Connect with us

Uncategorized

BNNP DKI: Peran GMDM Signifikan Tekan Penyalahgunaan Narkoba

Published

on


Jakarta- Jerat bahaya penyalahgunaan narkoba masih menjadi ancaman serius bagi generasi muda Indonesia. Sebagai Negara yang terletak di posisi yang sangat strategis, Indonesia masih menjadi target utama proxy war dari pihak asing.

Penerapan hukuman yang tidak ringan untuk para pelaku penyalahgunaan narkoba juga telah dilakukan oleh Negara guna menciptakan efek jera. Namun, nyatanya angka penggunaan “barang haram” tersebut masih tergolong memperihatinkan.

Sebagai salah satu Institusi Pengguna Wajib Lapor keberadaan Garda Mencegah Dan Mengobati (GMDM) memiliki peranan penting dalam menekan penyalahgunaan narkoba di Tanah Air. Kiprah GMDM dalam memerangi jenis kejahatan luar biasa itu dengan menggunakan metode pencegahan melalui penyuluhan, khususnya di tengah-tengah kaum muda, turut diapresiasi Kepala Bidang Pemberantasan Narkoba BNNP DKI AKBP Maria Sorlury SH., MH. Hal itu disampaikan Maria usai membawakan materi “Tantangan dan Ancaman Dalam Era Perang Modern” pada acara “Seminar Bahaya Penyalahgunaan Narkoba dan Deklarasi Indonesia Bersih Dari Narkoba (BERSINAR)”, yang diselenggarakan oleh GMDM bekerjasama dengan Persekutuan Anak Hamba Tuhan (PAHAT), di Glow Fellowship, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu pagi (24/11/2018).

“Oh bagus, tanggapannya positif, sangat efektif. Karena memang yang diharapkan anak-anak generasi muda seperti ini bisa mendengarkan penyuluhan narkoba,” udi

Selaku Lembaga Swadaya Masyarakat, kata wanita yang akrab disapa Merry itu, metode yang digunakan GMDM ikut menjadi “ujung tombak” dalam memberikan informasi mengenai penyuluhan tentang bahaya, pencegahan, hingga penanganan pecandu narkoba.

“Ini istilahnya pencegahan lebih dulu. Jadi mencegah lebih baik daripada mengobati. Nah ini salah satu cara untuk mereka dicegah dari yang namanya gangguan dari luar. Karena kalau mereka sudah memiliki komitmen yang kuat setelah mengerti apa bahayanya, apa manfaatnya kalau memakai barang itu (narkoba), mereka akan menolak (memakai narkoba). Kan tidak ada manfaatnya itu. Merusak? Jelas iya!” papar Merry.

Merry ikut mengutarakan keprihatinannya ketika harus berbicara soal besarnya angka pelanggaran hukum pada kasus penyalahgunaan obat-obatan terlarang yang melibatkan generasi muda. Untuk itu ibu dari tiga orang anak itu meminta agar GMDM sebagai mitra POLRI dan BNN tak kenal lelah untuk bekerjasama dalam penanggulangan bahaya narkoba di Indonesia.

“Pesan saya terhadap GMDM, kegiatan seperti ini harus terus ditingkatkan. Karena lewat GMDM sebagai salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat yang cukup dikenal oleh masyarakat luas, mudah-mudahan dapat mendukung agar generasi muda kita terbebas dari penyalahgunaan narkoba,” katanya.

Sebelumnya, ibu dari tiga orang anak itu mengungkapkan penyesalannya ketika harus terjun ke lapangan dan menemui banyak orang Kristen terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

“Dari lima orang yang saya tangkap, dua orang di antaranya pasti ada yang Kristen. Mulai dari nama Yohanes, Petrus hingga Alexander,” ungkapnya.

Fakta itu ikut diperparah denga modus pelaku kejahatan narkoba yang tidak segan melibatkan anak kecil sebagai kurir.

