Connect with us

Uncategorized

1.8 Juta Jiwa di Dunia Meninggal Karna Kanker Paru Sepanjang 2018

Published

on

Janoerkoening, Jakarta – Dalam rangka memperingati Bulan Peduli Kanker Paru Sedunia, Cancer Information & Support Center (CISC) mengadakan forum edukasi media dengan tema “Kanker Paru ALK-Positif: Kenali, Periksa Tangani Bersama.” Acara berlangsung di Hongkong Cafe Thamrin Jakarta, Kamis 28 November 2019.

Berdasarkan data Global Cancer Observatory (Globocan 2018), 1,8 juta jiwa di dunia meninggal akibat Kanker paru sepanjang 2018. Sementara di Indonesia, setiap tahunnya lebih dari 30.023 penduduk Indonesia didiagnosa Kanker Paru, sementara, 26.095 orang meninggal akibat kanker paru pada tahun 2018.

Secara umum, kanker paru dibagi menjadi 2 jenis besar yakni kanker paru bukan sel kecil atau non small cell lung cancer (NSCLC) dan kanker paru sel kecil atau small cell lung cancer (SCLC). Sejumlah Pasien NSCLC memiliki mutasi gen anaplastic lymphoma kinase (ALK) atau di kenal dengan cancer paru NSCLC ALK+ (ALK positif).

Aryanthi Baramuli Putri, SH, MH, Ketua Umum Cancer Information & Support Center mengatakan, Kanker paru merupakan penyebab kematian tertinggi akibat kanker, bahkan Iebih tinggi jika dibandingkan dengan jumlah kematian dari kanker prostat, payudara dan kolorektal bila digabungkan.

“Tingkat survival 5 tahunan kanker paru sangat rendah dan tergantung pada stadium ditemukannya kanker, dimana pada kanker paru stadium dini sebesar 50%, sementara stadium Ianjut hanya sekitar 2-19%,” ujarnya.

Hal ini menurut Aryanthi menandakan adanya tantangan dari segi ketersediaan informasi tentang kanker paru dan berbagai jenis mutasinya serta deteksi dan pengobatannya, termasuk untuk kanker paru jenis ALK positif, tambahnya.

Sementara itu, dr. Sita Laksmi Andarini, Ph.D, Sp.P (K) mengatakan, ALK adalah salah satu mutasi onkogenik yang terjadi pada pasien kanker paru bukan sel kecil atau NSCLC. Kanker paru ALK positif memiliki masa perburukan yang sangat cepat, yaitu hanya sekitar 7 bulan dengan pengobatan kemoterapi.

Lebih lanjut Laksmi menjelaskan, bahwa Kanker paru jenis ini bisa dibilang penyakit Iangka dimana terjadi pada sekitar 2-5% dari populasi kanker paru, yang sebagian besar ditemui pada pasien kanker paru stadium lanjut, bukan perokok, berusia sekitar 45-50 tahun atau Iebih muda dari populasi pasien kanker paru umumnya, serta mengalami penyebaran seI kanker atau metastasis ke otak.

“Namun, lanskap pengobatan kanker paru telah berkembang sangat pesat sehingga kemajuan teknologi memungkinkan penanganan kanker paru yang efektif, salah satunya dibuktikan dari hasil studi yang menunjukkan pengobatan pengobatan Anti ALK yang telah alectinib yang telah berhasilhas meningkatkan hasil terapi pasien, yakni dapat memberikan masa bebas perburukan hampir 3 tahun,” pungkasnya. (Amhar)

Continue Reading

Uncategorized

Terkini! Festival Cioko (Sembahyang Arwah) Lancar dan Sukses di Vihara Budha Cikung

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Terlihat antusias berbagai unsur masyarakat dari lintas sosial dan sektor hadir di Festival Cioko atau yang akrab disebut Sembahyang Arwah.

“Kita bersyukur bahwa Festival Cioko (Sembahyang Arwah) hari ini berjalan lancar dan menjadi kebahagiaan bersama bahwa berbagai unsur masyarakat ikut hadir. “Ujar Tommy ketua Vihara Budha Chikung kepada segenap awak media di Jakarta, Jum’at (12/8/2022)

Sebagaimana diketahui bahwa Festival Cioko (Sembahyang Arwah) adalah sebuah tradisi perayaan dalam kebudayaan Tionghoa. Perayaan ini jatuh pada tanggal 15 bulan 7 penanggalan Tionghoa. Di mana ada kepercayaan bahwa dalam kurun waktu satu bulan ini, pintu alam baka terbuka dan para arwah beruka ria berpesiar ke alam manusia

“Hikmah dari perayaan ini adalah perjamuan kepada arwah-arwah leluhur dan kepedulian kepada fakir miskin. Ini adalah wujud dari makna terdalam Festival Cioko yang intinya membawa berkat bagi semua. “Lanjut Tommy

