Connect with us

Info TNI/Polri

Polisi Bongkar! Sindikat Mafia Tanah Gunakan Sertifikat Palsu

Published

on

JanoerKoening, Jakarta – Subdit II Harda Ditreskrimum Polda Metro Jaya (PMJ) bersama Kementerian ATR/BPN berhasil mengungkap sindikat mafia tanah yang menggunakan sertifikat palsu dan KTP elektronik ilegal serta mengamankan beberapa barang bukti berupa sertifikat tanah asli dan palsu, akta kuasa menjual, dan akta PPJB.

Anggota Subdit Harda Ditreskrimum Polda Metro Jaya telah sukses membongkar sindikat mafia tanah dengan menggunakan sertifikat palsu dan E-KTP ilegal.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana mengatakan, bahwa pihaknya kini telah mengamankan tujuh orang tersangka terkait sindikat mafia tanah tersebut.

“Jadi tim telah mengamankan 7 orang tersangka terkait sindikat mafia tanah tersebut,” ujar Irjen Nana kepada wartawan, di Hotel Grand Mercure, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (12/02/2020).

Lalu Nana menjelaskan, ketujuh orang tersebut antara lain, yakni: Raden Handi, Dedi Rusmanto, Arnold, Teguh, Hendry Primariady, Siti Dzubaedah, dan Bugi Martono.

Selain itu, pihaknya juga masih memburu tersangka lainnya bernama, Neneng Zakiah dan Diah alias Ayu. Para tersangka itu juga sudah ditetapkan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO).

Nana mengungkapkan, kejadian bermula pada korban bernama Indra Hoesein hendak berniat menjual rumah di Jalan Brawijaya III No.12 Jakarta Selatan. Akan tetapi korban justru ditipu oleh para tersangka.

Kasus ini Irjen Nana menyebut, kerugian diperkirakan Rp 85 miliar dengan rincian Rp 70 miliar dari pemilik sertifikat rumah dan Rp 11 miliar dari renternir yang memberikan pinjaman.

“Atas perbuatannya, para tersangka dijerat Pasal 263 KUHP dan atau Pasal 264 KUHP Juncto Pasal 55 Ayat 1 ke (1) KUHP dan atau Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 tahun 2010 Pasal 3, 4, 5 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang,” Pungkas Irjen Nana. (Amhar)

Continue Reading

Info TNI/Polri

Secara Virtual, TNI AD Gelar Latihan Bersama C4S SMEE Dengan AD Filipina

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Kepala Program Studi Teknik Elektronika Pertahanan Akmil Kolonel Chb Mohammad Nazar selaku Ketua Delegasi TNI AD membuka Latihan Bersama Command, Control, Communications and Computer System (C4S) Subject Matter Expert Exchange (SMEE) antara TNI AD dengan Angkatan Darat Filipina, secara virtual di Hotel Grand Mercure Jakarta Pusat, Rabu (13/10/2021).

Latihan C4S SMEE ini berlangsung dari tanggal 13-14 Oktober 2021, yang diikuti oleh delegasi TNI AD berjumlah 8 personel dipimpin Ketua Delegasi (Head of Delegation) Kaprodi Teknik Elektro Pertahanan Akmil Kolonel Chb Mohammad Nazar, dan delegasi Angkatan Darat Filipina sebanyak 13 Personel dipimpin Ketua Delegasi (Head of Delegation) Kolonel Patriarch Robinson. Selain itu, latihan ini juga turut dihadiri oleh Atase Pertahanan masing-masing negara.

Kolonel Chb Mohammad Nazar menyampaikan bahwa penyelenggaraan Latihan C4S SMEE ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama dan hubungan bilateral antara TNI AD dengan AD Filipina melalui pertukaran pengetahuan dan pengalaman dalam penggelaran Dukungan Perhubungan, Sistem Informasi dan Pengolahan Data serta Komando dan Kendali (Kodal), baik dalam mendukung Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Selain itu, melalui latihan ini diharapkan TNI AD dapat memperoleh referensi tambahan yang berharga tentang pembangunan kemampuan Komando, Kendali, Komunikasi, Komputerisasi, Siber, Intelijen, Pengamatan dan Pengintaian (K4SIPP) TNI AD yang saat ini sedang menjadi salah satu fokus utama untuk mewujudkan Network Centric Warfare (NCW) serta modernisasi Alutsista TNI AD agar lebih adaptif di era Industri 4.0 ini.

“Latihan C4S ini diselenggarakan dalam bentuk Subject Matter Expert Exchange (SMEE) yang dilaksanakan secara virtual meliputi pemaparan materi oleh narasumber atau Subject Matter Expert dari masing-masing pihak dan diikuti dengan diskusi, “ujarnya.

Sementara itu Kolonel Patriarch Robinson mengatakan, dalam latihan C4S SMEE ini Angkatan Darat Filipina melibatkan personel dari Resimen Perhubungan AD Filipina dalam rangka saling belajar dan berbagi pengalaman, serta tukar menukar informasi tentang kemampuan C4S masing-masing.

Ia juga berharap bahwa latihan ini dapat berlanjut dan semakin berkembang kedepannya, serta tahun depan dapat dilaksanakan secara tatap muka.x

Dalam latihan ini delegasi TNI AD membahas tentang beberapa topik seperti Pembangunan NCW TNI AD yang menitikberatkan pada pengembangan Integrated Command and Control System (ICCS), termasuk didalamnya Battlefield Management System (BMS) dengan disertai penjelasan upaya yang dilakukan dalam proses pembangunan tersebut, Lesson Learned dan Best Practice Dukungan Perhubungan pada Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang dilaksanakan pada saat penanggulangan Gempa di Palu pada tahun 2018, serta Sistem Informasi (Sisfo) TNI AD yang terintegrasi.