“Jangan mau ketika ada yang meminta kalian mengantarkan paket yang tidak jelas isinya. Sekarang sudah banyak yang berpura-pura meminta membawakan air mineral, padahal isinya adalah carian sabu (sabu-sabu),” ajak Maria kepada peserta seminar untuk selalu meningkatkan kewaspadaan mereka.

Sementara itu ketua panitia seminar Steven Tambayong saat ditemui menuturkan sudah saatnya gereja sebagai elemen bangsa harus lebih dirangkul untuk kemudian terlibat secara aktif melawan bahaya penyalahgunaan narkoba.

“Acara ini menurut saya bertujuan menjadikan kita sebagai pionir untuk di lingkungan gereja, dan momen untuk mengobarkan semangat. Semangat kalau gereja dan tentunya tokoh-tokoh agama, anak-anak pendeta, anak-anak gembala ini untuk berperan aktif. Terjun langsung, karena semua elemen masyarakat bertanggungjawab terhadap permasalahan bangsa, tentang 7 juta jiwa pengguna narkoba, tentang 1 juta pengguna narkoba yang ada di Jakarta,” kata Steven.

Seminar Bahaya Penyalahgunaan Narkoba kali ini merupakan salah satu dari program rutin Badan Koordinasi Nasional GMDM selaku Intitusi Penerima Wajib Lapor. Kegiatan ini juga merupakan bentuk dukungan masyarakat kepada pemerintah untuk memerangi bahaya narkoba, khususnya POLRI dan pihak BNN. Peserta yang hadir pada seminar ini didominasi dari anak, remaja dan pemuda dari tingkat Sekolah Dasar hingga Menengah Atas.

Tak hanya itu, GMDM turut berharap melalui acara ini masyarakat dapat lebih memahami dan mewaspadai bahaya penyalahgunaan narkoba yang selalu mengintai keluarga mereka. Di penutup, GMDM bersama masyarakat akan ikut mendeklarasikan gerakan Indonesia BERSINAR, yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum Bakornas GMDM Jeffry Tambayong. (Ary/ocr)

Continue Reading
4 Comments

4 Comments

  1. Pingback: how to find out if someone has a tinder profile

  2. Pingback: top free dating sites philippines

  3. Pingback: best free dating games

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Uncategorized

Jaga Persatuan, Anies: Forum RT-RW Jakarta Harus Solid dan Tidak Terpecah

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, memberikan sambutan pada musyawarah besar (mubes) pertama dan ultah kelima Forum RT-RW Jakarta di Putri Duyung Ancol, Jakarta Utara, pada Minggu, 13 Juni 2021.

Dalam kesempatan tersebut Anies Baswedan menyapa dengan hangat para pengurus dan para pendiri Forum RT-RW Jakarta. Gelaran acara silaturahmi ini disertai dengan tumpengan

Terdapat tiga arahan yang diberikan oleh pak Anies pada peserta kegiatan ini. Pertama, Forum RT-RW perlu bekerja bersama dalam lawan pandemi. Target jangka pendek adalah vaksinasi kepada 7,5 juta warga Jakarta.

Poin kedua adalah menjaga soliditas, persatuan dan keutuhan forum ketua RT-RW. Gub Anies mengatakan bahwa RT-RW di DKI Jakarta harus solid, kompak dan tidak terpecah. Dalam forum RT RW Persatuan dan Keutuhan adalah harga mati yang harus dipertahankan.

Harapan nya agar dalam Mubes Pertama ini, dapat menyerap aspirasi yang berkembang di dalam acara Mubes maupun yang datang dari aspirasi anggota dan para pendiri Forum RT-RW. Kearifan dan kematangan semua panitia dan pengurus diperlukan dalam menjaga pesen Gub Anies diatas.

Poin terakhir adalah Forum RT-RW harus berkolaborasi dalam membangun kota Jakarta. Jakarta perlu tidak hanya satu, tapi ratusan superhero. (Amhar)

Continue Reading

Uncategorized

AHY Ungkapkan Duka Cita Atas Meninggalnya Istri Yasonna

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya Istri dari Bapak Menteri Hukum dan Ham (Menkumham) Yasonna Laoly, Elisye W Ketaren.

