga (GOR) Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu (10/7/2021).

Melansir Jitunews.com, Kepada wartawan Mayjen Mulyo Aji mengatakan, vaksinasi massal ini bakal digelar selama 2 hari dengan target vaksinasi sebanyak 100 ribu orang.

“Kita menggelar vaksinasi massal hari ini di 10 titik yang digelar oleh TNI, Polri, dan Pemprov DKI. Setiap titik, target kami sebanyak 5 ribu dosis vaksin,” kata Pangdam Jaya Mayjen Mulyo Aji kepada wartawan, Sabtu (10/7).

Jenderal bintang 2 ini mengungkapkan, kegiatan vaksinasi massal ini digelar dalam rangka mengejar target herd immunity agar masyarakat DKI bisa kembali beraktivitas.

Tak hanya itu, tenaga kesehatan yang saat ini tengah difokuskan di wilayah utara Jakarta, dalam 2 minggu ke depan bakal ditarik ke wilayah timur untuk mengejar ketertinggalan di sektor timur DKI.

“Di sini (GOR Ciracas) akan jadi sentra vaksinasi permanen. Kita melakukan kegiatan ini sampai dengan target seluruh masyarakat DKI tervaksin. Akhir bulan ini atau awal Agustus, harapannya seluruh masyarakat dki jakarta akan divaksin,” imbuh Mayjen Mulyo Aji. (Ahr)

Continue Reading

Trending