Connect with us

Uncategorized

FFI Resmi Akhiri Gerakan Nusantara 2019

Published

on

JanoerKoening, Jakarta – PT Frisian Flag Indonesia (FFI) secara resmi hari ini 18 Desember 2019 mengakhiri berlangsungnya Program 100 hari Edukasi Gizi Gerakan NUSANTARA 2019 (GerNUS 2019) yang merupakan kerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia.

Tahun ini, GerNUS berhasil mencakup 750 sekolah dan 387.454 siswa yang terpapar kegiatan edukasi Iangsung di sekolah. FFI melalui GerNUS 2019 juga menggelar bimbingan teknis untuk pendalaman materi pendidikan dan peningkatan pengetahuan serta perilaku gizi dan kesehatan yang baik, bagi 347 sekolah dan diikuti lebih dari 500 peserta yang terdiri dari Guru, Kepala Sekolah dan Penanggung Jawab Kantin Sekolah Dasar.

Selain itu, pemanfaatan media digital juga merupakan agenda utama pada kegiatan GerNUS 2019. Sejak September 2019, program ini telah melakukan kegiatan pelatihan digital kepada para guru dengan pemanfaatan media digital yang disampaikan melalui platform www.frisianfla -edukasi izi.com dan pelatihan tatap muka atau video tutorial dengan 1.300 guru telah mengakses secara online.

Andrew F. Saputro Corporate Affairs PT Frisian Flag Indonesia mengatakan, Kami sangat senang bahwa apa yang kami canangkan dalam penyelenggaraan GerNUS 2019 ini memanfaatkan media digital, mendapat perhatian khusus dari guru.

“Hal ini sesuai arahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudavaan yang menyerukan hal serupa, yaitu untuk memberikan ‘bantuan’ kepada guru dalam menjalankan tugasnya,” papar Andrew dalam acara penutupan program gerakan Nusantara 2019, di Ruang Auditorium Ristek Dikti, Gedung D, Senayan Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Pemanfaatan media digital yang tepat akan menyulut kreatifitas dan semangat berinovasi dalam menyampaikan materi didik, tambahnya.

FFI bekerjasama dengan pakar edukasi digital, Prof. Dr. Ir. R. Eko lndrajit, M.Sc., MBA., Mphil., MA_telah memperkenalkan aplikasi pendidikan gizi yang dapat diakses para guru dimana saja melalui www.frisianflag-edukasigizi.com.

Prof. Eko menjelaskan, Era digital pedagogy perlu untuk terus di penetrasikan kepada guru dan murid saat ini. Studi menyatakan bahwa penggunaan teknologi digital kontemporer dalam proses belajar mengajar memiliki manfaat yang luar biasa dalam menyebarkan ilmu pengetahuan dengan cepat dan akurat. lni yang menjadi dasar kami bersama Gerakan NUSANTARA mendesain platform ini.

“Kedepannya, kami akan terus melakukan penyempurnaan aplikasi agar bisa lebih banyak membantu guru-guru dalam memperoleh pengetahuan gizi yang lebih baik, dengan materi yang telah disusun PKGK Ul tentang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS),” ujar Prof. Eko.

Sementara Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Kemendikbud Dr. H. Khamim, M.Pd. menyampaikan rasa optimisnya tentang dukungan pihak swasta terhadap peningkatan mutu Pendidikan.

“Kami menghargai upaya pihak swasta yang membantu memberikan pelatihan untuk meningkatkan kualitas guru. Dengan arus informasi yang cepat saat ini dan murid yang semakin terpapar perkembangan teknologi, Kemendikbud memiliki kewajiban membantu para guru dalam memanfaatkan dan memaksimalkan proses belajar menggunakan teknologi digital,” ungkapnya.

Khamin menambahkan, Pelatihan program Edukasi Gizi dan sosialisasi keamanan pangan yang menjadi materi pelatihan diharapkan mampu meningkatkan mutu pendidikan para guru kepada murid.

“Peran teknologi dalam dunia pendidikan akan terus meningkat. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah menginstruksikan agar Kementerian mampu meningkatkan kualitas guru kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi digital,” pungkas Khamin.

