Connect with us

Daerah

Plang Serobot Sebidang Tanah, Mery Gunarti di Laporkan ke Mabes Polri

Published

on

JanoerKoening, Jakarta – Rumah Makan Teras Kayu Resto berganti majikan dari Husnizar Husein ke Merry Gunarti dan Salikun Djono. Berdasarkan informasi di lapangan bahwa Pemilik Rumah Makan Teras Kayu Resto sudah memberikan sewa selama 10 (sepuluh) tahun dengan nilai sewa sebesar Rp.150,000,000 (Seratus lima puluh juta rupiah) pertahunnya.

Adapun pemasangan plang yang dilakukan Mery Gunarti dengan mengaku sebagai pemilik diatas lahan atau tanah milik sah dari Mhd Rawi Batubara (Alm.) dapat dikategorikan sebagai “Perbuatan Melawan Hukum” yang dapat digugat ganti-kerugian materiil berupa biaya sewa selama tanah dikuasai secara ilegal, serta perintah pengosongan.

Hal ini ditegaskan Dr.(H.C) Ir. Rismauli D. Sihotang selaku Ketua LEADHAM (Lembaga Advokasi Hak Azasi Manusia) Internasional Jawa Tengah, bersama team advokat, Ulrikus laja, S.H., saat mendampingi para korban, yakni : Winda Isnaini Batubara, (anak Alm. Mhd Rawi Batubara), Zun Khairani Harahap, (istri Alm. Mhd Rawi Batubara), dan Sumarni Burhan Silaban (Mak tua) di Mabes Polri

Kedatangan mereka menyambangi Mabes POLRI dengan tujuan untuk membuat Laporan Polisi (LP) bertempat di Bareskrim Polri, Gedung Awaloedin Djamin Komplek Mabes Polri, Jalan Trunojoyo Nomor 3 Selong, Blok M, Kecamatan Kebayoran Baru Jakarta Selatan pada, Senin (20/1/2020) siang.

Lebih lanjut Rismauli menyampaikan, Pihak LEADHAM Internasional minta keadilan serta untuk adanya kepastian hukum guna pemenuhan Hak Azasi Manusia/HAM (wong cilik) terhadap kepemilikan tanah yang dilakukan oIeh Penguasa ber-Uang (orang-orang kaya), namun menghalalkan segala cara dengan melawan hukum.

Dengan melakukan Penyerobotan lahan atas sebidang tanah yang terletak di Jalan Jend. Sudirman tersebut di atas dan pengembalian apa yang menjadi Hak dari para Ahli Waris SAH terhadap Perkara ini.

Risma tegaskan! “Kami, memohon bantuan penanganan masalah ini untuk memperoleh keadilan karena KIien kami (Ahli Waris) adalah korban yang dirugikan atas penggelapan tanah dan bangunan, uang sewa bangunan, menggunakan surat palsu dalam menguasai tanah dan bangunan dan memasuki tanah dan bangunan secara sepihak dengan cara melawan hukum.

Kami layangkan surat pengaduan dan permohonan kami pencari Keadilan kepada Kapolri, kiranya Hukum tetap jadi Panglima demi ketertiban bermasyarakat. Atas kerjasama dari para penegak hukum dan atas atensinya kami ucapkan terima kasih, salam keadilan yang berperikemanusiaan, “pungkas” Rismauli.

Sementara itu, Ulrikus Laja, S.H., selaku team advokat LEADHAM Internasional juga mengungkapkan bahwa terkait hal tersebut dapat ditarik perspektif yuridis, adalah sangat riskan melakukan “penyerobotan” melalui pemasangan plang yang dilakukan pihak Mery Gunarti.

“Telah terjadi pelanggaran hukum, karena memasuki pekarangan orang tanpa izin dan tindakan ini yang dapat dijerat dengan Pasal 167 KUHP,” tegas Ulrikus.

Selain itu, sesuai ketentuan pasal 32 Peraturan Pemerintah Nomor 24 tahun 1997, tentang pendaftaran tanah bahwa jika telah terdaftar maka (siapapun) tidak dapat menuntut pembatalan hak atas tanah (apalagi jika telah bersertifikat). (red)

Continue Reading

Daerah

Doni Monardo Ingatkan Konsistensi Protokol Kesehatan Saat Belajar Tatap Muka

Published

on

By

JanoerKoening, Tangerang – Kepala BNPB sekaligus Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Doni Monardo bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi meninjau persiapan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara tatap muka yang rencananya akan dilakukan oleh Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) di Curug, Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu (6/3/2021).

Dalam arahannya, Doni Monardo berpesan agar pada implementasinya nanti protokol kesehatan dapat dilakukan secara konsisten dan tidak kendor.

