Connect with us

Business

BKPM: Eksekusi Investasi sebesar USD 4,2 Miliar Selesa

Published

on

JanoerKoening, Jakarta – Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia bersama dengan Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Feri Wibisono menyaksikan penandatangan Nota Kesepahaman Penyelesaian Permasalahan antara PT Lotte Chemical Indonesia (LCI) dengan PT Krakatau Steel (KS) dan PT Krakatau Industrial Estate Cilegon (KIEC) di Kantor BKPM Jakarta (13/12/2019).

Adapun poin permasalahan yang tercantum dalam Nota Kesepakatan antara lain terkait tanah dan beberapa perizinan lainnya. Nota Kesepahaman ini ditanda tangani oleh Direktur Utama PT Krakatau Steel Silmy Karim, Presiden Direktur PT Krakatau Industrial Estate Cilegon Priyo Budianto dan Direktur Utama PT Lotte Chemical Indonesia Kim Yong Ho.

Kesepakatan ini merupakan hasil nyata dari kunjungan Presiden RI Joko Widodo bulan lalu ke Busan, Korea Selatan. Saat kunjungan, Presiden bertemu dengan pimpinan Lotte Group yang menyatakan komitmen menyelesaikan isu ini. Pembangunan industri petrokimia adalah salah satu fokus utama presiden karena dapat mengurai ketergantungan impor.

Menurut Bahlil, Nota ini menjadi landasan hukum penyelesaian masalah PT LCI dan PT KS yang dihadapi selama 3 (tiga) tahun, yang merupakan win-win solution bagi negara dan investor. Investasi ini juga memberikan manfaat sebagai substitusi impor yang diharapkan dapat membantu mengurangi defisit neraca perdagangan.

Dengan total nilai investasi sebesar USD 4,2 miliar, PT LCI akan mulai merealisasikan investasinya sebesar USD 850 juta atau sekitar lebih dari Rp 10 triliun pada Januari 2020 mendatang. Rencana produksi dimulai pada tahun 2023 dimana selama masa konstruksi membutuhkan 15.000 tenaga kerja dan masa produksi diperkirakan 1.500 tenaga kerja.

Silmy Karim, Direktur Utama PT Krakatau Steel mengatakan, bahwa apa yang dilakukan oleh Kepala BKPM ini luar biasa, bisa menyelesaikan dengan cepat dan juga sesuai dengan aturan, koridor perundang-undangan. Sehingga investasi tidak lagi menjadi satu hal yang menakutkan bagi para investor, ketika menghadapi suatu permasalahan di Indonesia. Semoga ini menjadi upaya yang terus menerus dilakukan oleh Pemerintah.

Selain BKPM, Kejaksaan Agung juga memiliki peran penting dalam memfasilitasi permasalahan investasi serta membantu dan menjaga kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh BKPM untuk membangun iklim investasi yang lebih baik.

Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Feri Wibisono mengungkapkan, kerjasama ini diperlukan agar dapat mendorong daya saing investasi Indonesia, termasuk menyelesaikan permasalahan yang sering ditemui oleh investor dan mitra lokalnya sehingga muncul hambatan dalam proses pelaksanaan investasinya.

“Mengawal dan mendampingi BKPM dalam meningkatkan iklim investasi dalam mencapai target sasaran investasi sebagaimana dicanangkan oleh Presiden dan kebijakan Pemerintah dapat diupayakan optimal, meningkatkan investasi ke Indonesia. Yang kita tahu dari investasi itu akan bergulir ke devisa, dan kemudian kepada kesejahteraan masyarakat,” ujar Feri Wibisono.

Selama menjabat Kepala BKPM dalam 2 (dua) bulan ini, Bahlil telah berhasil mengeksekusi realisasi investasi sebesar Rp 128 triliun dari total yang ditargetkan oleh Presiden Jokowi sebesar Rp 708 triliun investasi yang masih terkendala. (Amhar)

Continue Reading

Business

Lawan COVID-19: Kemendag Gandeng GO-JEK Permudah Distribusi Barang Kebutuhan Pokok

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Kementerian Perdagangan melakukan terobosan dalam menghadapi pandemi COVID-19 dan dalam menyambut datangnya Ramadan, serta Lebaran 2020, dengan menandatangani nota kesepahaman dengan GO-JEK.

Penandatanganan tersebut dilakukan untuk menjamin distribusi dan transportasi ketersediaan barang kebutuhan pokok dan barang penting bagi masyarakat, antara lain untuk komoditas daging sapi.