Rasa duka cita tersebut disampaikan Ketum Partai Demokrat, AHY secara langsung kepada Yasonna Laoly ketika melayat ke Rumah Duka Santoso RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Jumat (11/06/2021).

“Saya menyampaikan duka cita yang mendalam secara langsung kepada Menkumham Bapak Yasonna Laoly di Rumah Duka RSPAD Gatot Subroto atas kepergian Ibu Elisye Widya Ketaren,” ujar Ketum Partai Demokrat AHY.

Tidak lupa pada kesempatan itu juga Ketum AHY mendoakan mendiang Ibu Elisye Widya Ketaren dan Menkumham beserta keluarga yang ditinggalkan.

“Semoga Ibu Elisye Widya Ketaren diberikan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa, dan Pak Yasonna Laoly beserta keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan ketabahan,” doa Ketum AHY.

Turut mendampingi Ketum AHY ketika melayat adalah Sekjen DPP Partai Demokrat, Teuku Rifky, Bendum Renville Antonio, Kepala BPOKK Herman Khaeron, dan Direktur Eksekutif DPP Partai Demokrat Sigit Raditya. (Amhar)

Continue Reading

Uncategorized

Rakernas II, Deprindo: Developer Sukses, Jujur Bermartabat.

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Rapat Kerja Nasional II Developer Properti Indonesia (Deprindo) berlangsung di Hotel Oria Jakarta. Rakernas bertema ‘Pemantapan Organisasi dalam rangka mendukung Anggota menjadi developer yang tangguh’ digelar hari jum’at – Sabtu (11-12 Juni 2021).

Ketua Umum DEPRINDO, Suhandi HS mengatakan bahwa Deprindo merupakan asosiasi pengembang perumahan yang diakui oleh Pemerintah melalui Kementrian PUPR.

Dijelaskan Suhandi, Deprindo merupakan Asosiasi Pengembang Perumahan yang lebih melayani segala kebutuhan anggotanya. Disini Kami bangun Sinergy antar anggota dan ada juga Deprindo Academy.

“Ini merupakan bagian dari layanan Deprindo untuk mempermudah anggotanya mengelola proyek serta mengantarkannya menjadi Pengembang Perumahan yang Sukses, Jujur dan Bermartabat,” ujarnya.

Adanya Deprindo ini, kami telah dan akan terus melahirkan enterpreneur-entrepreneur yang tangguh dan berdaya saing di bidang properti. “Serta membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan usaha antar anggota,” pungkas Suhandi HS.

Daniel haposan marbun, Ketua panitia pelaksana acara rakernas developer properti indonesia mengungkapkan, Rakernas II DEPRINDO hari ini di hadiri lebih dari 87 peserta yakni 15 DPW dan 11 DPD dan sisanya pengurus dan anggota dari Seluruh Indonesia.

Ditanya terkait kontribusi pada Pemerintah dan masyarakat, Daniel latakan”Kita pastikan bahwa DEPRINDO bisa berkontribusi baik, khususnya dalam ranah industri properti di tanah air, yakni menyediakan perumahan-perumahan baik yang bersudsidi maupun yang kelas elit,” ujarnya.

Sementara itu, Ario Krestianto perwakilan DPW Jawa Barat kepada media mengatakan, Deprindo Walayah Jawa Barat kami harapkan mempunyai partisipasi khususnya membangun perumahan bersubsidi, dan tentu termasuk perumahan kelas menengah.

Oleh karna itu untuk pengembangan, Deprindo sebagai asosiasi atau kumpulan dari developer maupun calon developer di Jawa Barat harus bersinergi dengan pemerintah daerah khususnya dalam penyediaan lahan

“Mengingat, segmen harga subsidi itu kan tergantung harga tanah. Sedangkan harga subsidi itu sudah ditentukan pemerintah dengan harga maksimal 250 juta per unit rumah,” jelasnya. (Amhar)

Continue Reading

Trending