“Terima kasih kepada semua unsur yang telah membantu kegiatan ini sehingga bisa terlaksana dengan lancar dan sukses, kami tidak bisa menyebutkan secara rinci (satu persatu). “Tandas Tommy

“Setelah perayaan selesai, barang-barang persembahan akan diberikan kepada khalayak (masyarakat) sebagai simbol penghormatan terhadap arwah-arwah leluhur. “Tegas Tommy

Lipsus: Jalal

Continue Reading

Uncategorized

Metconnex 2022 Digelar Selama 2 Hari

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Acara metalurgi Metconnex kembali digelar. Diadakan oleh Ikatan Alumni Teknik Metalurgi ITB Bandung (IA-MET ITB), acara tersebut diselenggarakan selama 2 hari berturut-turut mulai dari tanggal 10-11 Agustus 2022.

Mengangkat tema “Sustainability in Mineral dan Metal Processing” melalui acara Metconnex 2022 diharapkan bisa menjadi wadah strategis untuk pertemuan dan pertukaran Ide dari berbagai pemangku kepentingan untuk melangkah bersama dalam aksi nyata pengembangan industri tambang yang berkelanjutan di Indonesia.

“Dalam beberapa dekade belakangan ini sektor petambangan dan ekstrasi mineral telah menjadi sektor kunci yang memiliki kontribusi besar pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dengan hadirnya para ahli, panel diskusi, dan pameran hari ini diharapkan akan banyak khasanah baru mengenai dunia pertambangan berkelanjutan yang bisa membukakan jalan bagi Indonesia untuk menuju industri tambang yang ramah baik bagi bisnis maupun kelestarian lingkungan,” ucap Ketua Umum IA-MET ITB Bouman Situmorang di acara pembukaan Metconnex 2022 di Jakarta Selatan, Rabu (10/8).

Digelar ditengah banyaknya gerakan untuk mengadopsi industri yang sustainable, perlu diketahui bahwa para peserta Metconnex 2022 yang hadir berasal dari berbagai elemen seperti para petinggi perusahaan, pelaku industri, akademisi hingga calon investor yang berkecimpung di industri tambang dan proses metal yang berasal dari dalam maupun luar negeri. (Danur)

Continue Reading

Uncategorized

Tommy Sampaikan Selamat Atas Partisipasi Vihara Ngo Ong Thua dan Vihara Pho Thian Thua

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Acara sedekah bumi yang diselenggarakan di Vihara Budha Chikung Pejagalan Penjaringan Jakarta Utara hari berjalan lancar. Hadir juga wali kota Jakarta Ali Maulana Hakim didampingi Camat Penjaringan dan Lurah Pejagalan

“Doa dan harapan dengan dilaksanakan sembahyang sedekah bumi tahun ini semoga kita semuanya diberikan kesehatan yang prima dan kejayaan Indonesia pada umumnya,” harapan Tommy selaku tokoh masyarakat dan ketua vihara Budha Chikung kepada segenap wartawan di Jakarta, Rabu (10/8/2022)

“Sedekah bumi yang kita laksanakan di Vihara Budha Chikung Pejagalan ini berlangsung sukses, aman serta lancar ini berkat dukungan berbagai pihak. Terima kasih kepada Bapak Wali Kota, Camat dan Lurah termasuk pengurus RW, RT dan berbagai pihak yang tidak bisa disebutkan satu persatu. “Tutur Tommy

Wali Kota Jakarta Utara sangat mengapresiasi acara sedekah bumi hari ini . “Ini kegiatan yang membanggakan dan perlu untuk dilanjutkan karena sarat muatan sosial dan budaya yang harus dilestarikan. “Jelas Wali Kota Jakarta Utara

“Semoga ke depannya kita bisa bersinergi lebih dahsyat dengan momentum hari ini. Kita juga ikut bangga karena berbagai unsur ikut memeriahkan acara ini. “Lanjut Tommy

Untuk diketahui bahwa dalam sedekah bumi di Vihara Budha Cikung diberikan secara simbolis 5 Ton Sembako kepada masyarakat melalui Wali Kota, Camat, Lurah dan tokoh lainnya

“Bukti kebersamaan, kepedulian antarsesama terwujud dan terlaksana sukses hari ini dalam acara yang sama-sama kita banggakan, terima kasih juga atas partisipasi Vihara Ngo Ong Thua dan Vihara Pho Thian Thua yang telah banyak membantu di kegiatan sembahyang sedekah bumi, begitu juga pihak lainnya yang tidak disebutkan secara rinci. “Tegas Tommy

Lipsus: Jalal

Continue Reading

Trending