Berikutnya, Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM Dra. Reri Indriani, Apt, M.Si. menyampaikan bahwa inisiatif FFI untuk meningkatkan sosialisasi dan pemahaman tentang keamanan pangan sangat positif, dan membantu perluasan dan penguatan pemahaman tentang keamanan pangan.

“Program Edukasi Gizi Gerakan NUSANTARA 2019 bersama BPOM sengaja memuat sosialisasi keamanan pangan dan bersama meningkatkan pengetahuan dan kesadaran anak-anak tentang pangan yang aman,” tuturnya. (Amhar)

Continue Reading

Uncategorized

APTB Dukung KPK Hukum Mati Megakorupsi Bansos

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Membentuk Alumni Perguruan Tinggi Bersatu, yakni: Universitas Indonesia – UI WATCH (Andi Kosala, Dr Hakim & Taufik Bahaudin), ITB – KAPPAK ITB (Muli), IPB – FAM IPB (Rosyid), UGM – RELAGAMA (Irfan), ITS – ITS Bersatu, UNAIR – UNAIR Bergerak (Zulkifli Ekomei).

Berkumpul menyatu di Starbuck Rasuna Epicentrum Kuningan, Alumni Perguruan Tinggi Bersatu (APTB) menyampaikan memorandum kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada hari ini, Minggu 23 Februari 2021, mulai pukul : 15.00 – 17.30 wib di Jakarta Selatan.

Memorandum ini dalam upaya mendukung KPK sebagai ujung tombak dalam memberantas korupsi yang merupakan kejahatan luar biasa (extra ordinary crime).

Kami bangga KPK pada akhir 2020 berhasil membongkar dua kasus besar yang melibatkan dua menteri dari Kabinet Indonesia Maju.

Kasus pertama adalah ditangkapnya Menteri KKP dan yang kedua adalah Mega Korupsi Menteri Sosial.

Kasus kedua ini menjadi sangat berbeda, disamping sebagai Mega Korupsi triliunan rupiah pada kasus Bantuan Sosial (BANSOS), karena dana yang dikorupsi adalah dana untuk bantuan masyarakat yang sedang sulit dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Dari memorandum ini, ALUMNI PERGURUAN TINGGI BERSATU juga menengarai Indikasi yang kuat adanya KKN di pemerintahan Presiden Joko Widodo yang melibatkan beberapa elit partai politik pendukung pemerintah dalam skandal Mega Korupsi, seperti Jiwasraya, Asabri, BPJS ketenagakerjaan dan lain-lain.

Salah satu indikasi KKN ini adalah penunjukan perusahaan swasta untuk proyek goodie bag senilai lebih dari Rp 150 milyar oleh Kementerian Sosial.

Hal ini mengarahkan persepsi masyarakat akan adanya KKN yang melibatkan anggota keluarga Presiden dan itu harus dituntaskan oleh KPK.

Lambannya penanganan hukum dalam menuntaskan kasus Mega Skandal korupsi di atas menyebabkan semakin menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap penegakan hukum di negeri ini.

Oleh karena itu, Alumni Perguruan Tinggi Bersatu terpanggil untuk memberikan dukungan penuh kepada KPK agar lebih berani menghadapi kekuatan-kekuatan dahsyat dengan jaringan koruptif yang melibatkan petinggi-petinggi di berbagai lembaga saat ini, dibarengi dengan indikasi kuatnya KKN.

Khusus dalam hal kasus korupsi BANSOS yang sangat mencederai rasa kemanusiaan yang adil dan beradab pada rakyat Indonesia yang tengah menderita karena pandemi Covid-19, KPK tidak boleh ragu ketika harus memutuskan bahwa pelaku harus dihukum mati, demi kepentingan untuk kebaikan bangsa dan negara.

Kami mengapresiasi dan mendukung penuh apabila KPK memutuskan hukuman maksimal yaitu hukuman mati kepada para pelaku korupsi bansos tersebut di atas.

