Connect with us

POLITIK

Hoaxs dapat Membunuh Karakter Seseorang

Published

on

Hoaxs dapat Membunuh Karakter Seseorang

JanoerKoening, Jakarta – Belakangan ini, ruang publik kita kerapkali dihiasi dengan pelbagai pemberitaan yang penuh dengan hoaxs dan mengandung ujaran kebencian. Narasi yang dibangun diruang publik tidak sehat dan cenderung menghalalkan segala cara, salah satunya adalah menyebar kebohongan kepada publik (menyebar informasi hoaxs) tanpa melihat implikasi baik secara politik maupun sosial

Memasuki tahun politik, hoaxs seperti “raksasa liar” yang susah dijinakkan dan semakin tak terkendali, hal ini menunjukkan bahwa hoaxs dapat dijadikan sebagai “senjata ampuh-pamungkas” untuk membunuh karakter seseorang. Seperti kasus Indonesialeaks dan Ratna Sarumpaet, kedua kasus tersebut jelas hoaxs dan penuh dengan muatan politis.

Diakui tidak kasus tersebut sempat menyedot perhatian publik dan menyebabkan terjadinya polarisasi masyarakat kedalam dua kelompok, karena kedua kasus tersebut di atas kerap dikaitkan dengan hajatan demokrasi lima tahunan, yaitu Pilpres dan Pileg 2019.

Berita hoaks yang diterima menunjukkan bahwa berita tidak benar alias palsu menjadi salah satu alat yang digunakan dalam Pilpres 2019, kata Ali Akbar Soleman dalam diskusi publik bertajuk “Optimalisasi Peran Media dalam Memerangi Hoaxs Menjelang Pemilu” di Hotel Alia Cikini, Jakarta, Selasa (30/10/2018).

Ali Akbar Soleman, Pemred Harian Terbit dalam kesempatan tersebut juga mengatakan, bahwa berita hoaks untuk menjatuhkan lawan politik memang potensial mudah menyebar melalui kanal-kanal media sosial, yang dapat menciptakan polarisasi yang dapat mengancam keutuhan N KRI.

Itulah sebabnya, peran media dalam memerangi hoaks menjelang pilpres 2019, harus terus dilakukan. Hal ini dikarenakan rendahnya literasi digital masyarakat Indonesia dan media-media yang cenderung partisan, tambahnya.

“Masyarakat Indonesia juga masih mudah percaya dengan berita yang mereka lihat, tanpa memeriksa kebenarannya terlebih dahulu. Selain di saat-saat menjelang pemilu, belita palsu juga sempat mengancam selama gempa bumi dan tsunami baru-baru ini di Palu, Sulawesi Tengah, yang bemotensi memicu kepanikan,” pungkas Akbar. (Amhar)

Continue Reading
2.545 Comments

2.545 Comments

  1. Pingback: keto gummies

  2. Pingback: gay afrikaans dating

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

POLITIK

Rapimnas PKS Momen Upaya Strategi Pemenangan Pileg dan Pilpres 2024

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib Aboe Bakar Al Habsyi menyampaikan laporan kegiatan Rapimnas PKS yang digelar pada 20-21 Juni 2022 di Hotel Grand Sahid, Jakarta.

Dalam sambutannya, Habib Aboe mengungkapkan Rapimnas PKS sebagai momen menyatukan gerak langkah untuk pemenangan pemilu 2024 mendatang.

“Rapimnas ini adalah bagian dari upaya penyatuan langkah dan strategi Pemenangan Pileg dan Pilpres 2024. Kita harus memanfaatkan sisa waktu 601 hari ini dengan baik, karenanya perlu ada kesatuan langkah dalam pemenangan,” ungkap Aboe dalam sambutannya, Senin (20/6/2022).

Habib Aboe menuturkan, saat ini Partai politik mulai berusaha menarik simpati masyarakat agar lolos ambang batas parlemen.

“Menuju Pemilu 2024, seluruh parpol berlomba untuk menarik hati dan simpati pemilih agar lolos parlementary threshold guna mendapatkan kursi di Senayan. Selain itu, partai partai juga berlomba mengusung calon presiden potensial yang diharapkan mampu memberikan efek ekor jas (coattail effect) bagi parpol pengusung capres,” ucap Aboe.

“Oleh karenanya, hari ini kita melakukan Rapimnas dalam rangka mempersiapkan mesin partai, melakukan evaluasi dan perbaikan yang lebih baik lagi menghadapi event politik nasional yang semakin dinamis,” lanjutnya.

Lebih jauh, Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan DPR RI itu menjelaskan Rapimnas juga sebagai bahan evaluasi agenda yang telah dilaksanakan untuk rekomendasi perbaikan agenda menghadapi pemilu mendatang.

“Melalui Rapimnas ini diharapkan akan ada evaluasi atas berbagai program yang telah kita laksanakan, untuk kemudian disusun rekomendasi perbaikan agenda bersama pemenangan Pileg dan Pilpres 2024,” pungkas Aboe.