Penandatanganan dilaksanakan di kantor Kementerian Perdagangan oleh Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Suhanto dan Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah GO-JEK Shinto Nugroho yang disaksikan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, hari ini, Senin (20/4/2020).

Lebih lanjut Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menjelaskan, Penandatanganan yang selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan skema perjanjian kerja sama business to business (b to b) antara GO-JEK dengan beberapa Asosiasi.

“Asosiasi tersebut yakni: Asosiasi Pengusaha Importir Daging Indonesia (ASPIDI), Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO), dan Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) ini diharapkan dapat membantu mempercepat alur transportasi dan distribusi,” pungkasnya.

Dengan begitu, dapat membantu keterjangkauan masyarakat dan kita bisa efektif menjalankan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ini, tambahnya.

Pelaksanaan nota kesepahaman ini nantinya menjadi jembatan antara kebutuhan konsumen dan pasokan barang dari pelaku usaha. GO-JEK sebagai perusahaan transportasi daring, berperan menjadi pelaku jasa yang mengantarkan produk barang kebutuhan pokok dan penting tersebut.

Shinto Nugroho menjelaskan, GO-JEK berkomitmen untuk berada di garda depan memenuhi kebutuhan masyarakat agar bisa melewati masa sulit pandemi ini dengan aman.

“Kami juga berterima kasih kepada Bapak Menteri Perdagangan atas kepercayaan yang diberikan kepada GO-JEK. Kami mendukung program Kementerian Perdagangan dalam pemanfaatan aplikasi guna memenuhi kebutuhan pokok masyarakat selama pandemi ini,” ujarnya.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan juga meminta kepada seluruh bupati dan wali kota di seluruh Indonesia melalui surat edaran agar jalur distribusi kebutuhan bahan pokok dan barang penting termasuk obat, suplemen kesehatan, dan alat kesehatan, tidak terhambat aksesnya.

“Dalam skema kerja sama GO-JEK dan ASPIDI, harga penjualan daging sapi oleh anggota ASPIDI akan tetap mengedepankan keterjangkauan, serta mengacu pada ketetapan harga acuan pada Permendag No. 7 tahun 2020,” terang Mendag. (Amhar)

Continue Reading

Business

BNI Java Jazz Festival 2020 Hadirkan Artis Internasional :RINI

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – BNI Java Jazz Festival sudah semakin ditunggu-tunggu. Perhelatan akbar tahunan yang dipersembahkan oleh Java Festival Production ini akan dimulai 2 hari lagi yaitu tanggal 28 Feb 1 Maret 2020 dan akan diselenggarakan di JiExpo Kemayoran. Jakarta.

Nama-nama seperti Harvey Mason “Chameleon”, Phil Perry, T-SQUARE, artis yang digemari generasi muda dan sedang naik daun seperti Omar Apollo, Kiana Lede, RlNl, Bruno Major dan The Free Nationals hingga grup musik Iegendaris The Jacksons siap memeriahkan BNI Java Jazz Festival 2020.

Dewi Gontha, President Director, PT Java Festival Production mengungkapkan,
Kami sangat senang mengadakan festival ini untuk ke-16 kalinya dan kami hanya dapat melakukan ini karana dukungan dari sponsor dan mitra yang selalu percaya pada konsep festival kami sejak awal.

“Kami juga bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam meluncurkan kampanye +Jakarta yang akan memungkinkan industri untuk bekerja sama dengan pemerintah daerah,” ujarnya dalam Jumpa Pers di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Dewi juga katakan, bahwa pada tahun 2020 ini juga akan menandai tahun ke-11 dimana kami bekerja bersama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Greeners untuk mempromosikan kampanye Less Waste dan untuk mempromosikan Taman Nasioal di Indonesia.

“Acara ini harus menjadi acara yang dapat menghibur semua orang dari segala usia dan Iatar belakang,”harap Dewi Gontha.

Pada kesempatan yang sama, Corina Leyla Karnalies, Direktur Bisnis Konsumer BNI menyatakan, BNI mengadakan #BNIJJFStar untuk mewujudkan mimpi masyarakat yang ingin merasakan berada di panggung sama artis idolanya seperti Andhito Pramono, Cantika Abigai, Rizky Fabian serta artis Internasional yaitu RINI.

Selain itu, pada saat event, pengunjung juga dapat menukarkan BNI Poin+ dengan e-voucher senilai Rp 200.000 dan tentunya diskon hingga 20% untuk pembelian official merchandise BNI Java Jazz Festival 2020 bagi pemegang Kartu Debit dan Kartu Kredit BNI, “pungkas” Corina Leyla Karnalies.