Memorandum ini didasarkan atas temuan dan kajian dari berbagai informasi resmi dan informasi yang beredar luas di masyarakat seperti media massa dan media sosial, serta laporan resmi dari pihak yang kompeten. (Amhar)

Continue Reading

Uncategorized

PTUN Jakarta Menangkan Berkarya Tommy Soeharto, FNB Beri Apresiasi

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Ketua Umum Front Nasional Berkarya (FNB) sekaligus Ketua umum Perisai Berkarya Tri Joko Susilo SH., mengapresiasi keputusan PTUN Jakarta yang memenangkan Partai Berkarya Kubu Tommy Soeharto pada hari ini 16 Februari 2021, dengan pembacaan putusan secara elektronik.

Tri Joko menyebut, keputusan ini tentu didasari hati yang bening, pikiran yang cinta akan keadilan dan kami percaya PTUN Jakarta adalah Tempat yang menjadi simbol kukuhnya bendera demokrasi

“Bendera keadilan dan bendera bagi perjuangan para pejuang politik yang perjuangannya dipenuhi resiko muslihat kaum amatir demokrasi bahkan cacat dalam perjalanan politiknya,” ujar Tri Joko dalam keterangan tertulisnya, Selasa (16/2/2021).

Terkait hal tersebut, Tri Joko Susilo menghimbau agar keputusan PTUN ini segera ditindaklanjuti oleh Menkumham yang telah beretikat baik menunggu putusan PTUN ketika ada surat masuk permohonan perubahan kepengurusan Partai Berkarya.

Front Nasional Berkarya dan Ormas Perisai Berkarya akan saya instruksikan bakal memajang Foto Menkumham di kantor-kantor perwakilan daerah kami sebagai bentuk apresiasi dan ucapan terimakasih bila Menkumham mengikuti PTUN ujar Tri Joko Susilo yang selalu biasa disapa TJS .

FNB menilai keputusan PTUN merupakan penanda bahwa masih ada keadilan dan harapan bagi partai politik yang bersengketa saat ini. Perlu diketahui Bahwa Pak Menkumham ini sokoguru bagi HAM dan Demokrasi kalau betul mau mengikuti keputusan PTUN.

“Kami sudah anggap Menkumham sebagai ayah, jangan sampai kemudian menkumham tak mengikuti keputusan PTUN, tentu Front Nasional Berkarya berharap ini keputusan PTUN ini menjadi cakrawala atau nur bagi perjuangan selanjutnya Partai Berkarya untuk kebaikan dan kemaslahatan rakyat,” ujar Tri Joko.

Dalam kesempatan yang sama Sekjend FNB Mujahidin Syech Sitijenar menghimbau agar Pihak yang kalah segera melakukan upaya pertaubatan setelah muka mereka runyam dimata publik akibat upaya kudeta yang mereka lakukan.

Pak Menkumham itu kata Mujahidin, adalah Abang bagi institusi politik yang diisi oleh orang-orang yang memilih berjuang ke rakyat melalui partai politik, semoga pihak yang kalah tak lagi berusaha mengadu domba Ketum dan partai kami dengan menkumham

“Kasihan beliau banyak visi nawacita dibidang hukum yang harus beliau tuntaskan dibanding mengurusi Badar Cs,” ungkap Mujahidin.

Front Nasional Berkarya tak lupa juga mendoakan Ketum Partai Berkarya Tommy Soeharto, Ibu Titiek Soeharto dan Ibu Tutut agar senantiasa diberi rahmat dan kekuatan dalam memimpin Partai Berkarya.

“Semoga momen PTUN ini menjadi pemancar bagi negeri ini dan kejayaan serta kemakmuran rakyat keesokan hari, Terimakasih PTUN Jakarta dan Terus berjuang Pak Tommy Soeharto, Ibu Titiek Soeharto, Ibu Tutut dan para sesepuh Partai Berkarya lainnya,” ujar Tri Joko Susilo.