Dia yakin apabila hal itu dapat dijaga dengan baik, maka akan dapat meminimalisir adanya penularan virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 di lingkungan kampus.

“Yang paling penting adalah konsistensi. Kalau konsep tadi bisa dilaksanakan secara optimal dan konsisten, saya yakin tidak akan ada yang terpapar,” tegas Doni.

Kemudian, Doni Monardo juga berpesan agar status kesehatan, baik dari peserta didik maupun tenaga didik dapat diketahui dan dipastikan bahwa mereka dalam kondisi sehat serta tidak memiliki risiko tinggi.

Dalam hal ini, bagi para tenaga didik yang memiliki penyakit penyerta atau komorbiditas, maka Doni memberikan saran agar yang bersangkutan tidak melakukan tatap muka dengan para siswanya.

Sebab, mereka yang memiliki risiko tinggi tersebut dapat mudah tertular dan berakibat fatal apabila tertular COVID-19 dari para peserta didik berusia muda yang sudah terinfeksi sebelumnya namun masuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Penting sekali bagi para peserta didik termasuk juga para pengasuh khususnya untuk juga diketahui status kesehatannya,” kata Doni.

“Saya sarankan apabila ada pengasuh yang memiliki risiko tinggi, punya komorbid sebaiknya tidak boleh melakukan pertemuan fisik dengan para siswa,” imbuhnya.

Kegiatan belajar tatap muka STPI, menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi rencananya akan dimulai pada pekan depan dengan porsi 30 persen masuk kelas dan 70 persen lagi menggunakan media daring (online).

Adapun kegiatan belajar tatap muka tersebut juga hanya dikhususkan bagi kelas praktik saja, yang mana hal itu mengharuskan kehadiran peserta didik.

Dalam implementasinya nanti, kegiatan belajar mengajar _on campus_ tersebut akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dimulai dari wajib masker, mencuci tangan dan periksa suhu badan sebelum masuk ruangan, wajib swab antigen

Hal itu dilakukan sampai dengan konsep makan para peserta menggunakan sistem blok (block system), di mana para siswa taruna dan taruni tidak mengkonsumsi makanan dalam satu meja dan saling membelakangi.

Melihat praktik simulasi penerapan protokol kesehatan ketat dalam rencana KBM tatap muka tersebut, Doni Monardo merasa optimis. Akan tetapi dia tetap berpesan agar apa yang telah dilaksakanan dengan baik terkait pencegahan penularan COVID-19 tidak menjadi sia-sia.

“Kalau kita konsisten, disiplin dan juga bisa kompak bersama-sama maka inshaAlloh bangsa kita akan bisa mengendalikan COVID-19 ini dengan baik. Selamat mengikuti kegiatan belajar tatap muka, semoga Allah SWT melindungi kita semua,” pungkas Doni. (Amhar)

Continue Reading

Daerah

Pertahankan Moral Bangsa, Fahira: Kami Apresiasi Ustadz dan Ustadzah

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta Melalui Bidang Perempuan Remaja dan Keluarga (PRK) menyambut Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal DKI Jakarta, Hj. Fahira Idris, S.E., M.H di kantor MUI, Senin (25/1/2021).

Adapun maksud Kehadiran Fahira Idris merupakan atas undangan bidang PRK MUI DKI Jakarta untuk menerima masukan mengenai program tahun 2021.

Dalam sambutannya, Hj. Fahira Idris, S.E., M.H menyampaikan senang bisa bertemu dengan pimpinan serta pengurus dan anggota bidang PRK MUI DKI Jakarta

Dengan adanya pertemuan ini diharapkan menghasilkan masukan dan kerjasama program dengan DPD RI sehingga timbul adanya sinergi yang kuat antara MUI DKI Jakarta dengan Fahira Idris ke depannya.

Fahira mengungkapkan, selama Covid-19 alhamdulilah sudah banyak kegiatan yang telah kami jalankan, mulai dari memberikan advokasi hukum, Advokasi kesehatan, Pemberian Modal UMKM

“Seperti salah satunya yang pernah kami laksanakan bersama Bidang PRK adalah membuat Fried Chicken melalui pemberdayaan UMKM dengan dana bergulir,” ujar Fahira Idris.

Dalam kesempatan yang sama, Fahira Idris juga memberikan apresiasi kepada ustadz maupun ustadzah yang telah mempertahankan moral bangsa dengan memberikan pendidikannya untuk masyarakatnya.

“Dengan penuh hormat dan rasa bangga, saya berikan Piagam Penghargaan khusus kepada Para Ustadzah atas dedikasi menjaga Akidah dan Akhlakul Karimah Umat,” ungkapnya.

