Connect with us

Sosial

Peduli Corona, Kadin Serahkan Bantuan 10 Miliar Ke PMI

Published

on

JanoerKoening, Jakarta – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama APINDO dan Asosiasi menyerahkan bantuan sebesar 10 miliar ke Palang Merah Indonesia (PMI).

Penyerahan dilakukan oleh Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani kepada Jusuf Kalla, Ketua PMI di Markas Pusat PMI, Jakarta, Jumat (27/3/2020).

Bantuan 10 miliar ini berasal dari Santini Group dan Pakarti Yoga Group dan penggalangan dana telah dilakukan Kadin Indonesia sejak seminggu lalu melalui Yayasan Kemanusian Kadin Indonesia.

Sebelumnya, Yayasan Kemanusian Kadin Indonesia secara bertahap telah menyerahkan bantuan berupa 5000 unit peralatan uji cepat (rapid test kit), pada Rabu 24 Maret lalu melalui Kementerian BUMN.

“Bantuan yang kami lakukan hari ini hasil donasi dari APINDO, asosiasi dan perusahaan di bawah naungan KADIN yang tergabung dalam inisiatif Pengusaha Peduli NKRI,” ungkap Rosan P. Roeslani, Ketua Yayasan Kemanusian Kadin Indonesia, di sela acara penyerahan bantuan di Markas PMI, Jakarta.

Menurutnya, meski kondisi ekonomi terus melemah dan pengusaha menghadapi permasalahan akibat dampak Covid-19, hal tersebut tidak menjadikan pengusaha tinggal diam.

Beliau juga menyampaikan bahwa pandemik ini telah memberikan hikmah tersendiri, yaitu menjadikan Indonesia kembali ke jati dirinya sebagai bangsa yang menjunjung rasa persatuan dan gotong royong.

“Semua ini bisa kita lakukan karena dukungan dan gotong-royong dari banyak perusahaan dan asosiasi, saya sangat mengapresiasi kebesaran hati mereka yang tulus membantu, ini menunjukan persatuan kita sebagai saudara sebangsa, rasa sepenanggungan dan gotong-royong, inilah jati diri bangsa kita,” sambungnya.

Rosan mengingatkan untuk semua pengusaha bersatu dan jangan hanya memikirkan kepentingan sendiri atau kepentingan keluarganya saja

“Janganlah, masyarakat saat ini sangat butuh bantuan kita, kalaupun kita memang mampu mendatangkan pelayanan kesehatan sebisa mungkin berikanlah terlebih kepada masyarakat yang membutuhkan dan rawan terdampak wabah ini,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Rosan juga menyampaikan harapan agar seluruh pengusaha saling menopang satu sama lain untuk meringankan beban pemerintah.

“Jangan lihat besarnya jumlah yang bisa diberikan, sekarang apapun yang bisa dilakukan untuk meringankan pemerintah mencegah penyebaran Covid-19, meringankan penderitaan saudara-saudara kita, lakukanlah,” himbaunya.

Ketua Umum Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla dalam kesempatan ini mengucapkan terima kasih atas bantuan Kadin bagi masyarakat yang disalurkan melalui PMI.

“PMI berterimakasih atas bantuan yang diberikan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama APINDO. Bantuan ini akan sangat mendukung upaya PMI dalam membantu masyarakat menghadapi Covid-19,” ungkap Jusuf Kalla.

Dalam penanganan Covid-19 ini, PMI fokus pada upaya mitigasi dan pencegahan Covid-19 dengan gencar melakukan edukasi kesehatan ke masyarakat luas dan saat ini kami sedang melakukan penyemprotan disinfekatan secara besar-besaran di area-area publik seperti rumah ibadah, sekolah, dan perkantoran publik.

“Kami juga telah membangun gudang darurat sebagai tempat sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk respon PMI menangani Covid-19,” pungkas Jusuf Kalla.

Disampaikan apabila pengusaha dan masyarakat ingin membantu bisa disalurkan ke

Yayasan Kemanusiaan Kadin Indonesia dengan nomor 070 00 099 6566 1 di Bank Mandiri kantor cabang Jakarta Plaza Mandiri atau Kadin Indonesia (Yayasan Kemanusiaan) di BCA KCU Kuningan dengan nomor 217 8777 209 (IDR) dan 217 8777 233 (USD). (Amhar)

Continue Reading

Sosial

Kedubes Rusia Salurkan Bantuan untuk Bencana Corona Kepada DPP JNMI

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Berkaitan dengan wabah Corona yang meningkat di Indonesia, pada tanggal 25 Maret 2020, Kedutaan Besar Rusia dan Kantor Atase Pertahanan Rusia di Jakarta menyerahkan bantuan berupa sabun cair dan makanan kering Kepada Jaringan Nasional Mahasiswa Indonesia (JNMI) Dan Komunitas Mahasiswa Internasional.

Bantuan dari Kedutaan Besar Rusia tersebut akan di distribusikan untuk disebarluaskan kepada Keluarga-Keluarga di Provinsi Jawa Barat.

Menurut Veronika perwakilan dari Kedubes Rusia “Baik di Rusia, maupun di Indonesia pemuda-pemudi progresif, para mahasiswa selalu mendukung pemerintah dan rakyat mereka dalam keadaan rumit, mempersatukan upaya untuk menanggulangi tantangan-tantangan yang muncul.”