Tri Joko Susilo juga menyampaikan terimakasih kepada jajaran DPP dalam hal ini Sekjend partai berkarya Prio Budi Santoso (PBS), DPW, DPD dan wabil khusus team hukum partai berkarya yang telah berjuang mengawal persidangan sehingga bermuara kepada harapan kader partai berkarya komando HMP

“Tak lupa segenap unsur sayap partai yang telah menunjukkan totalitas satu Komando Ketua Umum H. Hutomo Mandala Putra SH., ideologi dan semangat juangnya untuk menjaga marwah bendera Partai Berkarya sampai tetes darah penghabisan. Salam berkarya, buktikan karya-mu satu komando Hutomo Mandala Putra,” tegas Tri Joko Susilo. (Amhar)

Continue Reading

Uncategorized

Ditengah Pandemi, MATAKIN Rayakan Imlek Nasional 2572 Kongzili Secara Virtual

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Perayaan Hari Raya Tahun Baru Imlek 2572 Kongzili (anno Khonghucu) yang di gelar secara virtual pada tahun ini jatuh bertepatan dengan tanggal 12 Februari 2021 Masehi.

Tahun Baru Imlek secara spiritual merupakan momen untuk membenahi dan memperbaharui diri, kembali ke fitrah manusia yang bersih dan suci, karena watak sejati manusia merupakan derivatif dari nilai-nilai Kebajikan Tian, Tuhan YME.

Puji syukur ke Hadirat Tian, Tuhan Yang Maha Esa, bahwa pada hari Minggu, 14 Februari 2021, untuk ke 22 (dua puluh dua) kalinya, Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN) kembali akan menyelenggarakan Perayaan Hari Raya Tahun Baru Imlek Nasional

Perayaan nasional ke 22 ini terhitung sejak Perayaan pertama, 17 Februari 2000, di era Presiden Republik Indonesia ke – 4, KH. Abdurrahman Wahid.

Perayaan Imlek di Indonesia tahun ini suasananya berbeda, prihatin karena pergerakan pandemi Covid 19 di negara kita masih terus menaik, tanpa bisa diperkirakan secara akurat kapan akan mulai menurun ditambah dengan kabar duka akibat bencana yang menimpa beberapa daerah di Indonesia.

Karena pandemi Covid 19 pulalah maka perayaan Hari Raya Tahun Baru 2572 Kongzili secara nasional kali ini tidak dirayakan secara besar-besaran, melainkan secara virtual yang bertajuk:

“DOA UNTUK INDONESIA”, “Bahaya Yang Datang Oleh Ujian Tian Dapat Dihindari, Tetapi Bahaya Yang Dibuat Sendiri Tidak Dapat Dihindari’”
Mengzi IIA : 4.6

melalui: Live Streaming, Youtube MATAKIN Pusat, pada hari Minggu, 14 Februari 2021, pukul 10.00 WIB s.d 13.00 WIB

Tema tersebut mengingatkan kita untuk selalu mawas diri, hidup selaras dengan alam dan senantiasa berbuat kebajikan. Tuhan tidak akan memberikan ujian kepada manusia di luar batas kemampuannya.

Menjaga dan merawat kesehatan dengan mematuhi protokol kesehatan dalam masa pandemi (3M: Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak) sambil berolahraga dan memakan asupan bergizi dalam agama Khonghucu adalah salah satu wujud bakti (Xiao).

Jikalau ada ujian dari Tuhan, baik berupa bencana alam banjir, gempa penyakit dll, niscaya manusia bisa menangani, mengatasi.

Namun kalau bencana itu terjadi atau berlarut karena kebodohan atau kecerobohan manusia itu sendiri, itu yang lebih sulit diatasi.

Seperti dalam Zhong Yong XVI.3 : “Demikianlah Tuhan menjadikan segenap wujud, masing-masing dibantu sesuai sifatnya : kepada pohon yang bersemi dibantu tumbuh, sementara yang condong dibantu roboh.”

Maka melalui perayaan ini MATAKIN mengajak kita semua untuk bersama-sama berdoa dengan harapan Tian, Tuhan YME memberikan kekuatan dan sekaligus membuka kesadaran

Hal ini, agar manusia mau berbenah diri, mengoreksi diri dan hidup rukun harmonis untuk bersama-sama mengatasi setiap masalah sehingga semua bencana ini dapat segera teratasi dan Indonesia kembali pulih sejahtera, jaya raya. (Amhar)

Continue Reading

Trending