Fahira juga menyampaikan ucapan Terima kasih pada para Ustadzah yang telah mendedikasikan Waktu, Tenaga, Pikiran, Raga, dan Jiwa, Demi Kemashlahatan Masyarakat, serta Pembangunan Karakter Generasi Muda dan moral bangsa

Fahira menyebut, apa yang telah dilakukan oleh Ustadz dan Ustadzah adalah sebuah torehan yang memotivasi dan menjadi inspirasi bagi masyarakat.

“Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan berkah dan jalan kemudahan dalam menjalankan tugas-tugas Dakwah,” pungkas Fahira Idris.

Sebelumnya, sambutan di awali oleh Ketua Umum MUI DKI Jakarta dengan mengucapkan selamat datang dan bersyukur Fahira Idris bisa hadir atas undangan MUI DKI Jakarta.

“Alhamdullilah, saya bersyukur atas kehadiran Fahira Idris di kantor MUI DKI Jakarta,” ucap KH. Munahar Muchtar, HS Ketua Umum MUI DKI Jakarta.

Selanjutnya KH. Munahar mengatakan, kami sampaikan pula pengurus PRK ini merupakan kumpulan dari ustadzah, pimpinan majelis taklim, bahkan ormas Islam baik nasional maupun tingkat DKI Jakarta

“Kami sangat berharap kehadiran Ibu Fahira Idris disini dapat terjalin kerjasama yang baik dengan kami di MUI DKI Jakarta,” pinta KH. Munahar Muchtar, HS Ketua Umum MUI DKI Jakarta.

MUI DKI Jakarta membuka pintu selebar-lebarnya untuk masukan serta program yang nantinya bisa di kerjasamakan dengan DPD RI, apalagi terkait permasalahan perempuan, remaja dan keluarga.

Oleh karna itu, saya berharap kepada bidang PRK, baik tingkat wilayah sampai Kota, Kabupaten perlu adanya kerjasama yang baik terutama membangun komunikasi

“Hal ini dapat memberikan manfaat untuk ke depannya salah satunya adalah membuat dan menciptakan program yang tepat untuk masyarakat, khususnya di DKI Jakarta,” tutup KH. Munahar Muchtar, HS.

Terkait Pra Raker

Acara Pra Raker ini merupakan rangkaian acara menuju Rapat Kerja yang akan dilaksanakan di Cibodas Puncak Jawa Barat pada tanggal 26-27 Januari 2021 mendatang.

Pada acara tersebut direncanakan mengundang empat narasumber dari masing-masing ormas maupun lembaga islam, dengan melakukan protokol kesehatan yang ketat

Dengan syarat peserta sebelum memasuki ruang rapat, wajib di Swab agar acara berjalan dengan lancar, “Ujar” Hj. Nuraini Ketua Panitia Rapat Kerja Bidang PRK MUI DKI Jakarta. (Amhar)

Continue Reading

Daerah

Berharap Aceh Bebas Corona, GerCin DPD Bagikan Masker Di Jalan Raya

Published

on

By

JanoerKoening – Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Rakyat Cinta Indonesia (DPD -GerCin) Aceh membagikan masker gratis kepada masyarakat pengguna jalan. Kegiatan ini dilakukan di ruas Jalan Simpang Lima Banda Aceh, Rabu (20/1/2021).

Ketua DPD GerCin Aceh Drs. Isa Alima Menyampaikan, Kami sangat mendukung program Pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 serta program Vaksinasi Corona (Covid-19).

“Dukungan kami ini, agar semua masyakatat Aceh dapat terbebas Covid-19, sehingga segenap warga Aceh dapat menikmati kehidupan normal dan melaksanakan Ibadah dengan aman, nyaman dan damai,” harapnya.

Lebih lanjut Alima katakan, Gerakan Rakyat Cinta Indonesia (GerCin) Aceh siap menjadi Garda terdepan dalam menyauti segenap persoalan yang timbul di masyarakat khususnya bidang sosial, ekonomi dan budaya.

“Memang Keberadaan Gercin ini masih baru di aceh, kita akan selalu eksis dan peduli menyauti persoalan yang timbul di masyarakat saat ini yaitu mengenai wabah Covid 19,” sambungnya.

Untuk itu kata Alima yang juga Mantan Anggota DPRK Pidie, GerCin Aceh merasa terpanggil dengan kegiatan bagi-bagi masker gratis bagi masyarakat.

Atas kegiatan ini, “Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada PLN Wilayah Aceh dan Kyriad Muraya Hotel serta semua pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam mensukseskan acara ini,” tutup Isa Alima. (Amhar)

Continue Reading

Trending