Sementara itu, Ernest Febrianto, Head of Corporate Marketing Communications. PT Avrist Assurance mengungkapkan, sebagai official insurance partner, kami kembali memberikan perlindungan selama 3 hari kepada setiap pengunjung, artis dan kru BNI Java Jazz Festival dengan produk asuransi kecelakaan Avrist Assurance.

“Kami pun sigap menyediakan fasilitas kesehatan terpadu di titik-titik strategis sehingga mudah dijangkau, seperti tim medis, dokter jaga, dan tenaga kerja kesehatan ahli, guna melayani kebutuhan medis seluruh pihak selama acara berlangsung,” jelasnya.

Menurutnya, Kesehatan, keamanan, dan kenyamanan semua pihak merupakan prioritas semua pihak, terutama penyelenggara acara dan kami sebagai mitra asuransi.

Kami sarankan untuk bawa dan gunakan hand sanitizer, tissue basah beralkohol, masker, jas hujan, dan payung.

“Kemudian biasakan cuci tangan sebelum makan dan minum. Tingkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi vitamin C, beristirahat cukup, serta makan yang cukup,” himbau Ernest Febrianto. (Amhar)

Continue Reading

Business

Terinspirasi Perjalanan, Raffi Akan Rans Carnival Indonesia

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Untuk Pertama kalinya Raffi Ahmad, Nagita Slavina dan Rafathar melalui PT. Rans Karnaval Indonesia resmi mengumumkan sebuah acara yang akan membawa keceriaan bagi keluarga Indonesia.

Acara yang bertajuk Rans Carnival Ceriakan Indonesia ini terinspirasi dari perjalanan Raffi dan keluarga dalam Rans the world.

Raffi banyak sekali melihat wahana permainan ketika berkunjung ke berbagai negara, karena itu Raffi dan keluarga ingin membawa Rans Carnival sebagai sarana hiburan untuk berbagi keceriaan bersama masyarakat Indonesia.

“Rans Carnival merupakan sebuah acara Roadshow yang menggabungkan konsep hiburan keluarga, konser musik dan digital activity selama tiga hari di setiap kota-nya,” ungkap Raffi dalam konferensi persnya di Smesco, Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Selain menyajikan hiburan dari artis-artis ternama ibu kota, Akan ada puluhan permainan yang bisa di nikmati sepuasnya bagi seluruh pengunjung Rans Carnival, di antaranya : Giant extreme obstacle sepanjanga 30 m, Bull Riding, Ferrish Wheel, Carousel dan masih banyak permainan seru lainnya di Rans Carnival.

“Dekorasi dan instalasi yang instagramable juga akan menjadi arena favorit pengunjung untuk berswafoto,” ujar Raffi.

Dia juga menguraikan, bahwa Puluhan tenant makanan sudah siap memanjakan lidah para pengunjung yang datang ke Rans Carnival, ada-nya Digital Venue dengan beragam aktivitas kekinian akan menambah wawasan dan skill seputar teknologi, games, dan info-info terbaru dari para pelaku dunia digital.

Rans Carnival akan berbagi keceriaan di 14 kota di Indonesia diantaranya: Makassar, Manado, Samarinda, Banjarmasin, Sidoarjo, Banyuwangi, Semarang, Cirebon, Jambi, Padang, Medan, Palembang, Bandung, dan akan berakhir di Cikarang pada bulan Desember 2020.

Tepat pada tanggal 27, 28, 29 Maret , Makassar akan menjadi kota pertama untuk diselenggarakannya Rans Carnival.

Bagi keluarga Indonesia yang ingin merasakan keceriaan Rans Carnival 2020, tiket bisa didapatkan melalui Tiket.com dan gerai tiket yang akan kami sebar disetiap kotanya.

Jangan lewatkan juga promo tiket early bird dan presale Rans Carnival mulai dari Rp 88.000 – Rp 99.000. Persiapkan diri karena Rans Carnival akan membawa banyak kejutan di kotamu!.

Kerja sama dengan Kementrian Koperasi dan UKM

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyebut, bahwa keterlibatan UMKM tentunya menjadikan hal yang penting untuk diangkat dalam acara Rans Carnival.

“Acara yang akan diadakan di 4 pulau berbeda di Indonesia ini ingin mengangkat kearifan lokal serta budaya dari 14 kota melaui UMKM berupa permainan, festival kuliner hingga kerajinan khas setiap daerah,” pungkas Teten Masduki. (Amhar)

Continue Reading

Trending