Sementara itu, delegasi AD Filipina membahas tentang Kemampuan C4S AD Filipina dan Best Practices Dukungan Perhubungan dalam mendukung suatu operasi, yang berangkat dari pengalaman mereka pada saat pelaksanaan operasi di Zamboanga dan pada saat dukungan komunikasi Battle of Marawi, yang merupakan contoh operasi militer AD Filipina dalam perang modern.

Selanjutnya Kolonel Chb Mohammad Nazar mengatakan bahwa latihan seperti ini merupakan kesempatan yang sangat berharga bagi personel TNI AD yang terlibat, dan ia berharap agar TNI AD bisa melaksanakan latihan serupa dengan beberapa negara lainnya, sehingga dapat memperoleh pengetahuan dan wawasan yang lebih banyak lagi sebagai bahan referensi dalam pembangunan kemampuan K4SIPP TNI AD kedepannya menuju ke Network Centric Warfare. (Amhar)

Continue Reading

Info TNI/Polri

Satgas Yonif 512/QY Bersama Masyarakat Lakukan Desinfeksi Kampung Binaan

Published

on

By

Janoerkoening, Jakarta – Sebagai langkah upaya Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY dalam pencegahan serta percepatan penanganan wabah virus Covid-19 di wilayah perbatasan, Pos Kotis bersama masyarakat melakukan penyemprotan disinfektan di Kampung Wonorejo Pir IV, Distrik Mannem, Kabupaten Keerom Papua.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Dansatgas Letkol Inf Taufik Hidayat melalui rilis tertulisnya di Pos Kotis. Minggu (10/10/2021)

Penyemprotan disinfektan tersebut dilakukan dengan sasaran fasilitas umum berupa sekolah, tempat ibadah, balai kampung, kantor pemerintahan dan lain sebagainya.

Dansatgas menyebutkan penyemprotan dilakukan demi kenyamanan masyarakat dalam melakukan aktivitas serta mengurangi rasa khawatir masyarakat terhadap paparan wabah virus Covid-19.

“Kami bekerja sama dengan warga setempat untuk melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan di wilayah Kampung Wonorejo yang merupakan Kampung binaan dari Pos Kotis, ” ungkap Dansatgas.

Meskipun telah dilakukan penyemprotan disinfektan, anggota Pos Kotis tetap mengimbau kepada masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan, menjaga daya imun tubuh serta selalu menerapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas.

Sambil melakukan penyemprotan, anggota Pos Kotis juga membagikan Kaos merah putih kepada warga yang turut berparisipasi dalam kegiatan tersebut.

Salah satu warga bernama Tedi (38) terlihat sangat senang dengan pemberian kaos merah putih tersebut, dirinya berharap hubungan baik antara TNI dengan masyarakat yang sudah terjalin selama ini dapat terus terjaga.

Tedi juga mengungkapkan keberadaan Pos Kotis Satgas Yonif Mekanis 512/QY membawa banyak perubahan di kampung mereka, kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh anggota Pos Kotis selalu bermanfaat bagi warga Kampung Wonorejo. (Amhar).

Continue Reading

Info TNI/Polri

Polisi Udara RI Datangi Markas Penerbangan AD

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Polisi Udara Republik Indonesia (Polud RI) mendatangi Markas Pusat Penerbangan TNI Angkatan Darat (Mapuspenerbad) dalam rangka silaturahmi dan menyampaikan ucapan Selamat Ulang Tahun TNI ke-76 kepada Prajurit Puspenerbad di Mapuspenerbad, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten. Selasa (05/10/21).

Rombongan Polisi Udara RI berjumlah 15 orang dengan pimpinan rombongan Kombes Pol Dani Suherdani mengatakan bahwa kedatangan rombongan Polud RI ke Mapuspenerbad adalah dalam rangka meningkatkan hubungan silaturahmi yang telah terjalin dengan baik dan sekaligus mengucapkan Selamat Ulang Tahun TNI ke-76 yang bertepatan pada hari ini Selasa, 5 Oktober 2021, semoga TNI tetap jaya dan sukses selalu dalam mengemban segala tugas dan pengabdian kepada masyarakat, Bangsa dan Negara.

“Markas Polisi Udara RI yang berada di Pondok Cabe, Tangerang Selatan ini yang kebetulan letaknya bertetangga dengan Mapuspenerbad, sudah selayaknya kita saling mengunjungi dan bersilaturahmi. Polud RI akan selalu siap membantu dan bekerja sama dalam terlaksananya ketertiban dan keamanan masyarakat bangsa dan negara Indonesia tercinta, ” ungkapnya.

Wadanpuspenerbad Brigjen TNI Bueng Wardadi beserta Staf Puspenerbad turut menyambut kedatangan rombongan Polisi Udara, dan menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan ucapan Selamat Ulang Tahun TNI Ke-76 kepada Puspenerbad.

” Apalagi telah membawa Kue Ulang Tahun ke Mapuspenerbad, semoga Tuhan yang Maha Kuasa membalas atas segala kebaikan Polisi Udara dengan berlipat ganda dan semoga silaturahmi di antara TNI dan Polri tetap terjaga dan terjalin dengan baik,” ucapnya.

Saat menjelang kegiatan foto bersama, Komandan Pusat Penerbangan TNI AD (Danpuspenerbad) Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso kembali dari Mabes AD setelah mengikuti Upacara HUT TNI ke-76 secara virtual bersama para pejabat tinggi TNI AD, langsung menghampiri dan menyapa rombongan Polisi Udara, dan ikut melaksanakan foto bersama di depan Mapuspenerbad.

Suasana berlangsung khidmat dan penuh suka cita, dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan. (Amhar)

Continue Reading

Trending