Kedubes Rusia menilai tinggi pola hubungan baik yang telah dibangun dengan Jaringan Nasional Mahasiswa Indonesia, serta mengharapkan sukses selanjutnya kepada pimpinan dan para anggota JNMI, “tutur” Veronika.

Sementara perwakilan pusat JNMI Egi Hendrawan berkata “Rusia dan Indonesia punya hubungan baik seperti dalam pembangunan Rumah Sakit yakni RS Persahabatan yang dibangun atas kerja sama pemerintah Indonesia dengan Uni Soviet yang diresmikan pada tanggal 7 November 1963, yang sekarang di fungsikan untuk penanganan Corona di Indonesia.”

JNMI mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia agar bersama-sama saling bergotong royong berdonasi dalam penanganan wabar Corona di Indonesia Dan melaksanakan anjuran pemerintah untuk stay At Home dan Sosial distancing, “tutup” Egi Hendrawan. (Amhar)

Continue Reading

Sosial

Peduli COVID-19, Ridwan Hisjam Sumbang Ambulance

Published

on

By

JanoerKoening, Malang Raya – Anggota Komisi VII DPR RI, Ir HM Ridwan Hisjam (RH) hadir di tengah warga Malang Raya untuk menghadapi Covid-19. Anggota DPR RI dari dapil Malang Raya ini menyerahkan bantuan berupa mobil ambulance kepada relawan peduli masyarakat di RH Center, Minggu, 22/3/2020.

RH yang hadir langsung dalam penyerahan penyerahan mobil ambulance ini. Dia juga menyerahkan mobil secara simbolis dalam penyerahan mobil ambulance kepada relawan yang datang dari Kota Malang, Kota Batu dan Kabupaten Malang ini.

Hadir juga dalam penyerahan mobil ambulance tersebut, Ketua KNPI Jatim, Ahmad Fajar dan anggota Komisi D DPRD Kota Malang, Suryadi. Keduanya berbaur dengan para relawan dalam acara penyerahan mobil ambulance tersebut.

“Semoga mobil ambulance ini memperlancar relawan dalam menjalankan tugas kemanusiaan di tengah wabah virus corona ini. Selain itu, warga Malang Raya juga bisa terbantu untuk mendapatkan perawatan ketika mendapatkan masalah corona ini,” ungkap Ridwan Hisjam dalam penyerahan mobil ambulance.

Mobil ambulance tersebut bisa digunakan relawan untuk siaga hingga mobilitas warga. Relawan diharapkan bisa lebih sigap membantu pemerintah dalam penanganan virus corona, terutama Malang Raya.

Pada kesempatan itu, RH juga menjelaskan bahwa bantuan mobil ambulance tidak hanya untuk relawan. Nantinya, bantuan mobil ambulance juga bisa diserahkan kepada beberapa rumah sakit.

Pihaknya juga menginginkan, warga Malang Raya tidak panik dengan adanya wabah corona. Mereka tetap harus tenang serta mengikuti kebijakan pemerintah.

“Mereka harus bisa menahan diri dan beraktivitas di rumah demi memutus mata rantai perkembangan virus corona. Warga tidak melakukan aktivitas cenderung berkumpulnya massa serta harus makan makanan sehat,” pungkas Ridwan Hisjam. (Amhar)

Continue Reading

Sosial

Penyemprotan Disinfektan antisipsi Virus Covid 19 Oleh Rumah Zakat di Cipinang Melayu

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Rumah Zakat melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah Pangkalan Jati, Cipinang Melayu, Jakarta Timur, sebanyak 3 (tiga) titik lokasi yang berbeda, pada Minggu, 03 Maret 2020.

Penyemprotan dilakukan untuk meminimalisir penyebaran COVID-19 di wilayah tersebut. Karena warga mendapatkan kabar berita seorang dokter THT yang meninggal dikarenakan terpapar virus Corona dan dimakamkan diwilayah RW 006.

Relawan yang diturunkan dalam program penanganan virus corona di Jakarta sebanyak 8 orang dari Rumah Zakat. Rumah Zakat juga menyiapkan APD berupa masker, helm, sarung tangan karet, kaca mata google, 30 buah handsanitizier, alkohol 70%, dan cairan disinfektan sebanyak 10 liter.

Lokasi yang dijadikan target adalah Masjid Jami Al Hidayah, RA Al Hidayah yang beralamat Pangkalan Jati Gg.H.Amsir RT/RW.002/004, Masjid Nurul Iman RT/RW. 005/004, Mushola Nur ‘Alif (RT.009/004) yang bersebelahan dengan TPU Kramat Djendil.

Bantuan aksi tersebut diharapkan dapat membantu warga Pangkalan Jati, Cipinang Melayu. “Kami sangat bersyukur atas bantuan yang telah diberikan dan menghilangkan kekhawatiran warga kami,” ujar Bapak Makmuri, ketua RT. 004 di wilayah Pangkalan Jati, Cipinang Melayu.

Menimpalinya, Rafly, Ketua Remaja Islam Al Hidayah mengungkapkan, “Alhamdulillah, terimakasih Rumah Zakat dan BPJS Ketenagakerjaan atas kepeduliannya. Semoga dibalas kebaikan dengan adanya bantuan ini, semoga sehat selalu.” (Amhar)

Continue Reading

Trending