Rapimnas PKS yang berlangsung pada 20-21 Juni 2022 dihadiri unsur jajaran pengurus DPP PKS dan Ketua DPW PKS seluruh provinsi se-Indonesia. (Amhar)

Continue Reading

POLITIK

Presiden Partai UKM Bangga Ikut Hadir dan Suksesnya Peluncuran Perdana Pemilu 2024

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta – KPU memulai acara seremoni peluncuran Pemilu Serentak 2024 di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (14/6/2022) malam.

Sejumlah pejabat terpantau hadir termasuk Presiden Partai UKM H Bustan Pinrang

Pantauan wartawan pukul 19.05 WIB, mereka yang hadir Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito karnavian.

Selanjutnya Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Muhammad, dan Ketua Bawaslu Rahmat Bagja.

Kemudian terlihat juga Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia, disusul Ketua DPR RI Puan Maharani.

Peluncuran tahapan Pemilu Serentak 2024 ini dibuka KPU dengan turut mengundang seluruh partai politik dan pejabat terkait.

“Seremoni ini juga menandakan resmi dimulainya tahapan Pemilu Serentak 2024. “Terang Bustan

Sebelumnya Ketua KPU RI Hasyim Asyari mengatakan bila Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menghadiri acara Peluncuran Tahapan Pemilu 2024 di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (14/6/2022) malam.

“Sukses peluncuran perdana tahapan Pemilu 2024, keluarga besar Partai UKM bangga ikut dengan sistim demokrasi yang sangat maju di Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta”Pungkas Bustan

Lipsus: Jalal

Continue Reading

POLITIK

Partai Ummat Temui KPU Jelaskan E-Voting Berbasis Blockchain

Published

on

By

JanoerKoening, Jakarta, Partai Ummat – Rombongan Partai Ummat menemui komisioner KPK Senin (13/6/2022) untuk menjelaskan cara kerja e-voting berbasis blockchain dalam upaya untuk mengatasi berbagai macam permasalahan penyelenggaraan pemilu di tanah air.

Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi memberikan presentasi yang dihadiri oleh komisioner KPU Idham Holik dan Betty Epsilon Idroos serta sejumlah staf KPU mengenai keuntungan menggunakan e-voting berbasis blockchain.

“Teknologi baru ini tidak hanya bisa menghemat keuangan negara sampai 90 triliun rupiah, tetapi juga mampu mengurangi kecurangan dan pelanggaran serta menghindari jatuhnya korban petugas pemilu seperti terjadi pada pemilu sebelumnya,” Ridho menjelaskan.

Berbeda dengan teknologi e-voting lama yang menggunakan satu kotak penyimpanan suara, kata Ridho, maka teknologi blockchain menggunakan banyak kotak penyimpanan suara sehingga membuatnya jadi sangat aman.

“Kalau teknologi lama itu memberlakukan sentralisasi penyimpanan data sehingga kalau di-hack maka data bisa diubah atau hilang. Tetapi dengan blockchain yang memberlakukan desentralisasi data, data disebar di banyak kotak sehingga tidak mungkin diubah-ubah oleh hacker,” Ridho menjelaskan.

Setelah presentasi sekitar 30 menit, komisioner Idham Holik memberikan tanggapan dan mengatakan bahwa secara pribadi dia sangat tertarik dengan teknologi blockschain namun untuk menerapkannya di tanah air perlu perangkat Undang-Undang.

Idham mengatakan Undang-Undang Pemilu menyebutkan bahwa cara pemilu yang telah ditetapkan adalah dengan cara mencoblos.

Menanggapi penjelasan Idham, Wakil Ketua Umum Partai Ummat Buni Yani yang hadir dalam pertemuan tersebut meminta agar KPU mempelajari secara seksama teknologi e-voting berbasis blockchain yang membawa banyak keuntungan dan mengajak semua komponen bangsa agar sama-sama menggunakan teknologi ini.

“Demi bangsa dan negara, mari kita gunakan blockchain. Meskipun KPU hanya menjadi pelaksana pemilu, namun alangkah baiknya KPU juga proaktif berkomunikasi dengan berbagai pihak dan meyakinkan mereka agar teknologi ini bisa digunakan segera,“ kata Buni Yani.

Buni Yani melanjutkan kebijakan mengenai diterapkannya blockchain ini adalah persoalan political will yang terpulang kembali ke pemerintah dan DPR. Bila pemerintah dan DPR sepakat, mereka bisa mengamandemen Undang-Undang Pemilu.

Partai Ummat siap mendampingi KPU untuk menjelaskan ke berbagai pihak mengenai teknologi blockchain ini. “Untuk bangsa dan negara, insya Allah kita akan memberikan yang terbaik. Partai Ummat akan selalu hadir untuk kemaslahatan banyak orang,“ pungkas Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi. (Amhar)

Continue Reading

Trending